Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bacaan Doa Sesudah Sholat Utaqo

Kompas.com - 19/03/2023, 18:00 WIB
Doa Sesudah Sholat Utaqo Sumber Gambar: Freepik.com Doa Sesudah Sholat Utaqo
Rujukan artikel ini:
Risalah Shalat Sunnah
Pengarang: Syamsul Rijal Hamid
|
Editor Ratih Widiastuty

Selama memasuki bulan Syawal terdapat salah satu amalan ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan, yakni sholat Utaqo.

Bagi umat muslim, pada bulan Syawal ada banyak sekali amalan ibadah sunnah yang dapat dikerjaan agar mendapatkan banyak pahala dan keberkahan.

Tentunya ibadah pada bulan Syawal yang paling sering dikerjakan adalah puasa Syawal yang dikerjakan mulai tanggal dua Syawal sampai enam hari kedepan.

Jika seseorang mengerjakan puasa Syawal maka akan mendapat ganjaran pahala setara dengan satu tahun puasa.

Tapi tahukah kamu ternyata ada juga ibadah yang dapat dikerjakan selama bulan Syawal yang jika dikerjakan akan mendapatkan amal kebaikan yang banyak.

Sayangnya, belum banyak yang mengetahui mengenai ibadah ini kecuali oleh mereka yang mengerti, yakni sholat Utaqo.

Sholat Utaqo sendiri merupakan sholat sunnah yang dapat diamalkan pada tanggal berapa saja selama bulan Syawal karena tidak adanya ketentuan perihal tanggal pelaksanaannya.

Dinamakan sholat Utaqo karena memiliki arti pembebasan.

Diharapkan seseorang yang mengerjakan sholat Utaqo, Allah SWT akan membebaskan orang yang mengamalkannya dari himpitan hutang dan akan terpenuhi hajat atau keinginannya.

Selain dapat membebaskan diri perkara utang, keutamaan lain jika melakukan sholat Utaqo ialah Allah akan senantiasa mengalirkan kebaikan dalam hati, menghapus dosa-dosa, dan diberikan petunjuk penyakit dunia beserta obatnya.

Berbagai keutamaan saat melakukan sholat Utaqo diterangkan oleh Syekh Abdul Qadir al-Jailani berdasarkan pada hadits dalam kitabnya Al-Ghunyah juz dua.

Bagi kamu yang berniat untuk mengerjakan sholat Utaqo sangat mudah untuk dilakukan karena tata caranya juga serupa dengan sholat sunnah lainnya.

Sholat ini dapat dilakukan atau dikerjakan pada siang atau malam hari, jadi tidak perlu khawatir lagi jika kamu tidak memiliki waktu luang.

Bagi kamu yang ingin mengerjakan amalan sholat utaqo berikut tata cara ibadahnya:

  • Berjumlah delapan rakaat dengan empat kali salam atau dua kali salam
  • Boleh dilakukan sendiri maupun berjamaah
  • Sebelum sholat membaca niat usholli sunnatal utaqoo-i rok'ataini (ma'muuman/ imaaman) lillahi ta'ala.
  • Pada setiap rakaannya setelah membaca surat Al-Fatihah, kemudian dilanjutkan membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 15 kali

Apabila sudah selesai melaksanakan sholat, sebaiknya dilanjutkan dengan membaca beberapa doa sesudah sholat Utaqo karena merupakan amalan yang dianjurkan.

Latas apa saja bacaan doa sesudah sholat Utaqo yang dianjurkan untuk dilakukan, berikut penjelasannya.

Doa Sesudah Sholat Utaqo

1. Bacaan Tasbih

Tasbih dapat diartikan menyucikan diri atas nama Allah SWT dari segala keburukan, perbuatan, atau pun sifat yang tidak selaras dengan keagungan, kemuliaan, dan kekuasaan-Nya atas segala sesuatu.

Tasbih juga dapat diartikan sebagai bacaan doa dan sholawat untuk memberikan sanjungan serta pujian kepada Allah SWT.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Oleh karena itu, disunnahkan mengucapkan tasbih sebagai doa sesudah sholat Utaqo yang dibaca sebanyak 70 kali sebagai berikut.

Subhanallah

Artinya: Maha Suci Allah

Subhanallah walhamdulillah walailaha illallah wallahu akbar

Artinya: Maha suci Allah, segala puji bagi Allah tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar

Lâ ilâha illa anta Subhanaka Innî kuntu Minazhzhâlimîn

Artinya: Tiada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau sesungguhnya aku termasuk orang yang menzalimi diri sendiri

2. Bacaan Sholawat

Terdapat suatu hadis menyebutkan bahwa jika kamu mengamalkan bacaan sholawat selesai sholat maka niscaya Allah SWT akan melipatgandakan rezekimu.

Hadist tersebut diriwayatkan oleh HR. Muslim yang artinya “Rasulullah SAW berkata, siapa saja yang berdoa untuk berkah Allah SWT atasku, maka Allah SWT akan memberi berkah padanya 10 kali.

Maka dianjurkan pula menjadikan sholawat sebagai doa sesudah sholat Utaqo karena tentu akan mendatangkan banyak kebaikan bagi siapa saja yang melakukannya.

Salah satu sholawat yang bisa dilakukan sebagai doa sesudah sholat Utaqo ialah sholawat Ibrahimiyah sebanyak 70 kali.

"Allahumma sholli 'ala muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sol laita ‘alaa aali ibroohim, wa barik ‘ala muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kama barakta ‘ala aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid."

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung.”

Itulah doa sesudah sholat Utaqo yang sebaiknya diamalkan dengan membaca tasbih sebanyak 70 kali dan sholawat sebanyak 70 kali.

Bacaan tasbih dan sholawat sendiri tidak ditentukan jenisnya, silahkan saja membaca shalawat dan tasbih yang sudah hafal.

Buku Risalah Shalat Sunnah yang ditulis Syamsul Rijal Hamid dapat kamu jadikan sebagai referensi mengetahui banyak hal mengenai keutamaan mengerjakan sholat sunnah.

Buku ini tentunya juga banyak memberikan pengetahuan apa saja jenis-jenis sholat sunnah yang dapat dikerjakan seorang muslim yang ingin menambah amal kebaikan.

Jika ingin membacanya, buku ini bisa langsung kamu pesan di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com