Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ciri-ciri Madu Murni yang Perlu Kamu Ketahui Agar Tidak Salah Konsumsi

Kompas.com - 09/01/2023, 15:30 WIB
Ciri-ciri Madu Murni Photo by stux on Pixabay Ciri-ciri Madu Murni
Rujukan artikel ini:
PANDUAN ANALISIS KEMURNIAN MADU
Pengarang: F. G. Winarno
|
Editor Rahmad

Penting bagi kita untuk bisa membedakan antara madu asli dan palsu. Karena madu mengandung banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan. Seperti manfaat madu yang berkhasiat untuk meningkatkan energi, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan sebagainya.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, penting untuk memastikan bahwa madu yang kita konsumsi adalah madu murni yang benar-benar asli. Karena madu palsu biasanya sudah terkontaminasi dan tidak memiliki manfaat kesehatan.

Hal yang paling mudah dilakukan sebelum membeli madu adalah dengan membaca daftar kandungan di bagian belakang kemasan. NDTV melaporkan bahwa madu "mentah", "organik", "madu hutan" dan "alami" umumnya aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

Ciri-Ciri Madu Murni

Berikut ini ciri-ciri madu murni yang bisa kamu kenali termasuk dengan cara memeriksa keasliannya:

1. Madu Asli Tidak Larut dalam Air

Salah satu karakteristik madu asli dan sintetis yang paling mudah dikenali adalah betapa mudahnya larut dalam air. Ini menunjukkan ciri-ciri madu murni itu memiliki tekstur yang kental dan lebih padat.

Jadi, jika menuangkannya ke dalam segelas air, akan tetap menjadi gumpalan kental yang tidak mudah larut. Sementara itu, madu palsu akan mudah larut dan mengubah warna air.

2. Mudah Terbakar

Madu asli mengandung zat yang mudah terbakar. Jadi, saat kamu menyalakan korek api, cairannya mudah menyala dan terbakar. Tidak seperti madu palsu yang terkontaminasi, maka akan sulit terbakar.

3. Mudah Diserap ke Dalam Kulit

Antara madu asli dan palsu, keduanya bisa memiliki tekstur yang kental. Namun, madu asli dan madu palsu memiliki khasiat berbeda yang mudah dikenali dengan cara mengoleskannya pada kulit.

Jika tekstur madunya sangat lengket, maka itu adalah madu palsu yang mengandung pemanis buatan karena meninggalkan sisa butiran di kulit. Karena ciri-ciri madu asli mudah diserap oleh kulit dan tidak meninggalkan bekas di permukaan lainnya.

4. Tidak Meninggalkan Bekas dan Noda Di Permukaan

Ciri lain dari madu asli dan madu palsu adalah tidak meninggalkan residu saat kamu menuangkannya ke permukaan seperti kain atau kertas putih. Berbeda dengan madu yang bahkan bisa menembus kain dan meninggalkan noda.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Tidak Mudah Berbusa Saat Dipanaskan

Salah satu trik yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah madu itu asli atau palsu adalah dengan memanaskannya di atas api dengan sendok. Jika madu cepat menjadi karamel dan berbusa, itu adalah madu buatan.

Hal ini karena madu asli tidak mudah berubah menjadi karamel, apalagi berbusa. Oleh karena itu, untuk menghindari madu merk palsu atau campuran yang dapat membahayakan kesehatanmu dan keluarga, pilihlah madu yang kualitas dan keasliannya terjamin.

6. Madu Asli Itu Kental

Ciri-ciri madu murni yang paling mudah dikenali adalah teksturnya yang kental. Saat kamu mengocok botolnya, madu akan bergerak sangat lambat karena konsistensinya yang kental. Sebaliknya, jika madu bisa diaduk dengan cepat dan mudah, bisa dipastikan itu adalah madu campuran.

7. Madu Mengalir Cepat

Secara umum, madu murni mengalir tanpa jeda dan lapisannya cepat hilang saat botol dibalik. Sebab, kadar airnya kurang dari 18 persen, bahkan 14 persen, sehingga tidak mengalir terputus-putus.

Untuk mengujinya, balikkan toples madu pada suhu kamar. Jika gelembung udara naik dengan cepat, berarti ada lebih banyak air di dalamnya.

8. Tidak Lengket

Selain itu, madu murni atau asli tidak lengket. kamu bisa menggosok madu dengan dua jari dan mencicipinya sendiri. Madu asli yang menempel di kulit diserap ke dalam dirinya sendiri.

Namun, jika madu sedikit lengket atau berbutir-butir, jangan pernah minum madu itu lagi. Contoh merk madu asli seperti Madu Perhutani, Madu Tj Super dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, itulah ciri-ciri madu murni yang bisa kamu perbaiki sendiri dengan mudah. Meskipun memiliki banyak khasiat, kamu tetap perlu memperhatikan jenis madu yang dikonsumsi. Hal ini agar kamu tetap dapat manfaat madu seperti yang kamu inginkan tanpa mengkonsumsi yang palsu.

Buku Panduan Analisis Kemurnian Madu yang ditulis F.G Winarno bisa kamu jadikan referensi untuk mengenali ciri-ciri madu murni. Termasuk bagaimana cara menguji kemurnian madu murni tersebut yang membedakan dengan madu palsu.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com