Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Pengucapan Selamat Pagi dalam Bahasa Jepang? Pelajari dan Cari Tahu di Sini Yuk!

Kompas.com - 01/01/2023, 10:33 WIB
Selamat Pagi dalam Bahasa Jepang Sumber Gambar: Freepik.com Selamat Pagi dalam Bahasa Jepang
Rujukan artikel ini:
Master Percakapan Bahasa Jepang
Pengarang: Muryani J Semita &…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Dimanapun kita berada, mengucapkan salam pada sesama adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari karena manusia pada dasarnya tidak bisa hidup sendiri.

Di beberapa negara, menyapa orang lain saat bertemu di tempat umum menjadi sangat penting karena salam merupakan bentuk penghormatan pada lawan bicara.

Salah satu negara yang masih memegang prinsip ini adalah Jepang.

Orang Jepang sering kali mengucapkan salam saat ingin memulai pembicaraan, baik kepada orang yang baru dikenal maupun orang yang sudah akrab, dalam situasi yang formal ataupun situasi yang santai.

Hal ini tentunya berkaitan dengan prinsip karena memulai pembicaraan tanpa mengucapkan salam sering kali dianggap kurang sopan.

Untuk menambah pengetahuan serta wawasan kamu mengenai budaya negara lain, berikut ini adalah cara pengucapan salam dalam bahasa Jepang, terutama untuk ucapan selamat pagi.

Pengucapan Selamat Pagi dalam Bahasa Jepang

1. Ohayou Gozaimasu

Kata ucapan "おはようございます" atau Ohayou Gozaimasu merupakan ucapan selamat pagi secara sopan dan termasuk ucapan yang paling umum digunakan.

Ucapan ini cocok digunakan ketika kita ingin menyapa seseorang yang dihormati atau disegani, misalnya orang tua, guru, atasan di kantor, atau bisa juga diucapkan saat kita berpapasan dengan orang asing di tempat umum.

2. Ohayou

Kata "おはよう" atau Ohayou merupakan ucapan singkat sekaligus informal dari kata Ohayou Gozaimasu.

Ucapan ini biasanya digunakan untuk menyapa orang yang sudah akrab seperti teman, sahabat dekat, keluarga, atau orang yang usianya lebih rendah dari kita.

Ohayou juga biasanya diucapkan dari mulai pagi hari sampai sebelum waktu menunjukkan pukul 12 siang, sehingga bisa dijadikan sebagai ucapan penanda waktu.

3. Ossu

Selain Ohayou, Ossu juga termasuk ucapan selamat pagi yang lebih informal dibandingkan Ohayou Gozaimasu.

Bedanya, ucapan Ossu lebih sering digunakan kepada sesama teman laki-laki saja, sementara para perempuan jarang menggunakannya.

Beberapa Ungkapan Dasar Lain dalam Bahasa Jepang

1. Ungkapan Selamat Siang

Setelah waktu menunjukkan siang hari, kamu bisa mengucapkan "こんにちは" atau Konnichiwa.

Ungkapan Konnichiwa ini bisa diucapkan dan dilontarkan kepada siapa saja, termasuk pada orang yang lebih tua atau senior.

Tak hanya memiliki arti selamat siang, ungkapan Konnichiwa juga bisa digunakan untuk mengucapkan selamat sore karena dalam bahasa Jepang, tidak ada frase khusus untuk ungkapan tersebut.

2. Ungkapan Selamat Malam

Ungkapan salam lain dalam bahasa Jepang adalah "こんばんは" atau Konbanwa yang artinya selamat malam.

Konbanwa biasanya diucapkan saat hari mulai terlihat gelap, dimulai dari sekitar jam 6 sore sampai esok hari.

Namun, ungkapan Konbanwa ini biasanya digunakan hanya untuk menyapa seseorang saat ingin memulai pembicaraan, bukan untuk memberikan ucapan selamat tidur.

3. Ungkapan Selamat Tidur

Berbeda dengan ungkapan selamat malam, kamu bisa mengucapkan "おやすみ なさい" (Oyasumi Nasai) atau "おやすみ" (Oyasumi) kepada seseorang.

Ungkapan ini bisa diartikan sebagai selamat tidur atau selamat beristirahat, dan biasanya digunakan untuk mengakhiri pembicaraan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Ungkapan Salam Perpisahan

Dalam bahasa Jepang, ada 2 ungkapan salam perpisahan yang bisa kamu gunakan.

Kamu bisa ucapkan “さようなら” atau Sayonara yang artinya “sampai jumpa lagi”, ungkapan ini biasanya diucapkan jika perpisahannya terjadi dalam waktu yang lama.

Kamu juga bisa gunakan kata “じゃまた” atau Ja Mata yang artinya “sampai besok” atau “selamat tinggal”, ungkapan ini merupakan ungkapan informal yang bisa diucapkan pada teman atau orang terdekat yang bisa bertemu setiap hari.

5. Ungkapan Terima Kasih

Ungkapan “ありがとうございます” atau Arigatou Gozaimasu tentunya menjadi salah satu bahasa Jepang yang paling sering kita dengar.

Ungkapan ini merupakan cara yang paling sopan untuk mengucapkan terima kasih terutama pada orang yang usianya lebih tua.

Sementara untuk sesama teman dan orang yang lebih muda, kamu bisa menggunakan ungkapan yang lebih informal yakni “ありがとう” yang artinya Arigatou.

6. Ungkapan Permintaan Maaf

Ada beberapa ungkapan maaf dalam Bahasa Jepang, tergantung kepada siapa kata tersebut diucapkan.

Untuk ungkapan maaf yang sopan, kamu bisa gunakan kata “すみません” (Sumimasen), ungkapan ini bisa ditujukan pada semua orang, tapi kurang tepat digunakan dalam hubungan bisnis.

Untuk lebih baiknya, kamu bisa gunakan “もうしわけございません” (Moushiwake Gozaimasen), ungkapan ini merupakan ungkapan maaf paling sopan dan biasanya ditujukan untuk orang-orang yang lebih senior.

Sementara untuk sahabat atau teman sebaya, kamu bisa gunakan kata “ごめんなさい“ atau Gomen Nasai.

Mencari tahu dan mempelajari berbagai bahasa dari negara lain tentunya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita terhadap kebudayaan baru.

Tak hanya itu, bahasa juga bisa dianggap sebagai jendela yang akan membantu kita melihat dunia dengan lebih luas, meskipun kita mungkin belum pernah mengunjungi negara tersebut.

Untuk memperkaya pengetahuan mengenai bahasa dan kebudayaan Jepang, kamu bisa membaca buku Master Percakapan Bahasa Jepang karya Muryani Semita dan Aiko Megumi serta buku Sukses Belajar Bahasa Jepang karya Muryani Semita.

Bahasa Jepang berada di peringkat ke-13 sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, jadi tidak heran kalau bahasa ini dijadikan sebagai mata pelajaran di sekolah-sekolah di wilayah Asia lainnya.

Dalam bahasa Jepang sendiri, terdapat 3 macam huruf asli yakni Hiragana, Katakana, dan Kanji, ketiganya memiliki perbedaan dari cara penulisan dan penuturannya.

Melalui buku-buku ini, kamu akan lebih mudah dan cepat menguasai bahasa Jepang, mulai dari kosakata yang dasar sampai yang rumit.

Secara garis besar, kedua buku ini akan menyajikan materi mengenai tabel Hiragana, tabel Katakana, kumpulan kosakata percakapan sehari-hari, dan masih banyak lagi.

Buku ini sangat praktis dan bermanfaat untuk semua kalangan yang ingin serius belajar bahasa Jepang dari nol, khususnya para pelajar dan mahasiswa.

Untuk mendapatkan buku-buku ini, kamu bisa membelinya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com