Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Ketahui 10 Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Pada Luas Wilayahnya!

Kompas.com - 28/12/2022, 13:30 WIB
daftar negara terbesar di dunia Sumber: pixabay daftar negara terbesar di dunia
Rujukan artikel ini:
Ensiklopedia Saintis Junior: Atlas Dunia
Pengarang: Claudia Martin
|
Editor Rahmad

Negara terbesar di dunia pastinya selalu menarik untuk diketahui. Negara terbesar di dunia dikelompokkan berdasarkan jumlah penduduk maupun luas wilayah administratifnya. Perhitungan total areanya, meliputi daratan beserta daerah perairan.

Sementara itu, total area diartikan sebagai jumlah dari keseluruhan dalam luas suatu negara terdapat garis pantai serta batas-batas internasionalnya.

Selama ini, banyak orang yang mengira jika Indonesia termasuk ke dalam negara terbesar di dunia. Namun, nyatanya Indonesia tidak termasuk ke dalam 10 negara terbesar di dunia saat ini. lalu, negara mana saja yang termasuk ke dalam daftar negara terbesar di dunia? Berikut ulasan lengkapnya.

Daftar Negara Terbesar di Dunia

daftar negara terbesar di dunia daftar negara terbesar di dunia

1. Rusia

Dilansir dari Worldometers, Rusia merupakan negara terbesar di dunia nomor 1 versi worldometers. Total luas wilayah yang dimiliki oleh Rusia adalah mencapai 17.098.242 km persegi. Dengan rinciannya adalah sekitar 16.376 juta km persegi atau setara dengan 11 persen daratan di bumi.

Luas area ini juga termasuk dengan kolom air dari danau Baikal, yang merupakan danau dengan volume air tawar yang paling banyak secara global. Wilayah negeri beruang merah ini adalah terbentang 77 persen di Benua Asia dan 23 persen di Benua Eropa.

2. Kanada

Kanada menempati posisi kedua sebagai negara terbesar di dunia. kanada mempunyai luas sekitar 9.984.670 km persegi atau sebanyak 6,1 persen dari daratan bumi. Negara yang memiliki julukan Negeri Pecahan Es ini mengambil sekitar 2/5 kawasan Amerika Utara.

Kanada juga memiliki 31.700 danau di dalam negaranya. Salah satu danaunya adalah Danau Superior yang memiliki luas sebesar 82.100 km persegi. Garis pantai yang ada di Kanada mencapai hingga 243.977 km.

3. China

Total luas daerah China sebagai negara terbesar di dunia adalah 9.706.961 km persegi. Luas daratan negeri tirai bambu ini setara dengan 2,2 persen. Jika dilihat dari populasinya, China berada di urutan pertama sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia.

Wilayah China memiliki 1/3 wilayah yang didominasi oleh pegunungan, diantaranya adalah gunung everest.

4. Amerika Serikat

Salah satu negara adidaya ini menjadi negara terbesar di dunia. dengan luas wilayah yang dimilikinya sekitar 9.372.610 km persegi. Luas ini sejajar dengan 4 kali dari luasnya Indonesia. Hampir seluruh area daratan di benua Amerika ini termasuk negeri paman sam.

5. Brasil

Brasil juga termasuk ke dalam daftar negara terbesar di dunia yang memiliki luas wilayah 8.515.767 km persegi. Negeri Samba ini memiliki garis pantai sepanjang 7.491 km. Brazil juga memiliki gelar sebagai negara terpanjang di dunia. bahkan, negara ini menjadi satu-satunya negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa dan Tropic of Capricorn.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

6. Australia

Australia sebagai negara terbesar di dunia mempunyai luas wilayah 7.692.024 km persegi. Australia juga menjadi negara terbesar di Oseania. Australia tidak tergolong sebagai pulau, melainkan sebagai daratan kontinental.

7. India

Sebagai negara terbesar di dunia, India memiliki luas sebesar 3.287.590 km persegi. India mempunyai garis pantai sepanjang 7.561 km, dengan perbatasan daratan sejauh 15.000 km.

8. Argentina

Argentina mempunyai luas wilayah mencapai 2.780.400 km persegi. Walaupun mempunyai wilayah yang cukup lebar sebagai negara terbesar di dunia, jumlah penduduknya adalah sekitar 45,38 juta jiwa saja.

9. Kazakhstan

Kazakhstan adalah negara yang terletak di Asia Tengah. Sebagai negara terbesar di dunia, negara ini memiliki luas wilayah sekitar 2.724.900 km persegi atau setara dengan 1,8 persen daratan bumi.

10. Aljazair

Aljazair menjadi negara terbesar di dunia urutan ke-10. Luas wilayahnya adalah sekitar 2.381.741 km persegi. Negara yang juga dikenal dengan nama Algeria menjadi negara terluas di benua Afrika sekitar 80 persen gurun sahara masuk juga ke dalam wilayah ini.

Itulah deretan 10 negara terbesar di dunia berdasarkan pada luas wilayahnya. Pengetahuan mengenai negara terbesar di dunia menjadi hal yang juga penting untuk pengetahuan umum. Salah satunya bisa kamu dapatkan melalui buku Ensiklopedia Saintis Junior: Atlas Dunia.

Buku ini merupakan kumpulan pengetahuan yang disusun berdasarkan pada abjad dan juga dipenuhi dengan berbagai fakta menarik yang bisa memudahkan anak untuk menyerap serta menangkap berbagai informasi tentang dunia.

Isi buku ini sangat detail dan foto-foto akan membuat kamu seakan-akan sedang menjelajah keliling dunia melalui sebuah buku. Buku ensiklopedia ini juga membahas mengenai bentang alam, budaya, bangunan yang terkenal, bahasa, jumlah populasi, binatang, serta tanaman khas.

Buku ensiklopedia ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com