Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Kain Rayon Viscose dan Kelebihannya

Kompas.com - 26/12/2022, 10:00 WIB
Kain Rayon Viscose Sumber Gambar: Freepik.com Kain Rayon Viscose
Rujukan artikel ini:
Pesona Kain Indonesia: Tenun Gedog…
Pengarang: Threes Emir
|
Editor Puteri

Kain rayon viscose merupakan salah satu jenis kain dengan serat alami yang sudah digunakan sejak tahun 1800-an karena memiliki tekstur yang lembut, ringan, dan nyaman.

Viscose sendiri adalah jenis kain rayon semi-sintetis yang terbuat dari pulp kayu yang dipakai untuk menggantikan sutra, sebab mempunyai kesan halus yang mirip dengan bahan luxury.

Bahan viscose terbuat dari bubur kayu pohon, seperti kayu putih, pinus, hingga bambu dan menjadi semi-sintetis karena terdapat banyak bahan kimia yang tercampur selama proses pembuatannya.

Viscose banyak dipilih karena memiliki bahan yang ringan, berkilau dan tekstur yang lembut, serta harganya pun relatif murah dan jauh lebih ekonomis.

Meskipun harganya murah, bahan viscose mampu memberikan kesan luxury dengan budget yang jauh lebih ekonomis dan ramah di kantong.

Kain viscose tidak akan memerangkap panas serta mampu menyerap air dan keringat dengan baik, sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan pakaian olahraga atau jilbab.

Viscose bukanlah bahan yang bisa membuat gerah karena bahannya ringan dan tidak mudah menempel di tubuh ketika digunakan.

Bahannya yang lembut juga terasa seperti kapas di kulit dengan warna yang tidak cepat pudar, sehingga bisa dicuci dan digunakan dalam jangka waktu panjang.

Lalu, apa saja kelebihan dari kain viscose? Cari tahu selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Kain Viscose

1. Teksturnya Halus dan Lembut

Ketika bahan kain viscose dipilih untuk dijadikan pakaian sehari-hari maupun formal, material yang satu ini memberikan tekstur yang halus dan lembut saat digunakan.

Bahan viscose mempunyai serat organik yang membuat struktur kainnya menyerupai kapas, sehingga akan terasa halus dan lembut saat bersentuhan dengan kulit.

Tentunya, tekstur kain viscose yang lembut dan halus akan membuat siapa saja yang menggunakannya akan merasa nyaman.

Pastikan untuk memilih bahan viscose terbaik agar tekstur yang lembut dan halus bisa didapatkan.

2. Gampang Menyerap Keringat

Jika kamu berniat membuat pakaian atau hijab yang cocok digunakan saat cuaca panas, maka bahan viscose bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Pasalnya, bahan viscose memiliki daya serap yang tinggi terhadap air maupun keringat, sehingga ketika cuaca sedang panas maka akan tetap terasa adem dan nyaman.

Kain viscose ini akan sangat cocok untuk dijadikan pakaian olahraga maupun hijab.

Daya serap yang tinggi pada kain viscose bisa dijadikan pertimbangan untuk membuat pakaian maupun hijab yang adem dan juga nyaman.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Harganya Ekonomis

Ketika membutuhkan gaun atau pakaian yang terlihat luxury, tapi dengan harga yang ekonomis, maka bahan viscose bisa dijadikan solusinya.

Mungkin banyak kaum hawa yang ingin tampil dengan gaun atau blouse mewah, tetapi tidak ingin merogoh kantong yang dalam, kain viscose adalah jawabannya.

Kesan luxury yang mengkilap dari bahan viscose ternyata tidak semahal kain sutra, tapi masih mampu memberikan penampilan yang tak kalah glamor.

Kain viscose juga sangat mudah menyerap keringat, sehingga akan sangat nyaman saat digunakan.

4. Warna Kain Lebih Cemerlang

Karakter yang sangat menonjol dari kain viscose ialah warna bahannya yang terlihat lebih cerah dan cemerlang.

Maka, ketika membuat pakaian ataupun kebutuhan fashion lainnya, hasil yang diberikan oleh kain viscose akan terlihat jauh lebih menarik perhatian netra.

Tidak ketinggalan, kain viscose juga termasuk salah satu bahan baku yang berkelanjutan yang bisa dikombinasikan dengan bahan tekstil mentah lainnya, seperti polyester atau katun.

Jadi, bahan viscose ini akan sangat cocok untuk dijadikan pakaian yang cantik, nyaman, dan ramah lingkungan.

5. Tidak Cepat Pudar

Selain bisa memberikan efek glamor dan mewah, kain viscose pun bisa menahan warna lebih awet meskipun sudah digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Maka, kamu tidak perlu takut untuk sering-sering menggunakan pakaian berbahan viscose karena memang warnanya tidak akan cepat pudar.

Pakaian yang dibuat dari bahan viscose akan membuat kita jadi jauh lebih hemat untuk tidak membeli pakaian baru lagi.

Sebab, pakaian yang dibuat dari kain viscose tidak akan mudah pudar dan kusam dalam jangka waktu yang lama.

Mungkin selain kain viscose, kamu juga ingin mengetahui jenis kain lainnya, seperti kain tenun gedog Tuban, maka buku Pesona Kain Indonesia: Tenun Gedog Tuban bisa menjadi sumber wawasan yang memuaskan rasa ingin tahu tersebut.

Buku ini membahas mengenai keindahan kain tenun Gedog Tuban yang merupakan salah satu tradisi wastra Indonesia, mulai dari bagaimana kain ini dibuat serta tips dan trik cara memasarkan atau menjual kain tenun.

Dalam buku ini dijelaskan secara lengkap bagaimana dan berapa lama selembar kain tenun gedog diproduksi, serta nilai tradisi yang terkandung pada setiap lembarnya, dilengkapi dengan foto-foto menarik juga.

Bukunya bisa langsung kamu order lewat Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com