Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memiliki Baju Bahan Rayon? Berikut 5 Tips Merawatnya Agar Awet dan Tidak Luntur

Kompas.com - 02/11/2022, 10:30 WIB
cara merawat bahan rayon Sumber: tokokainmurah.com cara merawat bahan rayon
Rujukan artikel ini:
Terampil Merancang Pola Dan Memilih…
Pengarang: Winifred Aldrich
|
Editor Rahmad

Bahan rayon adalah salah satu jenis kain yang populer. Serat rayon mengandung unsur kimia karbon, hydrogen, serta oksigen. Bahan rayon ini juga mempunyai daya serap yang tinggi seperti halnya pada kain katun. Tekstur serta permukaan bahannya sangat halus dan juga lembut di kulit.

Apakah kamu memiliki baju yang memiliki bahan rayon? Jika ya, maka kamu harus merawatnya dengan baik dan benar agar awet. Tidak seperti baju lainnya, baju dengan bahan rayon ini memiliki karakteristik yang membuat pemiliknya harus memiliki ekstra tenaga dan waktu untuk mengurusnya.

Baju bahan rayon yang kita miliki akan mudah rusak bahkan bisa berganti warna kalau kita tidak bisa merawatnya dengan baik dan benar.

Hadir dengan berbagai jenis serta karakteristik, maka tidak heran kalau bahan rayon juga harus ada acara yang khusus dalam mencucinya sebab, setiap kain memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Tergantung pada jenis serta karakteristik dari bahan kainnya.

Untuk membuat pakaian dengn bahan rayon yang kamu miliki bisa lebih awet dan tetap nyaman untuk dipakai, maka perlu dilakukan perawatan yang baik dan benar. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat baju bahan rayon kamu.

Tips Merawat Baju dengan Bahan Rayon

cara merawat bahan rayon cara merawat bahan rayon

1. Cuci menggunakan tangan

Mencuci bahan rayon memang cukup rumit, karena jika salah cara dalam mencucinya, maka bahan rayon bisa menjadi rusak. Bahan rayon ini sulit untuk dicuci, karena banyaknya kombinasi bahan selain bahan rayon dalam proses pembuatannya.

Ini juga yang membuat bahan rayon rumit untuk dicuci. Sebelum kamu mencuci bahan rayon, kamu harus tahu dulu kombinasi apa yang digunakan pada kain rayon tersebut.

Apabila bahan rayon jersey maka kamu cukup aman untuk mencucinya menggunakan mesin cuci, tetapi jangan lakukan hal tersebut kalau bahan rayon yang kamu punya adalah rayon spandex.

Nah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kalau kamu tidak mengetahui bahan rayon apa yang kamu miliki, maka cara paling aman adalah mencucinya menggunakan tangan saja. Cucilah dengan cara yang lembut supaya kainnya tidak rusak.

2. Tidak menyikatnya

Mencuci bahan rayon menggunakan mesin cuci saja sudah tidak disarankan karena berpotensi bisa merusak bahan rayon tersebut. Hal ini bisa terjadi juga kalau kalian mencuci bahan rayon menggunakan sikat.

Kalau kalian tidak mencucinya dengan mesin cuci, tetapi malah mencucinya dengan sikat, maka hasilnya akan sama saja, yaitu bisa merusak bahan rayon tersebut. Maka cucilah bahan rayon dengan tangan saja secara lembut dan perlahan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sebab, bahan rayon yang dicuci dengan sikat, bisa merusak serat pada bahan rayon dan membuat kain tersebut menjadi rapuh. Apabila ada noda yang sulit untuk dihilangkan, kamu bisa menguceknya dengan tangan hingga bersih. Hal ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama.

3. Hindari penggunaan pemutih

Penggunaan pemutih pakaian mampu merusak serat dalam bahan rayon. Jadi, hindari penggunaan ini kalau kalian ingin bahan rayonnya tetap awet. Kamu bisa menggunakan air yang dicampur baking soda dan sedikit lemon sebagai gantinya. Namun, jangan terlalu sering menggunakan cara tersebut.

4. Mengeringkan secara manual

Apapun yang berkaitan dengan mesin cuci bisa merusak serat pada bahan rayon. Jadi, jangan menggunakan pengering di mesin cuci kalau kalian ingin bahan rayon bisa bertahan lama.

Cara terbaiknya adalah dengan menjemurnya secara manual saja. Dalam penjemuran juga tidak disarankan untuk terkena matahari secara langsung. Sebab, hal itu bisa mengakibatkan warna bahan rayon pudar dan rapuh.

5. Setrika dengan temperatur rendah

Bahan rayon adalah bahan yang tidak kuat terhadap panas, maka setrika bahan rayon kalian dengan temperatur yang paling rendah. Bahan rayon mudah sekali dirapikan, sehingga dengan menyetrikanya pada temperatur rendah bisa membuat bahan rayon cepat halus.

Kalau kamu kurang yakin, kamu bisa menambahkan kain pelapis di atas bahan rayon supaya setrika tidak langsung mengenai permukaan dari bahan rayon tersebut.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat baju yang berbahan dasar bahan rayon supaya bisa tetap terlihat cantik dan indah. Jadi, untuk kamu yang memiliki baju dengan bahan rayon, pastikan untuk selalu merawatnya dengan benar, ya.

Jika kamu ingin mencoba merancang busana menggunakan bahan rayon atau jenis bahan lainnya, kamu bisa mempelajarinya melalui buku Terampil Merancang Pola Dan Memilih Kain. Buku ini membahas mengenai bagaimana membuat pola, beragam jenis kain, pemahaman hubungan antara kain, forma, dan bentuk pola dalam menjahit.

Disertai banyak ilustrasi dan juga contoh praktis, buku ini memperhitungkan pula perkembangan baru yang terkait dengan kain.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com