Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Model Baju yang Cocok untuk Orang Gemuk, Siap Membuatmu Terlihat Lebih Proporsional

Kompas.com - 29/09/2022, 09:00 WIB
Baju yang Cocok untuk Orang Gemuk Sumber Gambar: Freepik.com Baju yang Cocok untuk Orang Gemuk
Rujukan artikel ini:
Instagram Untuk Bisnis, Hobi, Dan…
Pengarang: Jubilee Enterprise
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Ukuran dan bentuk tubuh seringkali membuat seseorang merasa kesulitan untuk tampil menarik, padahal bentuk tubuh tidak bisa dijadikan sebagai tolak ukur penampilan seseorang.

Dengan teknik styling yang tepat, siapapun bisa tampil lebih percaya diri dan menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri.

Tapi bagi kamu yang memiliki tubuh gemuk, menyusuri toko baju di pusat perbelanjaan tentu menjadi sebuah petualangan tersendiri.

Bagaimana tidak, meski ada banyak pilihan model baju yang ditawarkan, kamu tetap akan kesulitan untuk menemukan outfit yang benar-benar sesuai dengan bentuk tubuh, dan membuatmu merasa nyaman saat memakainya.

Jika salah memilih model atau warna baju, tubuh kamu mungkin akan terlihat lebih besar dan kurang proporsional.

Untuk mengatasinya, kamu harus belajar untuk mencari dan memilih model baju yang bisa memberikan kesan ramping, dan membuatmu bisa tampil percaya diri tanpa harus memikirkan pendapat orang lain mengenai bentuk tubuhmu.

Berikut adalah 7 model baju yang cocok dipakai oleh orang-orang bertubuh gemuk, yang pastinya bisa membuat tubuh terlihat lebih proporsional.

7 Model Baju yang Cocok untuk Orang Gemuk

1. Gaun atau Rok dengan Model A-Line

Baju yang Cocok untuk Orang Gemuk Baju yang Cocok untuk Orang Gemuk

Pakaian model A-Line dengan desain yang lebih ketat di bagian atas tubuh sampai ke pinggang, dan lebih longgar pada bagian bawah akan memberikan kesan siluet hourglass yang membuat tubuh terlihat jauh lebih ramping.

Kalau belum familiar, kamu bisa temukan pakaian model A-Line ini pada seragam atau rok milik anak-anak sekolah.

Jika kamu ingin membeli gaun atau rok dengan model A-Line, kamu bisa memilih bahan-bahan yang kaku seperti katun, rayon, atau denim yang bisa membantu mempertegas bentuk tubuhmu saat memakainya.

2. Atasan dengan Kerah Berbentuk V-Neck

Baju yang Cocok untuk Orang Gemuk Baju yang Cocok untuk Orang Gemuk

Model baju untuk orang-orang gemuk tidak harus selalu fokus pada bagian pinggang, kamu juga bisa memilih model atasan dengan kerah berbentuk V-Neck.

Bentuk kerah V-Neck akan menonjolkan bagian leher dan tulang selangka (collarbone), yang nantinya bisa membuat proporsi tubuh kamu terlihat lebih jenjang.

Hindari penggunaan atasan dengan model leher bulat atau halterneck karena akan memberikan kesan gemuk dan membuat tubuhmu kurang proporsional.

3. Atasan dengan Model Peplum

Baju yang Cocok untuk Orang Gemuk Baju yang Cocok untuk Orang Gemuk

Kalau kamu pernah melihat beberapa orang yang mengenakan atasan atau gaun dengan aksen ruffle di bagian pinggang, model pakaian ini sebenarnya disebut dengan istilah peplum.

Model peplum akan menyesuaikan bentuk tubuh si pemakainya, aksen ruffle pada bagian pinggang juga akan memberikan tampilan pinggang yang jauh lebih ramping sehingga cocok digunakan oleh orang-orang bertubuh gemuk.

4. Baju dengan Motif Garis Vertikal

Baju yang Cocok untuk Orang Gemuk Baju yang Cocok untuk Orang Gemuk

Tidak hanya fokus pada model pakaian, kamu juga harus mencari motif baju yang cocok untuk membantu mempertegas bentuk tubuh.

Untuk orang bertubuh gemuk, motif garis vertikal bisa menjadi pilihan terbaik, karena garis-garis yang membentang dari atas ke bawah bisa memberikan ilusi tubuh yang lebih tinggi dan proporsional.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, kamu juga bisa memilih baju dengan motif garis berukuran kecil untuk mengalihkan fokus orang lain pada bentuk tubuhmu, sekaligus juga bisa memberikan kesan yang ramping pada tubuh.

5. Baju dengan Model Empire

Baju yang Cocok untuk Orang Gemuk Baju yang Cocok untuk Orang Gemuk

Model baju ini sebenarnya bisa kamu temukan di berbagai jenis gaun seperti tunik atau dress.

Model empire sekilas terlihat menyerupai model A-Line atau peplum yang lebih lebar di bagian pinggang ke bawah, tapi model empire ini hanya ketat di bagian dada saja, sementara bagian bawahnya lebih lebar.

Model baju empire akan membantu mempertegas bentuk tubuh bagian atas, sehingga model ini sangat cocok digunakan untuk para pemilik tubuh gemuk.

6. Gunakan Pleated Dress

Baju yang Cocok untuk Orang Gemuk Baju yang Cocok untuk Orang Gemuk

Kalau kamu ingin lebih fokus menutupi bagian pinggul dan tubuh bagian bawah, kamu bisa menggunakan baju dengan model pleated dress.

Dress yang satu ini memiliki model berlipat di bagian roknya, yang berfungsi untuk menyamarkan bentuk perut dan pinggul yang besar, sehingga bisa membuat bentuk tubuhmu terlihat lebih proporsional.

7. Kombinasikan Baju Atasan dengan Outwear

Baju yang Cocok untuk Orang Gemuk
Baju yang Cocok untuk Orang Gemuk

Bagian dada, perut, atau pinggul yang besar dan menonjol sebenarnya bisa juga kamu siasati dengan menggunakan outwear seperti jaket denim ataupun blazer.

Usahakan untuk memilih model outwear yang tidak terlalu ketat sehingga bisa mengatasi dan menonjolkan kesan yang ramping atau proporsional pada tubuh.

Itulah beberapa pilihan model baju yang cocok digunakan oleh orang-orang bertubuh gemuk, yang nantinya bisa membuat tubuh terlihat lebih ramping dan proporsional.

Memilih jenis, model, dan warna pakaian yang tepat tentu bisa membuat pemakainya jauh lebih percaya diri, khusus buat kamu yang rajin posting di media sosial, pilihan outfit yang tepat juga bisa membantu banyak orang yang membutuhkan referensi gaya berpakaian.

Saat ini, media sosial bisa diibaratkan sebagai salah satu kebutuhan utama manusia, melalui media sosial, orang-orang bisa saling berinteraksi dan mendapatkan berbagai inspirasi yang menarik.

Tidak hanya itu, media sosial kini juga bisa dijadikan sebagai ladang untuk mencari dan mendapatkan pundi-pundi rupiah, salah satunya adalah media sosial Instagram.

Menggunakan Instagram untuk berbisnis bisa menjadi solusi terbaik, terutama bagi kamu yang baru mulai menjajaki dunia bisnis dan masih membutuhkan kepercayaan pelanggan.

Melalui buku Instagram Untuk Bisnis, Hobi, dan Desain Grafis karya Jubilee Enterprise, kamu akan mendapatkan panduan untuk bisa mengoptimalkan akun Instagram dengan sebaik-baiknya.

Buku ini akan membahas berbagai macam hal, seperti cara membuat konten dan postingan yang menarik, cara membuka toko online, cara memilih dan menentukan username atau bio yang menarik, cara mengoptimalkan fitur-fitur Instagram, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh template copywriting yang bisa membantumu dalam membuat ide konten yang menarik dan mendatangkan banyak pelanggan.

Jadi, tunggu apa lagi? Kamu bisa dapatkan buku ini di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com