Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Ukuran One Size? Ketahui Juga 4 Tips Menentukan Ukuran Baju Saat Belanja Online

Kompas.com - 03/06/2022, 18:00 WIB
Apa Itu Ukuran One Size Sumber Gambar: Freepik.com Apa Itu Ukuran One Size
Rujukan artikel ini:
Bisnis Ala Milenial
Pengarang: Salsabiela
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Ketika berbelanja online, tidak jarang kamu akan menemukan pakaian dengan berbagai macam ukuran seperti all size, one size, M fit to L, dan masih banyak lagi.

Keberagaman ukuran ini didasarkan pada jenis pakaian dan ukuran tubuh rata-rata yang dimiliki masyarakat, hal ini tentunya menjadi faktor yang membedakan standar ukuran pakaian di setiap negara.

Bagi kamu yang sering berbelanja online, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai istilah yang biasanya ada dalam ukuran pakaian tersebut.

Sayangnya, ada beberapa jenis ukuran pakaian yang masih terdengar asing untuk sebagian orang, misalnya saja seperti ukuran ‘one size’.

Untuk mengetahui maksud dari ukuran one size dan berbagai istilah lain dalam ukuran pakaian, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Ukuran One Size?

Secara harfiah, ukuran one size sering juga ditulis dengan istilah ‘one-size-fits-all’, atau bisa diartikan sebagai ‘satu ukuran yang cocok untuk semua’.

Saat kamu ingin berbelanja pakaian melalui online dan kamu menemukan bahwa hanya ada ukuran one size, itu berarti pakaian tersebut cuma tersedia dalam satu ukuran saja, dan kamu tidak bisa request jika ingin ukuran yang lebih besar atau lebih kecil.

Ukuran one size ini biasanya sangat bagus dan cocok jika digunakan oleh orang-orang dengan tubuh yang proporsional, tidak terlalu gemuk atau tidak terlalu kurus.

Agar tidak salah membeli, cobalah untuk mengukur badanmu terlebih dahulu, kemudian sesuaikan dengan ukuran pakaian yang ada di bagian deskripsi toko tersebut.


Baca juga: Cara Belanja Di Tiktok Gramedia Official


Istilah Lain untuk Menyebut Ukuran Pakaian

All size merupakan standar ukuran dari sebuah produk pakaian yang dibuat di wilayah Asia, khususnya di negara Jepang, Korea, dan Tiongkok, sehingga rata-rata ukurannya merujuk pada ukuran tubuh orang Asia.

All size pada umumnya berada pada rata-rata ukuran pakaian yang sudah ada sebelumnya, yakni ukuran S (small), M (medium), L (large), sampai dengan XL (extra large).

Khusus untuk masyarakat Asia yang rata-rata memiliki postur tubuh yang sedang, maka ukuran all size ini biasanya berada diantara ukuran M dan L, atau yang biasa disebut juga dengan ukuran M fit to L.

Secara umum, ukuran all size ini tidak selalu sama untuk semua merk pakaian walaupun jenis pakaiannya sama, jadi ukuran all size antara antara merk A dan merk B tidak selalu sama.

Meskipun standar ukuran all size adalah M dan L, ternyata masih ada beberapa jenis pakaian yang sengaja dibuat lebih besar dari ukuran L atau lebih kecil dari ukuran M.

Tujuannya adalah supaya jenis pakaian tersebut tetap bisa digunakan oleh orang-orang yang ukuran tubuhnya melebihi ukuran L seperti XL dan XXL, atau kurang dari ukuran M seperti ukuran S.

Tips Jitu Memilih Ukuran Baju yang Sesuai Saat Belanja Online

1. Ketahui Ukuran Tubuh

Ukuran pakaian yang dijual melalui online biasanya berbeda satu sama lain, tergantung dari jenis atau merk pakaian itu sendiri.

Oleh karena itu, ada sebagian penjual yang mencantumkan detail ukuran produknya pada kolom deskripsi seperti lingkar dada, pinggang, maupun pinggul, jadi kamu bisa coba untuk mengukur tubuhmu dan mencocokkanya sendiri.

Ada tiga trik yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan ukuran pakaian yang sesuai:

  • Lingkar Dada

Cobalah untuk melakukan pengukuran dada pada bagian dada yang menonjol dengan lurus sampai ke bagian punggung.

  • Lingkar Pinggang

Pinggang merupakan bagian tubuh yang paling penting untuk menentukan ukuran pakaian yang sesuai untukmu, jadi ukur bagian pinggangmu yang berada diatas tulang pinggul secara melingkar.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

  • Lingkar Pinggul

Dalam mengukur lingkar pinggul, letakkan pita meter tepat di bagian pinggul yang terbesar untuk tetap menyesuaikan dengan ukuran tubuh bagian atas.

2. Cermatlah dalam Memilih Motif

Dalam pemilihan motif pakaian, cobalah untuk memilih motif yang kecil dan terlihat manis seperti motif bunga, atau pola yang sederhana.

Jika ingin memilih motif garis, maka pilihlah pakaian yang bergaris vertikal maupun diagonal.

Hindari memilih motif dengan bentuk yang besar atau motif bergaris horizontal karena akan meninggalkan kesan gemuk pada tubuhmu.

3. Perhatikan Model dan Warna Pakaian

Bagi orang-orang yang bertubuh plus, ada beberapa model pakaian yang cocok dan bagus untuk dikenakan.

Cobalah untuk memilih model pakaian one piece atau two piece dengan warna gelap yang nantinya bisa memberikan kesan tubuh yang lebih ramping.

Sebaliknya, hindarilah model pakaian dengan aksen yang ramai seperti rumbai-rumbai karena akan meninggalkan kesan yang gemuk pada tubuh.

Selain itu, memilih bawahan berwarna gelap berupa celana model lurus yang tidak ketat atau rok juga bisa membuat bentuk tubuhmu terlihat lebih proporsional.

4. Memperhatikan Contoh Pakaian

Memperhatikan contoh pakaian yang dikenakan oleh para model dalam foto katalog produknya juga bisa menjadi tips membeli baju melalui online.

Cobalah untuk mengetahui atau mengira-ngira tinggi dan berat badan model untuk kamu jadikan sebagai bahan referensi jika kamu tidak begitu yakin dengan ukuran pakaiannya.

Jika postur tubuh model fotonya ternyata hampir mirip denganmu, maka bukan tidak mungkin kalau ukuran pakaiannya pun akan cocok dengan ukuran tubuhmu.

Itulah beberapa tips cerdas yang bisa kamu gunakan untuk menghindari kesalahan ukuran saat membeli pakaian melalui online.

Di zaman yang semakin canggih seperti sekarang, banyak sekali anak muda yang dijadikan sebagai target pasar terutama oleh para penjual online. Baca selengkapnya terkait desainer baju terkenal di Indonesia.

Selain pakaian, ada berbagai jenis barang lain yang ternyata mampu menarik minat para anak muda untuk lebih sering berbelanja online.

Daripada terus menerus menjadi pembeli dan menghamburkan uang, ada baiknya kamu coba untuk mulai merambah ke dunia bisnis dengan ikut berjualan melalui online ataupun offline.

Melalui buku Bisnis ala Milenial karya Salsabiela, kamu akan diajarkan tentang seluk beluk dunia bisnis khusus untuk pebisnis pemula.

Apalagi bagi kamu yang masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa, buku ini bisa menjadi panduan yang tepat untuk membantumu menemukan keberanian dalam memulai bisnis, tapi tetap tidak perlu mengabaikan pendidikan.

Buku setebal 111 halaman ini juga akan memberikan berbagai tips serta jenis bisnis yang bisa dijalankan sesuai dengan keinginanmu, dan tentunya bisa membantumu mendapatkan penghasilan sendiri di usia muda.

Bagi kamu yang penasaran, buku Bisnis ala Milenial ini bisa kamu beli dan dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com