Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nggak Melulu Batik, Ini 5 Ide Outfit Kondangan Untuk Pria

Kompas.com - 20/12/2022, 11:30 WIB
ide outfit kondangan untuk cowok Sumber: pinterest ide outfit kondangan untuk cowok
Rujukan artikel ini:
The Power of Style
Pengarang: Bobbie Thomas
|
Editor Rahmad

Tidak hanya perempuan, kaum pria juga harus tampil maksimal dengan outfit kondangan yang bagus pada saat menghadiri kondangan atau acara pernikahan. Biasanya, para pria mengenakan beberapa item seperti kemeja batik dengan celana bahan untuk bawahannya.

Selain beberapa item tersebut, masih ada item yang bisa kamu gunakan. Penasaran, apa saja ide outfit kondangan yang bisa digunakan para pria untuk tampil tetap maskulin, dan juga elegan. Simak informasinya berikut ini.

Ide Outfit Kondangan Untuk Pria

ide outfit kondangan untuk cowok ide outfit kondangan untuk cowok

1. Kemeja lengan panjang

Setelah outfit kondangan yang satu ini sering menjadi andalan para kaum pria, pasalnya pemakaian outfit kondangan ini anti ribet. Dengan mengenakan kemeja lengan panjang dan juga celana bahan, kamu bisa terlihat elegan pada saat menghadiri acara pernikahan.

Kemeja lengan panjang yang bisa kamu gunakan adalah kemeja polos atau kemeja motif dengan garis-garis. Keduanya sama-sama cocok untuk kamu gunakan saat acara formal. Untuk alas kaki, kamu bisa memilih jenis sepatu pantofel atau sneakers yang kamu miliki.

2. Blazer dan kaos

Kalau kamu merasa bosan dengan outfit kondangan menggunakan kemeja, pemakaian blazer bisa menjadi alternatif yang cocok untuk kamu gunakan dengan berbagai jenis atasan. Bagi pria, blazer dapat digunakan bahkan saat ingin tampil kasual dan juga simple.

Jika ingin memberikan kesan yang simple, kamu bisa memadukan blazer yang kamu miliki dengan atasan kaos. Kamu bisa memilih warna kaos yang asik. Selain bisa terlihat kasual, dengan paduan kaos dan blazer bisa membuat penampilan kamu terlihat keren. Lalu, kamu bisa memadukannya dengan celana bahan dan sneakers favorit kamu.

3. Vest

Vest atau yang biasa kita kenal dengan sebutan rompi adalah sebuah item pakaian yang dapat kamu andalkan sebagai outfit kondangan. Meskipun tergolong vintage, tetapi item pakaian yang satu ini bisa membuat penampilan kamu akan terlihat lebih berbeda dan lebih elegan juga jika kamu bisa memadupadankannya dengan tepat.

Kamu juga bisa memadukan rompi dengan kemeja lengan panjang sebagai dalamannya. Lalu, kamu juga bisa menggulung bagian lengan kemeja, untuk memberikan sebuah kesan yang simple.

Untuk bawahannya, kamu bisa menggunakan celana bahan yang juga dilengkapi dengan ikat pinggang. Lalu, kamu bisa menambah sepatu pantofel atau sneakers. Dijamin, outfit kondangan kamu bisa lebih keren.

4. Setelah jas serta dasi

Selain menggunakan kemeja, batik, dan juga vest, setelan jas juga bisa kamu kenakan menjad outfit kondangan. Memang di Indonesia sendiri penggunaan jas sebagai outfit kondangan masih sangat jarang kita temukan.

Kebanyakan pria lebih memilih untuk menggunakan kemeja batik atau kemeja lengan panjang saja.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Akan tetapi, sebetulnya outfit kondangan setelan jas ini mampu memberikan kesan penampilan yang profesional serta berwibawa. Sebagai pelengkapnya, kamu juga bisa menambahkan dasi biasa dengan panjang yang terurai atau dasi kupu-kupu supaya bisa lebih simpel.

Kamu hanya perlu memadukan warna dasi dengan setelan jas yang kamu gunakan saja.

5. Setelan jas dengan sneakers

Pada saat menggunakan setelan jas, alas kaki yang biasanya sering digunakan adalah jenis sepatu pantofel atau loafer. Namun, seiring dengan perkembangan fashion, kini setelan jas bisa kamu padukan dengan alas kaki sneakers.

Sepatu jenis sneakers bisa menjadi pilihan yang pas sebagai pelengkap outfit kondangan kamu. Pilihan jenis sepatu ini cocok untuk kamu yang tidak mau memberikan kesan yang terlalu formal dalam berpakaian.

Selain nyaman pada saat dipakai, sneakers juga cocok dipadukan menggunakan setelan jas. Supaya tidak terlihat aneh, kamu bisa memakai jas dan dasi saat menggunakan sneakers. Selain itu, model sneakers yang kamu gunakan juga harus kamu pilih dengan baik agar cocok dengan setelan jas kamu.

Nah, itulah beberapa ide outfit kondangan untuk pria yang elegan dan bisa tetap maskulin. Penampilan dalam berpakaian memang mempengaruhi segalanya, seperti yang dikatakan oleh Bobbie Thomas, di dalam bukunya yang berjudul The Power of Style.

Di dalam buku ini juga disebutkan bahwa pakaian berpengaruh kepada tubuh kita. Perpaduan dalam gaya berpakaian seseorang juga bisa memberikan kesan kepada si pemakainya, entah memberikan kesan seksi, cerdas, atau elegan.

Melalui buku ini, kamu bisa mendapatkan panduan gaya, Bobbie Thomas akan membantu kamu dalam mengidentifikasi apa yang ingin orang lain lihat dan juga bisa meningkatkan kepercayaan kamu. Selain itu, kamu juga akan diberikan cara untuk menemukan warna yang sesuai.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com