Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Pidato tentang Narkoba yang Mengedukasi

Kompas.com - 06/12/2022, 12:00 WIB
Pidato tentang Narkoba Sumber Gambar: Pexels.com Pidato tentang Narkoba
Rujukan artikel ini:
Buku Public Speaking for Success
Pengarang: Dale Carnegie
|
Editor Ratih Widiastuty

Pidato tentang narkoba tentunya akan sangat dibutuhkan sebagai bentuk edukasi atau penyuluhan mengenai betapa merugikan dan berbahayanya penggunaan obat-obatan terlarang tersebut.

Biasanya pidato semacam ini akan dilakukan di hadapan murid-murid sekolah maupun mahasiswa agar tidak terjerumus pada lubang hitam bernama narkoba.

Pidato sendiri merupakan sebuah bentuk kegiatan berbicara di depan banyak orang untuk mengutarakan pendapat atau pemikiran tentang suatu hal penting yang layak untuk diperbincangkan.

Melalui pidato seorang individu dapat mengungkapkan ide, pikiran, dan gagasan pada banyak orang dengan tujuan tertentu.

Terdapat berbagai macam tema yang dapat disampaikan melalui pidato sebagai media untuk mengedukasi dan mengajak khalayak umum untuk lebih peduli akan suatu hal yang dianggap penting di dalam sebuah komunitas masyarakat.

Salah satu tema yang tidak kalah penting ialah narkoba yang menjadi momok paling menakutkan dalam menghancurkan masa depan generasi muda jika sudah masuk ke dalam lingkaran setannya.

Maka dari itu, dibutuhkan sebuah informasi dan edukasi yang tepat melalui pidato tentang narkoba sebagai bentuk usaha preventif dalam menyampaikan bahaya narkoba.

Mungkin masih banyak orang yang merasa kebingungan untuk menemukan contoh pidato tentang narkoba yang tepat.

Daripada bingung, simak contoh pidato tentang narkoba berikut ini yang dapat dijadikan sebagai sumber referensi.

Contoh Pidato tentang Narkoba

Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk teman-teman semua yang telah hadir dan menyempatkan waktu di siang hari ini.

Sudah rahasia umum jika narkoba memang menjadi momok paling menakutkan yang mengintai masa depan generasi muda karena mampu memberikan dampak negatif bagi seluruh aspek kehidupan, baik kesehatan, sosial, hingga finansial.

Tidak bisa dipungkiri, usia remaja memang menjadi fase kehidupan yang mendorong hasrat dan keingintahuan yang tinggi untuk bisa tahu dan mencoba segala hal yang ada.

Hal inilah biasanya yang dijadikan titik kelemahan bagi para pengedar narkoba untuk menawarkan barang haram ini pada remaja.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Iming-iming agar terlihat lebih keren dan memberikan kepuasan justru tidaklah sebanding dengan efek dan dampak negatif yang diberikan karena narkoba pada dasarnya akan membuat kecanduan, sehingga penggunanya akan terjebak dalam ketergantungan yang dapat berujung pada hilangnya nyawa.

Tingkat adiktif yang diberikan oleh narkoba pun akan membuat para pemakainya menghalalkan segala cara untuk bisa mendapatkan barang haram ini, sehingga tidak jarang akan mengarah pada tindakan kriminal lainnya, seperti mencuri.

Melihat dampak buruk yang bisa didatangkan oleh narkoba, maka dari itu, alangkah lebih baik kita sebagai remaja mampu menolak keras dan menghindari narkoba untuk tidak sama sekali masuk ke dalam kehidupan kita.

Jaminan masa depan yang hancur berantakan sudah pasti ada di depan mata jika masih ingin coba-coba dengan obat-obatan psikotropika ini.

Daripada menghancurkan kehidupan dengan narkoba, ada segudang kegiatan positif yang dapat dicoba oleh remaja, contohnya seperti berolahraga, memasak, belajar programing, hingga bermain alat musik yang tentunya lebih meningkatkan skill untuk masa depan yang lebih cerah.

Sekian hal yang dapat saya sampaikan terkait bahaya narkoba, semoga kita semua bisa lebih aktif menyampaikan edukasi dan informasi tentang betapa buruknya pengaruh narkoba.

Sekali lagi terima kasih kepada teman-teman semua yang sudah hadir pada hari yang cerah ini.

Rekomendasi Buku Public Speaking

Agar pidato yang akan kamu sampaikan bisa berjalan dengan lancar, maka buku Public Speaking for Succsess yang ditulis oleh Dale Carnegie bisa dijadikan bahan pembelajaran yang tepat. Di sini kamu akan mempelajari unsur-unsur mendasar dalam mempersiapkan serta menyampaikan pidato.

Tidak hanya itu, kamu juga akan mempelajari cara mengembangkan informasi yang diperlukan, seni memikat audiens dalam beberapa menit pertama pembicaraan, cara meyakinkan audiens untuk menerima pesan yang disampaikan dan masih banyak lagi ilmu terkait public speaking yang tentunya akan sangat bermanfaat.

Buku ini merupakan paket lengkap yang akan memberikan segudang ilmu dan informasi tentang keahlian berbicara di depan khalayak ramai yang memang menjadi sebuah keharusan dalam menguasai salah satu soft skill paling krusial untuk menjalani kehidupan, baik bersosialisasi maupun masalah karier.

Yuk, jangan berpikir dua kali, langsung order saja bukunya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com