Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Prosedur Penelitian Kualitatif yang Baik dan Benar

Kompas.com - 05/12/2022, 12:30 WIB
prosedur penelitian kualitatif Sumber: pixabay prosedur penelitian kualitatif
Rujukan artikel ini:
Metode Penelitian Kualitatif Teori &…
Pengarang: Imam Gunawan
|
Editor Rahmad

Dalam melakukan suatu penelitian, seseorang harus memahami tentang cara melakukan penelitian dengan benar dan tepat, salah satunya penelitian kualitatif. Hal ini perlu dilakukan supaya nantinya langkah-langkah serta hasil yang didapatkan bisa sesuai dengan harapan. Bahkan, nantinya bisa berhasil memberikan hasil yang maksimal.

Dalam penelitian kualitatif, terdapat beberapa prosedur tahapan yang perlu untuk dilalui. Seperti yang sudah diketahui bahwa penelitian kualitatif meletakkan proses sebagai objek dalam serta mendapat kesimpulan yang sesuai.

Analisis data dalam penelitian kualitatif dimaknai dengan upaya untuk secara sistematis mencari serta mengintrogasi catatan dari hasil wawancara, observasi, supaya lebih bisa memahami kasus yang diteliti dan mampu menghasilkan suatu hasil yang baik.

Untuk bisa memperoleh pemahaman tersebut, maka analisis harus dilanjutkan dengan mencoba mencari berbagai makna yang ada.

Dalam prosedur penelitian kualitatif, terdapat empat fase dalam penelitian kualitatif. Analisis data dalam penelitian kualitatif dimulai dengan tahapan pengumpulan data, reduksi, serta klasifikasi data, penyajian, serta kesimpulan.

Analisis pada data kualitatif diintegrasikan ke dalam sebuah kegiatan yang disebut dengan pengumpulan data, reduksi data, lalu penyajian data, dan yang terakhir penarikan kesimpulan dari hasil penelitian. Jadi, berikut ini adalah uraian prosedur dalam penelitian kualitatif.

Prosedur Penelitian Kualitatif

1. Menentukan lokasi dan subjek penelitian

Pertama yang kamu lakukan adalah menentukan di mana kamu akan mengambil data penelitian yang kamu lakukan. Termasuk juga berapa lama kamu ingin melakukan penelitian dan fokus penelitiannya ingin seperti apa.

Ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan, mengingat jika terlalu lama atau terlalu banyak hal yang ingin digali, akan membuat penelitian kamu jadi membingungkan dan waktu yang dibutuhkan akan lebih panjang.

Untuk subjek penelitian, usahakan menjadi suatu fokus dalam penelitian. Subjek penelitian ini menjadi pemberi informasi yang diperlukan selama proses penelitian berlangsung.

Di tahapan ini, kamu juga perlu melakukan persiapan termasuk dalam proses pengurusan izin ke lokasi penelitian kualitatif serta survei lokasi. Survei lokasi berfungsi agar kamu sebagai peneliti bisa dengan mudah mengenal kondisi lokasi penelitian.

Di tahap ini, peneliti juga perlu untuk melakukan persiapan terhadap alat bantu tambahan seperti kamera, tape recorder, ataupun lembar wawancara.

2. Pengumpulan data

Prosedur pengumpulan data dalam penelitian kualitatif bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, yaitu dengan terjun langsung ke lapangan. Hal ini bisa dilakukan melalui observasi, kuesioner, wawancara secara mendalam dengan subjek survey, survey documenter, maupun diskusi kelompok yang terfokus.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Reduksi dan klasifikasi data

Langkah ini digunakan untuk menyaring data mentah. Peneliti memilih data yang paling relevan untuk digunakan dalam mendukung penelitian yang dilakukan. Data kualitatif bisa diperoleh melalui hasil wawancara serta observasi.

Maka dari itu, pengurutan ini perlu dilakukan untuk memudahkan dalam klasifikasi data. Jadi, data yang akan disaring, nantinya dikategorikan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, dalam sebuah survei, data dikategorikan berdasarkan kepada informan atau kategori lokasi survei dilakukan.

4. Tampilan data

Pada saat mereduksi dan mengklasifikasikan data, lalu berpindah ke tampilan data. Dalam fase proses ini, peneliti bisa merancang baris dan kolom matrik data kualitatif dan menentukan format data serta jenis data yang akan dimasukkan ke dalam metrik.

Misalnya saja, data yang akan ditampilkan dalam bentuk deskripsi, diagram alur, bagan, diagram, dan sebagainya. Peneliti dalam hal ini mengatur data supaya mudah untuk dibaca.

5. Penarikan kesimpulan

Setelah peneliti melalui 3 proses di atas, langkah terakhir yang dilakukan peneliti adalah menarik kesimpulan. Isi kesimpulan ini harus mencakup berbagai informasi yang relevan, yang ditemukan di dalam penelitian kualitatif.

Selain itu, gunakanlah bahasa yang mudah untuk dipahami oleh pembaca dalam menjelaskan kesimpulan. Hindari kalimat yang berbelit-belit, yang bisa membingungkan pembacanya.

Itulah prosedur dalam penelitian kualitatif yang harus kamu lakukan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penelitian kualitatif, kamu juga bisa membaca buku yang berjudul Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik.

Buku ini membahas mengenai paradigma serta prinsip implementasinya dalam penelitian, studi kasus. Selain itu, berbagai contoh permasalahan juga dibahas di dalam buku ini, sehingga pembaca bisa langsung menganalogikannya ke ilmu-ilmu lain.

Jadi, buku ini bisa menjadi sebagai buku panduan atau acuan dalam penelitian kualitatif, khususnya untuk para peneliti muda.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com