Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stop Insecure, Berikut 5 Cara Membahagiakan Diri Sendiri

Kompas.com - 29/11/2022, 13:00 WIB
Cara Membahagiakan Diri Sendiri Sumber Gambar: Freepik.com Cara Membahagiakan Diri Sendiri
Rujukan artikel ini:
Rumus Bahagia: Model Kebahagiaan yang…
Pengarang: Mo Gawdat
|
Editor Puteri

Cara membahagiakan diri sendiri memang harus segera dicari ketika hati dan perasaan mulai merasa sedih dan insecure akibat tekanan kehidupan yang membebani.

Tidak bisa disangkal, seiring bertambahnya usia, ekspektasi dan tuntutan pun semakin besar serta menjadi beban yang mampu menguras energi, baik fisik maupun mental.

Pasalnya, rasa bahagia adalah faktor paling penting untuk menjalani kehidupan agar terasa jauh lebih bermakna, sehingga kita bisa menikmati setiap momen yang ada secara sadar.

Semua aspek, mulai dari pekerjaan, keluarga, pertemanan, hingga asmara, rasanya tak akan lengkap jika tidak diiringi dengan perasaan bahagia.

Namun, untuk memperoleh kebahagiaan itu sendiri, kita harus mulai menyadari dan mengerti, bahwa menggantungkan kebahagiaan pada orang lain bukanlah cara yang tepat.

Kebahagiaan yang hakiki dan mendalam sudah sepatutnya kita cari dan ciptakan oleh diri sendiri agar tidak ada kekecewaan yang turut menyertai prosesnya.

Menggantungkan dan berharap mendapatkan kebahagiaan dari orang lain bukanlah cara yang tepat, karena pada dasarnya hanya diri sendirilah yang bisa diandalkan.

Hanya diri kita sendiri yang tahu akan perasaan dan harapan yang ingin kita rasakan, sehingga tidak bijak rasanya saat mengharapkan orang lain untuk memenuhi itu semua.

Lalu, bagaimana cara membahagiakan diri sendiri yang bisa kita lakukan? Berikut lima cara membahagiakan diri sendiri agar mampu berdamai dengan kehidupan.

5 Cara Membahagiakan Diri Sendiri

1. Selalu Bersyukur

Mungkin hal ini terdengar klise, tapi hal ini sangat manjur dan efektif untuk membuat perasaan menjadi jauh lebih bahagia jika dilakukan.

Mensyukuri setiap rezeki dan nikmat yang kita dapatkan akan menumbuhkan rasa nikmat yang mampu mendamaikan hati serta siap menghadapi realita kehidupan yang memang tak akan pernah lepas dari masalah.

Bersyukur akan memberikan penerimaan pada hal apa pun yang kita alami dan dapatkan, sehingga rasa sedih, kecewa, dan takut pun dapat dirangkul serta dikendalikan.

Membiasakan diri untuk menghitung setiap berkat yang diterima adalah cara yang paling efektif untuk selalu menghadirkan perasaan bahagia di dalam diri sendiri.

2. Mencoba Berdamai dengan Masa Lalu

Rasa sedih dan gundah gulana yang kita rasakan saat ini mungkin berasal dari kenangan atau luka yang pernah kita dapatkan di masa lalu.

Luka tersebut jika terus diingat dan dibiarkan justru malah menjadi biang keladi dari perasaan tertekan yang kita alami sekarang.

Agar bisa jauh lebih bahagia, maka cobalah untuk berdamai dan merawat luka batin yang tercipta di masa lalu itu dengan cara mulai menerima hal tersebut sebagai sebuah proses pendewasaan dalam kehidupan.

Mungkin rasanya tidak akan mudah, tapi jika berhasil melakukannya, kebahagiaan akan mampu kita ciptakan tanpa perlu tergantung pada orang lain.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Lakukan Quality Time untuk Diri Sendiri

Hal selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk membahagiakan diri sendiri ialah dengan melakukan quality time.

Meskipun hanya seorang diri, tapi ada banyak kegiatan yang dapat dipilih dan dilakukan untuk memberikan kebahagiaan, seperti menonton film di bioskop, membaca buku, jogging, berkebun, dan masih banyak lagi.

Menghabiskan waktu seorang diri dengan kegiatan yang kita sukai akan memberikan dampak menyenangkan yang mampu menciptakan kebahagiaan di dalam diri sendiri.

Tidak ada salahnya melakukan quality time untuk diri sendiri jika memang sudah merasa terlalu tertekan dengan kehidupan yang melelahkan.

4. Positive Thinking

Selalu berpikir positif merupakan langkah yang bisa diambil untuk membuat diri sendiri bahagia karena terdapat dampak yang luar biasa bagi pikiran dan emosi.

Pikiran yang selalu positif mampu menghindarkan kita pada perasaan cemas, khawatir, dan takut yang biasanya memicu perasaan tidak nyaman.

Sebelum hati dan pikiran kalut akan berbagai hal yang belum terjadi, alangkah lebih baik jika kita selalu berpikir positif untuk meredakan berbagai perasaan negatif di dalam diri.

Pikiran positif akan memberikan energi yang menciptakan perasaan bahagia pada diri kita sendiri.

5. Easy Going

Jangan jadikan kehidupan sebagai sebuah tantangan yang memberatkan hati dan pikiran karena justru hal inilah yang akan menjerumuskan kita pada lubang nestapa.

Cobalah untuk tetap easy going pada berbagai rintangan dalam kehidupan agar kita mampu menghadapi dan menyelesaikannya dengan kepala dingin.

Buat segala sesuatunya tetap ringan dan bukan menjadi beban, tapi merupakan bagian dari proses kehidupan.

Niscaya, jika kita mampu mengubah mindset seperti ini, kebahagiaan akan mampu kita ciptakan dalam diri sendiri.

Untuk melengkapi konsep kebahagiaan dalam kehidupan, kamu dapat mencoba membaca buku Rumus Bahagia: Model Kebahagiaan yang Hakiki yang ditulis oleh Mo Gawdat.

Sebagai mantan Chief Business Officer, Google [X], Mo Gawdat mencoba untuk menemukan model kebahagiaan yang hakiki dan lewat tragedi serta pengalaman yang dialaminya, ia menemukan jawabannya yang ditulis di buku ini.

Di sini Mi Gawdat memberikan solusi nyata untuk mampu mengendalikan pikiran yang menjadi kunci dalam menciptakan kebahagiaan yang hakiki dalam kehidupan yang fana ini.

Jika penasaran dengan bukunya, langsung order saja di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com