7 Daftar Keindahan Alam Indonesia Terbaik yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

Kompas.com - 24/11/2022, 16:00 WIB
Keindahan Alam Indonesia Sumber Gambar: Freepik.com Keindahan Alam Indonesia
Rujukan artikel ini:
Sukses Jadi Travel Blogger!
Pengarang: DEWI RIEKA
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang terkenal dengan keindahan dan kekayaan alamnya.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki bentang alam yang mempesona, mulai dari Aceh hingga Papua.

Dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1996 tentang Perairan Indonesia, jumlah pulau di Indonesia terhitung mencapai 17.508 pulau.

Tak hanya perairan seperti pantai dan laut, daratan Indonesia juga dipenuhi dengan keindahan yang tidak kalah mempesona mulai dari pegunungan, hutan, dan masih banyak lagi.

Berkat keindahan alamnya yang memikat, Indonesia berhasil menarik minat para wisatawan mancanegara untuk berkunjung dan berlibur setiap tahunnya.

Dari banyaknya destinasi wisata yang tersedia, berikut ini beberapa daftar keindahan alam Indonesia terbaik yang pastinya wajib dikunjungi saat liburan.

Daftar Keindahan Alam Indonesia Terbaik

1. Raja Ampat - Papua Barat

Keindahan Alam Indonesia Keindahan Alam Indonesia

Destinasi wisata alam yang sudah mendunia ini menyajikan gugusan pulau yang asri dengan hamparan laut biru yang jernih.

Raja Ampat sendiri terletak di Semenanjung Doberai atau lebih dikenal dengan istilah Semenanjung Kepala Burung (Bird’s Head Peninsula) di Provinsi Papua Barat.

Bagi penggemar panorama bawah laut, Raja Ampat juga menawarkan pengalaman menyelam dan snorkeling dengan peralatan lengkap yang bisa disewa oleh para pengunjung.

Untuk bisa mencapai tempat wisata yang satu ini, kamu harus menggunakan penerbangan domestik menuju Pulau Waisai kemudian melanjutkan perjalanan dengan kapal feri.

2. Pulau Weh - Sabang

Keindahan Alam Indonesia Keindahan Alam Indonesia

Pulau Weh kini menyandang status sebagai daerah paling barat di wilayah Indonesia.

Di pulau ini, kamu akan menemukan Tugu Nol Kilometer yang menjadi simbol awal perjalanan wisatawan di wilayah Indonesia.

Meski tidak terlalu besar, Pulau Weh menyimpan keindahan alam yang luar biasa, salah satunya ada di Pantai Iboih yang terkenal dengan air lautnya yang jernih dan hamparan pasir pantainya yang memikat.

Untuk mencapai pulau ini, para wisatawan harus berlayar dengan kapal feri selama 2 jam perjalanan.

3. Danau Toba - Sumatera Utara

Keindahan Alam Indonesia Keindahan Alam Indonesia

Berada sekitar 900 meter dari permukaan laut, Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata alam yang wajib kamu kunjungi saat liburan.

Danau terbesar di Indonesia ini terletak di wilayah Sumatera Utara dan tercipta dari ledakan gunung berapi yang terjadi beberapa ratus tahun yang lalu.

Tak hanya itu saja, kamu juga wajib berkunjung ke Pulau Samosir yang terletak di tengah danau Toba, disana kamu bisa mengeksplorasi sejarah dan kebudayaan masyarakat lokal yang menempati wilayah tersebut.

4. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru - Jawa Timur

Keindahan Alam Indonesia Keindahan Alam Indonesia

Tempat wisata ini merupakan kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki lautan pasir sepanjang 10 km, dimana ada 4 kerucut gunung berapi yang muncul.

Kerucut tersebut adalah Gunung Batok, Gunung Kursi, Gunung Watangan, dan Gunung Widodaren, sementara keseluruhan wilayah konservasinya lebih dikenal dengan nama Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Saat berkunjung ke tempat ini, kamu akan melihat hamparan savana yang luas dan semburan asap dari kawah yang menakjubkan.

5. Taman Nasional Bunaken - Sulawesi Utara

Keindahan Alam Indonesia Keindahan Alam Indonesia

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Salah satu bukti keindahan alam Indonesia lainnya bisa kamu temukan di Taman Nasional Bunaken yang terletak di Segitiga Terumbu Karang, Sulawesi Utara.

Di kawasan ini, ada sekitar 390+ spesies terumbu karang, berbagai jenis ikan, dan hewan laut yang hidup di dalamnya.

Maka tidak heran jika banyak wisatawan domestic dan mancanegara yang datang ke tempat wisata ini untuk menyaksikan habitat bawah laut dari jarak yang dekat.

Saking terkenalnya, Bunaken sering disebut sebagai salah satu destinasi wisata menyelam terbaik di Indonesia, terutama di area Bunaken Timur Mandolin dan Puncak Barakuda.

6. Wae Rebo - Nusa Tenggara Timur

Keindahan Alam Indonesia Keindahan Alam Indonesia

Berada di ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut, Desa Wae Rebo kerap dijuluki sebagai ‘Negeri di atas awan’.

Desa tradisional yang terletak di wilayah Manggarai, Nusa Tenggara Timur ini sudah mulai dikenal sejak beberapa tahun lalu, karena menyimpan pemandangan alam yang menyejukkan hati.

Tak hanya menawarkan keindahan alamnya, para pengunjung juga akan disambut oleh berbagai bangunan khas Wae Rebo yang megang dengan pegunungan yang tinggi sebagai latar belakangnya.

Memiliki nilai budaya dan sejarah yang sangat panjang, Desa Wae Rebo telah dinobatkan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada 2012 silam.

7. Banda Neira - Maluku Tengah

Keindahan Alam Indonesia Keindahan Alam Indonesia

Sejak dulu, wilayah timur Indonesia sudah terkenal dengan pesona alamnya yang menakjubkan, salah satunya bisa kamu temukan di Banda Neira, pulau yang terletak di Maluku Tengah.

Pulau kecil ini berhasil menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit wisatawan domestik dan mancanegara karena panorama alamnya yang indah.

Selain keindahan alamnya, Banda Neira juga menyimpan sejarah yang panjang karena tempat ini pernah menjadi pusat perdagangan di masa Kolonial Belanda.

Tak hanya itu saja, para pengunjung juga bisa menemukan sisa-sisa peninggalan Belanda di tengah indahnya alam pulau ini.

Nah, itu dia beberapa destinasi alam Indonesia yang sudah mendunia dan wajib kamu kunjungi saat liburan.

Di tengah padatnya aktivitas, travelling tentunya menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk melepas penat.

Buat kamu yang hobi travelling dan ingin mendapatkan uang dari hobi tersebut, kamu bisa coba untuk menjadi seorang travel blogger.

Setelah pergi travelling, kamu bisa menceritakan berbagai pengalaman liburanmu sehingga banyak orang tertarik untuk mendatangi destinasi wisata yang kamu kunjungi.

Semakin banyak orang yang mengunjungi blogger dan membaca tulisanmu, maka akan semakin bertambah juga pemasukan yang kamu dapatkan.

Sebagai awalan, kamu bisa coba membaca buku Sukses Jadi Travel Blogger yang ditulis oleh Dewi Rieka.

Buku ini bisa menjadi buku panduan untuk orang-orang yang ingin menjadi seorang travel blogger.

Dalam buku ini, kamu akan mempelajari berbagai tips untuk menjadi travel blogger yang sukses dan bagaimana cara menarik minat para pembaca untuk membaca hasil tulisanmu.

Melalui buku ini, kamu akan dituntun untuk mendapatkan kesuksesan dari hobi yang selama ini kamu tekuni.

Buku ini bisa kamu beli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.