Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Street Food Indonesia Terpopuler yang Disukai Banyak Orang

Kompas.com - 16/11/2022, 12:30 WIB
Street Food Indonesia Photo by travelphotographer on Pixabay Street Food Indonesia
Rujukan artikel ini:
550 Pesona Kuliner Nusantara Pendamping…
Pengarang: DPP PDIP dan Hj.…
|
Editor Rahmad

Indonesia memiliki banyak makanan khas, termasuk jajanannya yang terkenal dan bisa kita temukan dengan di pinggir jalan. Street food Indonesia ini bahkan tidak lengkang zaman dan usia karena tua muda gemar makan jajanan ini.

Street food Indonesia ini bisa kita temukan dari beragam kuliner, mulai dari cemilan sampai makanan berat. Termasuk dari cita rasa manis, asin, dan sebagainya. Masing-masing kuliner tersebut memiliki asal-usul yang khas dan cita rasa yang unik pula.

Daftar Street Food Indonesia Terpopuler

Berikut ini daftar street food Indonesia yang populer dan banyak disukai orang karena cita rasanya yang enak:

1. Gorengan

gorengan gorengan

Siapa sih yang tidak suka gorengan? Jajanan ini digemari dari berbagai kalangan dan kita bisa dengan mudah menemukannya di pinggir jalan atau gerai-gerai makanan. Ada aneka gorengan yang biasanya dijual.

Mulai dari gorengan tempe, tahu, pisang, bakwan, dan sebagainya. Apa gorengan favoritmu? Jajanan gorengan ini tidak hanya ada yang asin, tetapi ada juga yang manis. Itulah sebabnya makanan ini banyak digemari orang.

2. Martabak

martabak martabak

Martabak adalah salah satu street food Indonesia yang sudah populer dan melekat dihati masyarakat. Ada banyak varian martabak yang bisa dicoba. Mulai dari martabak telor, martabak manis dengan adegan toping, sampai martabak mini yang lebih minimalis.

3. Seblak

seblak seblak

Bagi para pecinta pedas, asin, gurih, seblak adalah kuliner yang cocok untuk dicoba. Kuliner khas jawa barat ini berisi banyak toping, seperti ceker, makaroni, sayuran, dan sebagainya. Namun, khasnya adalah kerupuk basah yang kenyal.

Cara membuat seblak bisa berbeda-beda sesuai penjual. Hal ini karena ada yang jual seblak kuah atau tanpa kuah dengan berbagai variasinya.

4. Batagor

batagor batagor

Batagor atau singkatan dari bakso tahu goreng ini juga masuk daftar street food Indonesia yang disukai banyak orang. Bumbu kacangnya yang medhok tidak akan gagal menggugah selera. Paduan cita rasa manis, asin, gurih, menyatu dalam jajanan ini. Bahkan, kita juga mudah menemukannya.

5. Jajan Per-acian (Cilok, Cireng, Cimol)

jajan per-acian jajan per-acian

Kita pasti sudah tidak asing dengan jajan per-acian ini seperti cilok, cireng, cimol yang bisa dengan mudah kita temukan. Aneka makanan dari aci ini cocok dengan saus kacang atau saus sambal. Selain harganya yang murah, jajanan ini juga memang enak dan recommended untuk dicoba.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

6. Sate

sate sate

Sate adalah salah satu kuliner Indonesia yang populer bahkan hingga mancanegara. Di Indonesia sendiri ada banyak variasi sajian sate, termasuk dari jenis dagingnya, seperti sate ayam, sate kambing, sapi, dan sebagainya. Bahkan, kuliner yang satu ini juga khas dengan masakan daerah.

Seperti sate madura atau sate lilit yang terkenal dari Bali. Daging yang dibakar ini memang sayang untuk dilewatkan. Selain itu, kita pasti mudah menemukan kuliner yang satu ini di daerah mana saja.

7. Nasi Goreng

nasi goreng nasi goreng

Nasi goreng tentu tidak boleh ketinggalan masuk daftar street food Indonesia. Bahkan, nasi goreng juga terkenal di beberapa negara dan sudah jadi makanan khas Indonesia. Kita bahkan juga bisa dengan mudah menemukannya. Nasi yang digoreng ini biasa disajikan dengan toping telur atau ayam atau bisa juga dikasih topping sesuai selera kamu.

8. Mie Ayam

mie ayam mie ayam

Datang dari kuliner mie, Mie Ayam adalah street food yang sayang untuk dilewatkan. Cita rasa khas dari ayam kecap dan mienya yang lezat memang susah untuk ditolak. Kamu mungkin akan banyak menemukan mie ayam dengan tambahan topping kerupuk pangsit yang kriuk dan menambah kelezatan.

9. Bakso

bakso bakso

Bakso adalah kuliner khas Indonesia yang sudah tidak perlu diragukan lagi kepopulerannya. Bola daging yang disantap dengan kuah kaldu dan mie ini sangat mudah kita temukan dengan harga yang relatif terjangkau.

10. Jajanan Pasar

jajanan pasar jajanan pasar

Jajanan pasar biasanya terdiri dari camilan atau kue-kue tradisional yang dijual secara bersamaan. Contoh isi jajanan pasar adalah kue lapis, lumpia, kukis, cucur, candil, dan sebagainya. Ini jadi street food yang lengkap, karena kamu bisa temukan yang asin dan manis disini.

Buku 550 Pesona Kuliner Nusantara Pendamping Beras yang ditulis Wiryanti Sukabumi dkk bisa kamu jadikan referensi untuk mengenal lebih banyak kuliner nusantara, termasuk street food Indonesia yang populer.

Buku ini kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com