Suka Mengonsumsi Minuman Herbal? Ini 7 Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Para Wanita

Kompas.com - 23/11/2022, 10:00 WIB
Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Wanita Sumber Gambar: Freepik.com Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Wanita
Rujukan artikel ini:
Gaya Hidup Anti Virus Resep…
Pengarang: Rita Ramayulis
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Jamu adalah jenis minuman herbal yang sudah lama dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, dan dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Ada banyak sekali ragam jenis jamu tradisional yang populer di masyarakat, misalnya jamu kunyit asam, jamu temulawak, jamu pahitan, jamu beras kencur, dan masih banyak lagi.

Sama seperti namanya, jamu beras kencur tentunya terbuat dari beras dan rimpang kencur yang dihaluskan secara bersamaan.

Setelah bahan utamanya dihaluskan, tambahkan juga beberapa bahan lain seperti air asam jawa, kunyit, gula pasir, gula jawa, dan air, kemudian rebus sampai mendidih dan lakukan proses penyaringan sebelum dikonsumsi.

Meski terkesan pahit, jamu beras kencur ini ternyata memiliki rasa yang manis dan segar apalagi jika ditambahkan dengan es batu.

Tak hanya masalah kesehatan biasa, jamu beras kencur ini juga bisa memberikan efek yang baik terutama untuk para wanita.

Berikut adalah beberapa manfaat jamu beras kencur khusus untuk para wanita.

Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Wanita

1. Memperlancar ASI

Rutin meminum jamu beras kencur sangat dianjurkan bagi para wanita yang baru melahirkan karena bisa membantu memperlancar ASI.

Pemberian ASI yang maksimal dan eksklusif pada dasarnya akan sangat berdampak positif bagi tumbuh kembang si bayi.

Tak hanya pasca melahirkan, jamu beras kencur juga sangat bermanfaat bagi kesehatan para ibu hamil.

2. Menyembuhkan Luka Pasca Persalinan

Selain memperlancar ASI, jamu beras kencur juga bisa membantu menyembuhkan luka dan mengecilkan rahim pasca melahirkan.

Pernyataan ini didasari pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Gajah Mada tahun 2019, yang menyatakan kalau jamu beras kencur terbukti ampuh untuk mempercepat proses penyembuhan luka robek setelah persalinan.

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Bagi para wanita, jerawat seringkali menjadi masalah yang mengganggu penampilan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Selain merawat kulit dari luar dengan menggunakan skincare, kamu juga harus melakukan perawatan dari dalam, salah satunya dengan rutin meminum jamu.

Jamu beras kencur diketahui mengandung senyawa etil parametoksisinamat (EPMS) yang berfungsi sebagai anti jamur dan anti bakteri, yang ternyata juga mampu melindungi kulit dari sengatan sinar ultraviolet di siang hari.

4. Baik untuk Kesuburan

Bagi para wanita, jamur beras kencur ternyata bisa membantu menyuburkan rahim, terutama bagi kamu yang pernah mengalami keguguran.

Kamu bisa mencampurkan jamu beras kencur tersebut dengan daun sirih dan bawang putih untuk khasiat yang lebih baik.

Tak hanya itu, jamu beras kencur juga sangat berkhasiat untuk memperlancar siklus menstruasi jika dikonsumsi secara teratur.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Mengatasi Stres

Menurut penelitian dari Universitas Jahangirnagar Bangladesh, jamu beras kencur juga memiliki sifat anti depresan.

Sifat antidepresan ini mampu memberikan efek sedatif yang bisa menenangkan sistem saraf di dalam tubuh dan otak manusia.

Mengonsumsi jamu beras kencur secara rutin bisa membantu mengatasi stres, kecemasan, dan rasa gelisah yang berlebihan.

6. Mengontrol Berat Badan

Selain masalah jerawat, kelebihan berat badan juga bisa menjadi masalah yang serius dan seringkali mempengaruhi penampilan.

Tapi jangan khawatir karena kandungan yang ada pada jamu beras kencur ternyata bisa membantu mengontrol dan menurunkan berat badan yang sedikit berlebihan.

Selain rutin mengonsumsi jamu beras kencur, kamu juga harus mengimbanginya dengan melakukan olahraga secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

7. Menyembuhkan Kram Perut

Saat mengalami sakit perut yang tidak tertahankan, jamu beras kencur bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasinya.

Kencur termasuk bahan alami yang mengandung serat, dan bisa membantu masalah pencernaan seperti diare atau kram pada perut akibat maag.

Tak hanya itu saja, mengonsumsi jamu beras kencur juga bisa mengatasi masalah kram perut menjelang menstruasi bagi para wanita.

Itulah 7 manfaat jamu beras kencur untuk kesehatan dan kecantikan para wanita.

Selain jamu beras kencur, masih ada banyak jenis minuman menyehatkan lain yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah jus aneka buah.

Mengonsumsi jus bisa membantu menurunkan dan menjaga berat badan tetap ideal, sekaligus bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Perkembangan virus dan berbagai macam bakteri saat ini tidak bisa diprediksi, jadi usahakan untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Buku Gaya Hidup Anti Virus Resep Jus, Smoothie & Minuman Rempah karya Rita Ramayulis bisa memberikanmu berbagai rekomendasi resep jus dan smoothies yang sehat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Terdiri dari 4 bab, buku ini akan mengenalkan beberapa sistem kekebalan dalam tubuh manusia dan berbagai jenis olahan minuman yang bisa menjauhkan tubuh dari penyakit maupun virus.

Buku ini bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com dan versi e-booknya melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.