Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Makanan Khas Sunda Terpopuler, Mana Favoritmu?

Kompas.com - 16/11/2022, 13:30 WIB
Makanan Khas Sunda Photo by faizdila on Pixabay Makanan Khas Sunda
Rujukan artikel ini:
Kuliner Populer Khas Sunda
Pengarang: Lia Djoen Krisdianto
|
Editor Rahmad

Apakah kamu salah satu penggemar kuliner Sunda? Jawa Barat memang surganya kuliner, termasuk makanan khas Sunda yang banyak populer di daerah lain. Kita pasti dengan mudah menemukan makanan daerah yang mungkin sudah banyak divariasi sesuai daerah tertentu.

Namun, makanan khas tersebut tetap memiliki ciri khas yang unik, mulai dari cita rasanya, bahannya, sampai cara penyajiannya. Ada banyak masakan khas Sunda yang lezat dan sayang untuk dilewatkan, terutama jika kamu sedang di daerah Sunda.

Makanan Khas Sunda Terpopuler

Berikut ini makanan khas Sunda terpopuler yang mudah ditemukan dan disukai banyak orang:

1. Nasi Liwet

nasi liwet nasi liwet

Orang Sunda yang terkenal gemar berkumpul untuk menyantap makanan menggambarkan nasi liwet yang komplit dengan lauk-pauknya yang beragam dan banyak. Seperti ayam, tahu, tempe, lalapan, sambal, ikan asin, dan sebagainya.

Berbeda dengan nasi biasanya, nasi liwet dimasak dengan bawang merah, bawang putih, salam, lengkuas, sereh, garam, dan santan. Itulah sebabnya, rasanya semakin gurih dan aromanya sangat menggugah selera.

2. Karedok

karedok karedok

Secara tampilan, makanan khas Sunda ini hampir serupa dengan lotek atau gado-gado. Ada perbedaan di antara keduanya karena karedok menggunakan sayuran mentah seperti ketimun, tauge, kacang panjang, kol, terong, dan kemangi.

Siraman saus kacangnya diberi kencur, terasi bakar, dan asam jawa. Teksturnya yang renyah dan segar membuat makanan rendah kalori ini jadi kuliner enak dan sehat.

3. Tahu Gejrot

tahu gejrot tahu gejrot

Salah satu makanan khas dari Cirebon, tahu gejrot memiliki cita rasa yang manis, asin, gurih, pedas, dan juga asam. Jenis tahu yang digunakan adalah tahu pong dan dengan sausnya terbuat asam gula jawanya diulek dengan bawang merah dan cabai.

4. Sate Maranggi

sate maranggi sate maranggi

Sate maranggi adalah makanan khas Purwakarta yang berbeda dengan sate pada umumnya. Jika sate pada umumnya disiram dengan saus kacang, tapi sate maranggi hanya diberi siraman kecap dan acar tomat dan cabai. Meskipun sederhana, namun rasanya sangat lezatnya.

5. Seblak

seblak seblak

Seblak adalah makanan khas Sunda bercita rasa pedas yang populer dan banyak disukai orang. Ada banyak variasi topping yang bisa disesuaikan dengan selera. Bahkan, cara membuat seblak ini bisa dibilang mudah, sehingga bisa kamu coba di rumah.

Topping yang bisa kamu pilih, seperti ceker, makaroni, dumpling, bakso, sosis, dan sebagainya. Namun, bahan utamanya adalah kerupung yang direbus dengan bumbu kencur pedas yang khas.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

6. Empal Gentong

empal gentong empal gentong

Empal adalah kuliner khas Cirebon yang berbeda dengan empal lainnya. Proses pemasakan dagingnya menggunakan kayu bakar dan menggunakan gentong agar dagingnya harum dan empuk.

Bahan utamanya adalah daging, usus, dan babat sapi. yang dipotong-potong lalu disiram dengan kuah kuning kental dari santan. Biasanya, empal gentong disajikan bersamaan dengan lontong dan emping.

7. Peuyeum

peuyeum peuyeum

Peuyeum berasal dari istilah bahasa Sunda untuk proses fermentasi. Ada dua jenis peuyeum, yakni singkong dan ketan. Peuyeum singkong bisa kamu temukan dengan mudah di daerah Bandung, Puncak dan Purwakarta, sedangkan peuyeum ketan bisa ditemukan di daerah Kuningan.

Cita rasa peuyeum manis dengan semburat masam yang unik dan menyegarkan. Legitnya singkong atau tape memang khas, sehingga banyak dijadikan oleh-oleh khas Bandung.

8. Gemblong

gemblong gemblong

Gemblong adalah kuliner dari beras ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan gula merah di bagian luarnya. Camilan khas Sunda ini memiliki cita rasa manis, legit dan gurih. Gemblong ini mudah ditemukan di pasar tradisional atau penjual jajanan pasar.

9. Rengginang

rengginang rengginang

Rengginang atau Rengginang adalah camilan kerupuk yang terbuat dari beras ketan yang dikukus, dicetak, dijemur, lalu digoreng hingga mengembang dan garing. Terkenal dengan makanan tradisional, kamu mungkin sudah tidak asing dengan camilan gurih ini.

10. Dodol Garut

dodol garut dodol garut

Dodol Garut adalah camilan manis khas Garut yang sudah populer jadi oleh-oleh. Terbuat dari tepung ketan, gula, santan, kelapa yang dimasak hingga mengental, dodol ini jadi cemilan yang legit dan bertekstur kenyal. Ada banyak variasi, seperti rasa wijen, coklat, stroberi, pandan, dll.

Buku Kuliner Populer Khas Sunda yang ditulis Lia Djoen Krisdianto bisa kamu jadikan referensi mengenal makanan khas Sunda beserta resepnya. Masakan Sunda memang terkenal dengan kelezatannya, sehingga banyak yang menggemarinya.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com