Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 4 Contoh Interaksi Antar Individu Dalam Masyarakat

Kompas.com - 09/11/2022, 08:30 WIB
contoh interaksi sosial antar individu Sumber:pixabay/gerait contoh interaksi sosial antar individu
Rujukan artikel ini:
Proses Sosial & Interaksi Sosial…
Pengarang: Sudjarwo
|
Editor Rahmad

Interaksi sosial menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sosial manusia. Dari adanya interaksi antar individu, individu dan kelompok, dan antar kelompok, maka akan tumbuh adanya kerja sama, saling membutuhkan, serta saling pengertian yang dapat mewujudkan kehidupan bersama yang dinamis.

Lalu, seperti apa contoh interaksi antar individu? Sebelum itu, kita ketahui terlebih dahulu tentang interaksi.

Interaksi merupakan kegiatan yang sudah pasti dilakukan oleh setiap makhluk hidup terutama manusia. Setiap harinya, jutaan manusia melakukan interaksi antar individu lainnya.

Mereka saling bertemu serta menentukan sistem dari bentuk-bentuk hubungan yang dipakai. Secara umum, interaksi antar individu bisa terjadi juga individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Interaksi antar individu dan individu ini bisa bersifat positif maupun negatif.

Hubungan interaksi antar individu bisa menjadi positif dalam arti saling menguntungkan, sedangkan bisa menjadi negatif berarti dapat merugikan satu pihak atau bisa juga merugikan keduanya (saling bermusuhan).

Bagaimana interaksi tersebut dapat terjadi? Berikut penjelasannya melalui contoh interaksi antar individu. Simak penjelasannya berikut ini.

Contoh Interaksi Antar Individu

contoh interaksi sosial antar individu contoh interaksi sosial antar individu

Interaksi antar individu adalah bentuk interaksi yang paling mudah terjadi. Di setiap hari, semua orang tentu akan mengalami interaksi sosial. Jadi, berikut ini adalah beberapa contoh interaksi antar individu yang biasanya terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

1. Saling menyapa

Contoh interaksi antar individu yang pertama ini adalah saling menyapa. Meskipun terlihat seperti sangat singkat, tetapi dengan saling menyapa menjadi salah satu contoh interaksi sosial antar individu.

Misalnya saja, seperti seorang teman sekolah yang tidak satu kelas. Mereka saling bertemu di halaman depan kelas dan hendak menuju kantin sekolah. Saat kedua teman ini saling menyapa, maka interaksi antar individu ini sudah terjadi. Meskipun tidak ada kelanjutan dari saling menyapa tersebut, tetapi itu tetap ada interaksi antar individu yang tercipta di dalamnya.

2. Berjabat tangan

Berjabat tangan juga menjadi salah satu contoh interaksi antar individu. Interaksi sosial ini juga sering kali tidak disadari oleh kebanyakan orang. Sebab, terkadang seseorang hanya berjabat tangan tanpa adanya saling menyampaikan sepatah kata saja kepada orang yang ditemuinya.

Misalnya, ada seorang guru yang biasanya menunggu dan menyambut muridnya di gerbang sekolah di pagi hari. Biasanya, guru tersebut hanya berdiri dan menyambut murid yang datang hanya berjabat tangan atau bersalaman.

Pada contoh interaksi antar individu ini, berjabat tangan dilakukan dengan istilah “salim” atau “menyalami.” Meskipun tidak adanya obrolan di antara guru dan si murid, tetapi interaksi antar individu ini sudah terjadi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Seorang murid yang datang untuk melakukan jabat tangan dengan guru tersebut, lalu guru tersebut merespon dan berjabat tangan dengan murid itu. Lalu, hal tersebut sudah cukup untuk disebut sebagai contoh interaksi antar individu.

3. Berbincang-bincang

Berbincang-bincang juga menjadi salah satu contoh interaksi antar individu. Berbincang-bincang mungkin menjadi contoh interaksi antar individu yang disadari oleh banyak orang. Sebab, saat berbincang-bincang terdapat interaksi yang sangat nyata. Terdapat komunikasi yang terjalin di dalamnya.

Kegiatan berbincang-bincang ini dapat disebut dengan interaksi sosial karena adanya timbal balik antar sesama pelaku dalam komunikasi tersebut.

Misalnya saja, terdapat dua orang teman yang saling berbincang di depan sekolah. Mereka saling berbicara dan saling memberikan suatu respon dari berbagai perbincangan yang mereka bangun. Itulah contoh interaksi antar individu dalam berbincang-bincang.

4. Berkelahi

Berkelahi juga termasuk contoh interaksi antar individu, lho. Kegiatan yang mengarah kepada hal negative ini sering tidak diketahui atau tidak disadari bahwa ini termasuk juga ke dalam contoh interaksi antar individu.

Saat dua orang saling berkelahi, mereka dikatakan melakukan interaksi. Sebab, mereka saling melakukan suatu timbal balik. Saat orang pertama memukul, maka orang kedua memberikan sebuah respon.

Respon tersebut bisa berupa sebuah tangkisan atau suatu penghindaran. Namun, bisa juga bentuk perlawanan balik, sehingga orang yang satu memukul balik lawannya.

Itulah penjelasan tentang contoh interaksi antar individu yang dapat kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memahami lebih dalam mengenai interaksi sosial, kamu bisa mempelajarinya melalui buku Proses Sosial & Interaksi Sosial Dalam Pendidikan.

Buku ini mencoba melakukan sebuah eksplorasi yang berkaitan dengan perjalanan proses sosial melalui interaksi sosial manusia, khususnya pada koridor pendidikan. Untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh, maka wawasan kita dibuka dengan banyaknya teori, supaya tidak tersesat dalam memahaminya.

Buku ini juga mencoba untuk mengaitkan dengan persoalan kekinian yang terjadi dalam dunia pendidikan sebagai suatu wahana interaksi sosial bagi pelaku pendidikan. Dengan membaca buku ini, paling tidak menjadi sebuah awalan pintu masuk untuk memahami manusia dengan segala dimensinya.

Buku ini bisa kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com