Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Nama-Nama Bunga di Dunia Beserta Artinya yang Istimewa

Kompas.com - 06/01/2023, 16:00 WIB
Nama-Nama Bunga Sumber Gambar: Freepik.com Nama-Nama Bunga
Rujukan artikel ini:
Aku Senang Ada: Pohon dan…
Pengarang: Tracey Turner
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Di berbagai belahan dunia, terdapat ribuan jenis bunga dengan beragam bentuk dan nama.

Dengan keindahannya, bunga menjadi salah satu jenis tumbuhan yang digandrungi dan disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan.

Maka tidak heran kalau sampai hari ini masih banyak sekali orang yang hobi mengoleksi berbagai macam bunga di rumahnya sendiri.

Dari berbagai jenis bunga yang telah ditemukan di dunia, beberapa diantaranya memiliki nama yang estetik dan makna yang tidak kalah istimewa.

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui arti dari nama-nama bunga tersebut.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa simak penjelasan mengenai nama-nama bunga beserta artinya berikut ini.

Nama-Nama Bunga Beserta Artinya

1. Akasia

Nama-Nama Bunga Nama-Nama Bunga

Akasia atau Acacia merupakan salah satu tanaman pohon berjenis semak-semak yang berasal dari Afrika, tapi kini sudah banyak ditemukan di Filipina dan Indonesia.

Akasia termasuk jenis bunga yang populer karena mudah sekali tumbuh dan cara perawatannya pun tidak sulit, tumbuhan ini juga mudah dikenali dari bunganya yang berwarna kuning mencolok.

Bunga akasia kini banyak digunakan untuk melambangkan cinta yang terpendam, bahkan tak jarang, banyak sekali orang yang memanfaatkan akasia untuk mengungkapkan isi hatinya pada seseorang.

2. Alamanda

Nama-Nama Bunga Nama-Nama Bunga

Bunga alamanda biasanya lebih dikenal dengan nama bunga lonceng kuning, bunga terompet emas, atau buttercup.

Bunga ini terkenal memiliki warna-warna yang cerah seperti kuning, merah, jingga, dan ungu.

Bunga alamanda banyak dikaitkan dengan kebahagiaan, persahabatan, dan nostalgia, bunga ini cocok dijadikan sebagai bunga dekorasi saat acara reuni untuk mengingat kenangan indah di masa lalu.

3. Amaranthus

Nama-Nama Bunga Nama-Nama Bunga

Jenis bunga yang satu ini mungkin agak sedikit kurang familiar di telinga.

Tanaman amaranthus masih memiliki hubungan dengan dengan bayam, bunganya memiliki warna merah, kuning, atau hijau mencolok dengan bentuk yang menjuntai panjang ke bawah.

Bunga ini biasanya tumbuh secara liar di pekarangan atau di lahan kosong, dan memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin B6, B9, kalsium, dan kalium yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan manusia.

4. Amaryllis

Nama-Nama Bunga Nama-Nama Bunga

Amaryllis termasuk jenis bunga yang populer karena memiliki warna yang sangat cantik saat mekar, biasanya berwarna merah, ungu, jingga, atau merah muda.

Orang-orang Yunani zaman dulu sering mengartikan kata ‘Amarillis’ sebagai ‘kemegahan’ atau ‘kilauan’, bahkan juga sering disebut dengan kecantikan (biasanya digunakan untuk memuji para wanita).

Tapi dibalik nama dan maknanya yang indah, Amaryllis juga sering dikaitkan dengan legenda kisah cinta Peri Amaryllis yang jatuh hati pada seorang penggembala tampan bernama Alteo.

Sayangnya, cinta Peri Amaryllis bertepuk sebelah tangan, ia justru harus melakukan berbagai macam cara untuk membuat Alteo jatuh hati padanya.

5. Alstroemeria

Nama-Nama Bunga Nama-Nama Bunga

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Alstroemeria dikenal dengan nama Peruvian lily, jenis tanaman berbunga satu ini memiliki lebih dari 50 spesies dengan warna yang beragam.

Alstroemeria awalnya berasal dari Amerika Selatan dan ditemukan oleh seorang penjelajah Swedia bernama Baron Von Alstroemer pada sekitar abad ke-18.

Enam kelopak bunga Alstroemeria sendiri memiliki makna yang beragam yakni kesabaran, komitmen, empati, dan rasa hormat.

Memberikan bunga ini pada seseorang bisa menjadi simbol kalau kamu respect dan memberikan dukungan pada orang tersebut.

6. Bunga Bougenville

Nama-Nama Bunga Nama-Nama Bunga

Bunga Bougenville atau bunga kertas merupakan salah satu jenis bunga yang cukup populer di Indonesia.

Dengan warna bunga yang cerah dan perawatan yang mudah, Bougenville bisa dijadikan sebagai tanaman hias untuk menghidupkan suasana rumah.

Bunga ini sangat tipis sehingga cocok disebut sebagai bunga kertas, Bougenville biasanya akan menggugurkan daun-daunnya saat sudah waktunya berbunga.

Bicara soal maknanya, Bougenville dinilai memiliki 2 makna yang saling bertolak belakang.

Menurut pemikiran orang Jawa, bunga ini dinilai memiliki sifat satrio wirang yang bisa mendatangkan dampak buruk bagi si pemilik, sedangkan menurut feng shui, bunga ini dipercaya bisa memberikan keberkahan dan menjauhkan hal-hal yang buruk untuk si pemilik.

7. Anemone

Nama-Nama Bunga Nama-Nama Bunga

Bunga Anemone atau wind flowers termasuk jenis bunga yang populer di daratan Eropa karena berkaitan dengan kisah mitologi dewa dewi Yunani.

Berdasarkan kisahnya, wind flowers awalnya berasal dari air mata dewi asmara yang bernama Aphrodite.

Kala itu Dewi Aphrodite tengah menangisi kematian kekasihnya (Adonis), dan dari air matanya, tumbuhlah Anemone atau bunga angin.

Dari kisah tersebut, banyak orang yang mengartikan Anemone sebagai bunga keberuntungan dan bunga perlindungan dari berbagai kejahatan.

Itulah beberapa daftar nama-nama bunga yang ada di dunia beserta maknanya yang terasa istimewa.

Selain ke-7 bunga tersebut, masih ada banyak jenis bunga-bungaan lain yang tidak kalah cantik dan menarik untuk diketahui sejarah dan maknanya.

Salah satu buku yang membahas mengenai tumbuhan dan bunga-bungaan adalah buku Aku Senang Ada Pohon dan Tumbuhan karya Tracey Turner.

Buku ini akan menjelaskan berbagai macam jenis tumbuhan yang populer da hidup di berbagai belahan dunia.

Buku ini juga akan memberikan beberapa informasi menarik mengenai cara merawat tumbuhan di berbagai iklim, tumbuhan dan pepohonan tertinggi di dunia, cara tumbuhan menyimpan air di cuaca yang kering, dan masih banyak lagi.

Buku ini cocok dibaca untuk anak-anak dan orang dewasa yang ingin tahu lebih banyak mengenai dunia flora yang ternyata menyimpan banyak keindahan.

Buku Aku Senang Ada Pohon dan Tumbuhan bisa kamu dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com