Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 6 Cara Monetisasi TikTok untuk Menghasilkan Uang Melalui Media Sosial!

Kompas.com - 24/10/2022, 17:30 WIB
Cara Monetisasi Tiktok Photo by antonbe on Pixabay Cara Monetisasi Tiktok
Rujukan artikel ini:
Rahasia Berbisnis Ala Sosial Media
Pengarang: Feri Sulianta
|
Editor Rahmad

TikTok saat ini jadi media sosial yang sangat populer di berbagai kalangan. Keberadaannya bahkan sudah mampu bersaing dengan media sosial lain seperti Instagram, Twitter dan Facebook.

Orang-orang sekarang mulai menggunakan TikTok sebagai cara untuk hiburan dan mempromosikan. Lembaga riset digital Insider Intelligence memprediksi bahwa TikTok akan menjadi platform media sosial terbesar ketiga di dunia.

Itu membayangi kekuatan Instagram dan Facebook. Badan tersebut mengatakan TikTok akan memiliki 755 juta pengguna aktif pada tahun 2022.

Angka ini merupakan hasil perhitungan tingkat pertumbuhan Tiktok 2020 yang mencapai 59,8% pada tahun 2020 dan 40,8% pada tahun 2021. Angka-angka ini menunjukkan bahwa TikTok sekarang memiliki lebih banyak penggemar.

Jika kamu seorang pengguna aplikasi media sosial ini, mengapa tidak mencoba cara monetisasi TikTok dan menghasilkan uang?

Monetisasi adalah ketika pembuat konten memposting konten di blog, YouTube, Facebook, Twitter, Instagram, dan sekarang media sosial seperti Tiktok.

Ini adalah cara menghasilkan uang dari Tiktok yang potensial. Baik sebagai pengguna pribadi atau khusus sebagai media promosi bisnis online kamu.

Cara Monetisasi TikTok

Jika kamu berhasil menyelesaikan 3 cara ini, maka kamu memiliki peluang bagus untuk memonetisasi konten TikTok. Kamu dapat melakukannya dengan berbagai cara monetisasi Tiktok secara konsisten.

Metode ini ditawarkan oleh situs web Tik Tok untuk memonetisasi aplikasi. Selain itu, mengutip Forbes, Alessandro Bugliari, CEO The Influencer Marketing Factory, juga menawarkan cara monetisasi TikTok seperti berikut ini:

1. Siaran Langsung atau Live Streaming di TikTok

Hasilkan uang dengan streaming langsung di akun TikTok kamu. Prasyaratnya adalah kamu sudah memiliki setidaknya 1.000 pengikut dari mana kamu dapat memonetisasi konten Tiktok. Pengikut dapat memberi koin atau gift untuk pembuat konten video langsung.

Sebagai pembuat konten TikTok, kamu akan menerima donasi yang dapat ditukarkan dengan uang sungguhan. Bagaimana cara membuat lebih banyak orang menonton streaming langsung?

Tayangkan di waktu yang tepat, poskan video saat streaming langsung, gunakan tagar dan koneksi cepat.

2. Kolaborasi dengan Brand

Konsep kolaborasi tentu sudah tidak asing lagi dan sering kali ada di platform media sosial lain seperti Instagram, Twitter, atau YouTube. Istilah umum dari kolaborasi dengan brand adalah endorsement.

Kamu bisa melakukan cara monetisasi TikTok dengan mempromosikan, memberi peringkat, atau merekomendasikan produk dan merek tertentu di akun kamu. Semakin banyak pengikut yang dimiliki, semakin tinggi harga video konten TikTok kamu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. TikTok Creator Marketplace

Beberapa brand di TikTok sering mencari pembuat konten untuk diajak bekerja sama. Kamu dapat memonetisasi konten TikTok dengan menawarkan untuk membuat konten bersama.

Tentu saja, ada berbagai bonus yang telah disepakati sebelumnya. Mereka biasanya mencarinya ketika mereka meluncurkan produk baru atau di acara-acara tertentu.

4. Kolaborasi dengan influencer TikTok

Cara monetisasi TikTok lain yang bisa kamu lakukan adalah berkolaborasi dengan influencer TikTok lainnya. Baik itu konten video atau konten live streaming yang bertujuan untuk bisa membuat konten bersama dan buat video dan streaming langsung yang memukau.

Kolaborasi semacam itu tidak hanya akan dilihat pengikut kamu, tetapi juga pengikut influencer.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak pengikut.

Kolaborasi ini dapat dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dengan tema yang berbeda.

5. Pembuatan Merchandise

Jika kamu sudah memiliki banyak pengikut, maka dapat menghitung ini sebagai basis penggemar. Kamu dapat membuat dan menjual barang-barang khusus. Misalnya, kamu bisa membuat merchandise seperti kaos, tas, topi, mug, dan lainnya.

Kamu bisa menjual produk dalam jumlah terbatas untuk memberikan rasa mewah. Membuat produk akan membuat nama kamu sebagai TikTokers semakin populer karena pengikut kamu secara tidak langsung akan mempromosikan kamu saat menggunakan produk tersebut.

6. Konsultan TikTok

Semakin populer platform ini, semakin banyak orang ingin mendapatkan lebih banyak pengikut. Jika kamu memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup tentang TikTok, mengapa tidak menjual pengetahuan ini kepada orang lain?

Kamu dapat menjadi konsultan TikTok individu atau perusahaan. Tidak banyak orang yang memahami cara kerja TikTok dibandingkan dengan Instagram. Dengan pengetahuan yang kamu miliki, maka dapat menawarkan saran dan saran tentang cara menggunakan TikTok.

Buku Rahasia Berbisnis Ala Sosial Media yang ditulis Feri Sulianta bisa kamu jadikan referensi belajar bagaimana cara menghasilkan uang di media sosial. Termasuk cara menghasilkan uang di Tiktok dengan memonetasinya. Kamu akan segera jadi online publicist yang smart.

Itu artinya, kamu mampu menumbuhkan jejaring secara ajaib dengan mengembangkan bisnis online, meraih popularitas dan memiliki relasi online. Semua itu akan diungkapkan dalam buku ini yang penuh rahasia ini.

Buku ini kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com