Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Kata-kata Sindiran Halus yang Bisa Kamu Gunakan, Bukan Hanya Menyentil, Tapi Juga Menyakitkan!

Kompas.com - 22/10/2022, 12:30 WIB
kata sindiran halus Sumber: yahoo berita kata sindiran halus
Rujukan artikel ini:
Komedi Ala Politisi, Banyolan Politik…
Pengarang: Eko Sugiarto
|
Editor Rahmad

Merasakan rasa kesal kepada seseorang pasti pernah dirasakan oleh semua orang. Satu di antara cara untuk menyentil perasaan seseorang yang mengesalkan adalah dengan memberikannya kata-kata sindiran yang halus.

Kata-kata sindiran bisa menyalurkan kesalahan yang tersimpan di dalam dada kamu, tanpa harus melukai orangnya secara terang-terangan. Akan tetapi, tidak semua orang berani untuk meluapkan kekesalannya secara langsung.

Nah, salah satu jalan yang bisa dijadikan pilihan untuk meluapkan emosi tersebut adalah dengan memposting kata-kata sindiran melalui media sosial. Sebab, jika mengutarakan kekesalan secara blak-blakan terkadang bisa memperburuk keadaan.

Kata-kata sindiran menjadi sebuah kebiasaan untuk kita mengingatkan kesalahan seseorang, degan menyindir tentunya kita berharap bisa menyadarkan orang tersebut. Akan tetapi, perlu juga untuk diingat, jika ingin menyindir seseorang, sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan bahasa kasar yang justru malah bisa memperparah keadaan.

Nah, berikut ini adalah contoh untuk kata-kata sindiran halus yang bisa kamu gunakan. Meskipun kata-kata sindiran halus, tetapi bisa menyentil bahkan menyakitkan juga, lho.

Kata-kata Sindiran Halus Untuk Orang Sok Benar

  1. “Perkataan tanpa adanya sebuah tindakan sebetulnya hanyalah sebuah omong kosong.”
  2. Kalau nama kamu bukanlah Google, maka berhentilah untuk seakan-akan kamu mengetahui segalanya.”
  3. “Tidak mengapa kalau kamu tidak menyukai aku. Karena tidak semua orang mempunyai selera yang bagus.”
  4. “Jika kamu ingin mengatur hidup saja, jangan lupa untuk sekaligus membiayai hidup saya. Jadi, jangan tanggung-tanggung.
  5. “Orang yang paling bodoh adalah orang yang mengira bahwa dirinya tahu segalanya.”

Kata-kata Sindiran Untuk Orang Sok Tahu

kata sindiran halus kata sindiran halus

  1. “Orang yang sok tahu adalah orang yang tahu akan segala hal. Kecuali tentang betapa menyebalkan dirinya itu.”
  2. “Karena kamu yang paling mengetahui segala hal, maka kamu juga harus tahu kapan waktunya kamu harus tutup mulut.”
  3. “Selalu berbuat baik, rajin beribadah, berguna bagi orang lain, suka menolong, dan tidak mengurusi hidup orang lain.”
  4. “Orang yang sombong ditandai dengan tatapan mata mereka yang merendahkan serta ucapan mereka yang meninggikan diri sendiri.”
  5. “Salah seorang dari kalian bisa melihat kotoran kecil di mata saudaranya, tetapi ia lupa akan kayu besar yang ada di matanya.” – HR. Bukhari

Kata-kata Sindiran Untuk Orang Sok Bijak

  1. “Daripada bersikap sok suci, lebih baik kamu menyimpan energi kamu untuk menerapkan ucapan kamu di kehidupanmu sendiri.”
  2. Semakin seringnya kamu berbicara seolah-olah mengetahui segala hal, semakin banyak juga orang yang berusaha untuk menjauhi kamu.”
  3. “Sesungguhnya, seburuk-buruknya manusia adalah yang bermuka dua. Yang mana ia datang kepada suatu kaum dengan muka sekian, dan dengan kelompok lainnya ia bermuka yang lain.” – HR. Bukhari dan Muslim.
  4. “Dengan cara bicara kamu ini, aku akan jadi khawatir kalau kamu akan segera mendapatkan karmanya.”
  5. “Seseorang mengenakan topengnya terlalu lama, sampai-sampai wajahnya kini menyesuaikan dengan topeng yang ia pakai.” – George Orwell

Itu beberapa kata-kata sindiran halus tapi bisa menyentil seseorang. Saat akmu menggunakan kata-kata sindiran, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu kalimat yang akan kamu gunakan. Jangan sampai karena terbawa emosi, kamu menggunakan kata-kata sindiran kasar yang bisa menjadi boomerang bagi diri kamu sendiri.

Selain itu, kamu juga bisa membaca buku yang berisikan sebuah kata-kata sindiran, misalnya buku Komedi Ala Politisi, Banyolan Politik Paling Konyol. Buku ini berisikan humor-humor yang menertawakan tingkah serta perilaku dari para politisi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Salah satu cuplikan humor yang ada di buku ini adalah saat musim kampanye, seorang politisi pulang ke rumahnya hingga larut malam karena ia baru selesai berkampanye. Lalu, ia berkata “Wah, Lelah juga. Hari ini benar-benar melelahkan.”

Sang istri lalu menjawab “Aku juga merasa begitu. Seingatku, belum pernah aku merasa selelah ini.” Lalu, politisi menanggapi sang istri dengan jawaban “Kau lelah? Bukannya aku yang berpidato terus-terusan? Kenapa jadi kamu yang lelah?”

Sang istri kemudian menjawab “Ya. Aku lelah karena terpaksa harus mendengarkan semua omong kosongmu seharian ini.”

Dari contoh percakapan di atas, bisa dilihat bahwa buku ini berisikan lelucon yang penuh paradoks, ironis, konyol, serta fatalistik, yang mereka perankan di dalam profesinya sebagai seorang pejabat publik atau seorang wakil rakyat.

Mau tau serba-serbi tingkah pola dari para politisi lainnya? Maka kamu harus membaca buku humor ala politisi ini yang bisa kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com