Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jenis Hantu Indonesia Paling Seram dan Terkenal

Kompas.com - 22/10/2022, 10:30 WIB
jenis hantu Indonesia Photo by magwood_photography on Pixabay jenis hantu Indonesia
Rujukan artikel ini:
Kisah Hantu & Makhluk Gaib…
Pengarang: Ferren Bianca
|
Editor Rahmad

Apakah kamu menyukai hal yang berbau horor? Cerita hantu memang menarik untuk diikuti dan memiliki kesan mistis tersendiri. Jadi, wajar jika banyak orang yang tertarik dengan kisah berbagai jenis hantu Indonesia yang terkenal karena keseramannya.

Bahkan, ada jenis hantu Indonesia yang juga masuk daftar hantu paling seram di dunia. Kamu mungkin banyak mengetahui cerita horor, tetapi seberapa banyak kamu mengenali jenisnya?

Simak penjelasan tentang jenis hantu Indonesia berikut ini yang terkenal di berbagai daerah di Nusantara.

Jenis Hantu Indonesia Paling Seram

Berikut ini jenis hantu Indonesia yang terkenal paling seram:

1. Kuntilanak

Jika kamu merasa mendengar suara perempuan cekikikan atau menangis, kamu akan langsung mengatakan bahwa itu adalah arwah Kuntilanak. Diyakini bahwa sosok hantu ini sebenarnya adalah seorang wanita yang meninggal dalam keadaan hamil.

Itulah sebabnya Kuntilanak suka mengganggu ibu hamil dan bayi. Dalam cerita rakyat Melayu, Kuntilanak digambarkan sebagai seorang wanita cantik dengan rambut yang sangat panjang, disertai dengan aroma bunga kamboja ketika rambutnya muncul.

Jenis hantu Indonesia ini konon lebih menyukai pohon-pohon tertentu sebagai habitatnya, seperti pohon beringin yang besar di tempat-tempat sepi.

2. Sundel Bolong

Ada roh perempuan lainnya yang cukup terkenal yakni sundel bolong. Seperti namanya, jika Kuntilanak terkenal dengan rambut panjangnya, Sundel Bolong terkenal dengan punggungnya yang berlubang.

Hantu ini bisa bernasib seperti itu karena dia diperkosa saat dia masih hidup sampai dia hamil. Tapi dia meninggal sebelum melahirkan dan pikirannya mengembara. Bahkan, anak yang digendongnya juga berubah menjadi hantu bernama tuyul.

3. Tuyul

Seperti disebutkan sebelumnya, Tuyul diyakini sebagai anak hantu sundel bolong. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa mereka adalah anak dari orang yang pernah mengalami keguguran atau aborsi.

Oleh karena itu, ukuran Tuyul sangat kecil dan pendek. Tuyul dikatakan suka menghasilkan uang atau pesugihan.

4. Pocong

Banyak yang percaya bahwa roh ini adalah orang mati yang dimutilasi, tetapi begitu makam ditutup, ikatan kafannya lupa dilepas. Jadi salah satu alasan untuk berkeliaran adalah untuk meminta agar kain kafan itu dibuka.

Ada yang bilang muka Pocong rata (tidak ada mata, hidung, mulut), ada yang bilang mata dan hidungnya masih berisi kapas, dan ada pula yang menyebutkan mukanya gosong. Pocong adalah salah satu hantu Indonesia yang masuk daftar hantu paling seram di dunia.

5. Genderuwo

Genderuwo juga salah satu jenis hantu terkenal di Indonesia. Namun, makhluk ini berasal dari mitologi Persia yang disebut Gandarewa. Mereka digambarkan memiliki tubuh yang sangat besar dan berbulu, dengan taring panjang mencuat dari mulutnya.

Genderuwo biasanya ditemukan di gedung-gedung tua, pohon-pohon besar, daerah lembap dan hutan. Banyak yang percaya bahwa makhluk ini berasal dari seorang pria yang mati secara tidak wajar.

6. Wewe Gombel

Ini mungkin hantu yang kebanyakan orang tua panggil untuk menakut-nakuti anak-anak mereka. “Jangan main-main saat matahari terbenam, Wewe Gombel akan menculikmu”.

Roh-roh ini terkenal karena kesukaan mereka pada anak kecil, jadi percakapan ini tidak salah. Wewe Gombel bisa terlihat seperti wanita cantik bagi anak kecil yang tidak mau diintimidasi dan diundang ke rumahnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

7. Suster Ngesot

Hantu apa yang paling ditakuti orang di rumah sakit? Sebuah rumah sakit di Salemba, Jakarta diyakini sebagai tempat suster ngesot pertama kali terlihat. Perawat ini sering muncul di koridor rumah sakit.

Suster ini menjadi hantu karena diperkosa oleh seorang pria dan kakinya dipotong. Itu sebabnya, hantu yang terkenal di Indonesia ini menyusut karena tidak bisa berjalan.

8. Hantu Jeruk Purut

Ini adalah jenis hantu yang cukup terkenal di Jakarta. Karakternya disebut Hantu Jeruk Purut karena sering muncul di TPU Jeruk Purut di Jakarta.

Pada tahun 1986, seorang pendeta tanpa kepala melewati kuburan mencari kuburannya. Konon, jika ingin bertemu dengan pendeta berkepala plontos ini, harus datang ke Jeruk Purut dengan jumlah ganjil.

9. Kuyang

Kuyang ini telah menjadi topik hangat di Indonesia selama beberapa waktu sekarang. Hantu dari Kalimantan Timur ini digambarkan sebagai perempuan berambut panjang tanpa tubuh, hanya kepala dan organ dalam.

Penduduk setempat percaya bahwa Kuyang adalah iblis yang haus darah, terutama pada bayi dan wanita hamil. Menurut cerita populer, Kuyang sebenarnya adalah manusia yang ingin menguasai ilmu hitam.

Untuk melakukan ini, ia harus melepaskan wujud manusianya di malam hari dan berubah menjadi Kuyang. Semakin banyak darah yang mereka minum, semakin tinggi ilmu hitam mereka.

10. Leak

Dalam cerita rakyat Bali, hantu Leak adalah penyihir jahat. Istilah kata Le berarti penyihir dan Ak berarti jahat. Hantu Leak hanya dapat dilihat oleh dukun pada malam hari, karena roh ini terlihat seperti manusia normal pada siang hari.

Diyakini bahwa Leak sering ditemukan di kuburan untuk mengambil organ mayat untuk digunakan sebagai ramuan sihir. Beberapa percaya bahwa ramuan ajaib dapat mengubah Leak menjadi bentuk binatang. Leak juga bersedia mengambil organ manusia hidup.

Buku Kisah Hantu & Makhluk Gaib Nusantara yang ditulis Ferren Bianca bisa kamu jadikan referensi untuk mengenal berbagai jenis hantu Indonesia. Percaya atau tidak, kisah-kisah hantu pasti sudah tidak asing di sekitar kita dan ini bisa terjadi pada siapa saja.

Bahkan, pengalaman bertemu hantu bisa terjadi pada kamu sendiri, atau bahkan kamu punya cerita dan pengalaman horor yang tidak terlupakan dengan beberapa jenis hantu tertentu. Munculnya cerita hantu ataupun makhluk gaib di suatu tempat di masyarakat tidak akan datang begitu saja.

Kecuali setelah berulang kali dan banyak orang yang mengalami kisah serupa. Buku ini merangkum kisah dan berisi tentang berbagai jenis hantu Indonesia dan makhluk gaib dari berbagai daerah.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com