Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Sosok Hantu yang Kerap Muncul dalam Cerita Seram Jaga Malam

Kompas.com - 25/11/2021, 20:45 WIB
Sumber Gambar : Freepik
Rujukan artikel ini:
Lewat Tengah Malam - Ganjil
Pengarang: Sweta Kartika
|
Editor Ratih Widiastuty

Apakah kamu pernah melihat sosok hantu pada saat siang hari? Tentu kebanyakan orang akan menjawab tidak, karena makhluk gaib biasanya diasosiasikan dengan malam hari.

Tidak heran, banyak pengalaman atau cerita seram saat jaga malam yang dialami banyak orang, baik saat sedang ronda, kegiatan sekolah, hingga kerja lembur di kantor.

Kehadiran sosok astral saat malam hari memang bukan hal yang aneh lagi, sebab kondisi malam hari yang gelap dan sepi merupakan situasi yang sangat disukai oleh makhluk gaib. Baca selengkapnya Cara Agar Tidak Takut Hantu.

Kebanyakan orang yang pernah melihat sosok hantu pasti mengalaminya ketika malam hari, di mana situasi yang gelap dan sepi mampu menambah kesan horor dan menyeramkan saat menatap sesosok mengerikan berbeda alam tersebut.

Namun, masing-masing orang tidak selalu melihat sosok yang sama kecuali bentuk mereka yang menyeramkan.

Ternyata banyak sekali sosok hantu yang kerap mengganggu manusia saat sedang beraktivitas di malam hari, sehingga beragam jenis sosok ini memiliki panggilan atau namanya tersendiri.

5 Sosok Hantu yang Kerap Menampakkan Diri

1. Kuntilanak

Kuntilanak atau yang kerap disebut kunti ini merupakan sosok hantu yang sering menampakkan dirinya saat jaga malam.

Kuntilanak merupakan sesosok wanita dengan rambut panjang memakai baju panjang berwarna putih, serta tidak ketinggalan suara ketawanya yang mampu buat bulu kuduk berdiri.

Kuntilanak sering kali muncul atau berdiam diri di atas pohon, sehingga banyak orang yang sedang melakukan ronda atau kegiatan sekolah di malam hari melihat sosok ini duduk manis di atas pohon.

Tak hanya di Indonesia, kuntilanak pun eksis di beberapa negara Asia Tenggara, salah satunya adalah Malaysia yang biasa disebut dengan pontianak atau puntianak.

2. Pocong

Tidak kalah seram dengan kuntilanak, pocong juga kerap mengganggu manusia, biasanya pocong selalu muncul dalam cerita-cerita seram jaga malam.

Pocong digambarkan sebagai sosok berwajah gosong dengan mata merah menyala dan tubuh mereka yang terbalut dengan kain kafan putih.

Cara berjalan pocong yang meloncat-loncat akibat terbatasnya ruang gerak mereka karena tubuhnya yang terbalut kain kafan, menjadi sumber kengerian lainnya saat bertemu dengan makhluk gaib yang satu ini.

Di Negeri Jiran sendiri, sosok pocong dikenal dengan sebutan hantu bungkus atau hantu kafan yang konon merupakan arwah orang yang terjebak dalam kain kafan.

3. Sundel Bolong

Hampir sama dengan kuntilanak, sundel bolong merupakan sosok wanita cantik yang dapat menipu korbannya.

Sundel bolong sendiri memiliki ciri-ciri seperti rambut panjang dan baju putih panjang layaknya kuntilanak.

Hanya saja, sundel bolong terdapat lubang menganga yang tertutup rambut dan memperlihatkan organ dalam bagian bawah tubuh.

Menurut mitos yang berseliweran, sundel bolong merupakan sosok hantu korban pemerkosaan yang sedang hamil dan melahirkan anaknya di dalam kubur.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sosok sundel bolong sendiri sering muncul dalam cerita seram jaga malam baik di film, novel, atau cerita masyarakat.


Baca juga: Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Melihat Hantu


4. Genderuwo

Sosok selanjutnya yang sering memperlihatkan dirinya saat di malam hari adalah genderuwo, manusia yang memiliki wujud mirip kera bertubuh besar dan kekar, di mana sekujur tubuhnya tertutup oleh bulu lebat.

Dalam cerita seram jaga malam, sosok genderuwo sering muncul di atas pohon besar, bangunan terbengkalai, hutan, dan tempat-tempat gelap serta lembap.

Genderuwo kerap dihadirkan dalam cerita fiksi populer, sehingga keberadaannya mudah dikenal dan didengar oleh berbagai kalangan, sehingga eksistensinya tidak pernah luput dari ingatan.

Menurut mitos yang beredar, sosok genderuwo dikenal sebagai makhluk gaib yang iseng dan cabul, sebab suka menggoda kaum perempuan dan anak-anak.

5. Wewe Gombel

Berbeda dengan kuntilanak, wewe gombel merupakan sosok wanita tua yang digambarkan memiliki payudara yang panjang dan bergelantungan di depan dada.

Menurut mitos, wewe gombel kerap menculik anak-anak sebagai korbannya saat maghrib menjelang hingga malam tiba.

Tidak heran jika orang tua zaman dulu kerap melarang anak-anak untuk bermain selepas maghrib.

Di tanah Sunda sendiri, keberadaan wewe gombel sering disebut dengan kalong wewe yang suka menculik anak-anak yang belum disunat.

Kehadiran wewe gombel dalam cerita jaga malam juga tidak kalah membuat bulu kuduk merinding, tatkala mengingat bentuk fisiknya yang menyeramkan.

Setelah tahu akan lima sosok yang sering muncul dalam cerita seram jaga malam, apakah kini kamu jadi penasaran ingin membaca cerita fiksinya juga?

Satu buku yang akan memuaskan rasa penasaran kamu akan cerita horor adalah Lewat Tengah Malam – Ganjil yang ditulis oleh Sweta Kartika.

Buku ini berisi 5 cerita pendek yang akan membuat bulu kuduk kamu merinding, yaitu Roh-roh Halus Itu, Bukit Pemakan Jiwa, Banjir Darah di Singgasana Lurah, Bujukan dalam Bisikan, dan Kebacut.

Masih menyajikan ilustrasi yang digambar langsung oleh Sweta Kartika, gambarnya semakin memperkuat intensitas nuansa horor dalam jalan ceritanya.

Gaya bertutur Sweta Kartika dalam membangun narasi menjadi kekuatan dalam buku ini.

Selain ilustrasi yang disertakan, Sweta menunjukkan kepiawaiannya dalam meramu cerita dengan gambar.

Buku ini akan cocok kamu baca saat tengah malam agar atmosfer horor yang ada di dalamnya dapat tersalurkan secara maksimal.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com