Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Ternyata Cara Memakai Minyak Zaitun untuk Wajah Sebelum Tidur

Kompas.com - 06/01/2023, 12:00 WIB
Cara Memakai Minyak Zaitun untuk Wajah Sebelum Tidur Sumber Gambar: Pexels.com Cara Memakai Minyak Zaitun untuk Wajah Sebelum Tidur
Rujukan artikel ini:
All About Skincare
Pengarang: Nada A.
|
Editor Ratih Widiastuty

Cara memakai minyak zaitun untuk wajah sebelum tidur ternyata banyak dicari tahu karena faktanya minyak zaitun memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit.

Kandungan vitamin E dan antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun mampu merawat kulit agar tampak sehat dan bersinar karena berfungsi untuk mencegah oksidasi.

Tidak hanya digunakan sebagai bahan memasak, minyak zaitun pun dapat dimanfaatkan sebagai skincare alami untuk kulit wajah jika diaplikasikan dengan rutin dan benar.

Minyak zaitun atau olive oil ini mampu mencegah kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet matahari.

Apalagi jika digunakan pada malam hari, manfaatnya akan sangat terasa bagi kulit wajah.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada minyak zaitun mampu memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas dan dapat pula melembapkan kulit agar tidak kering.

Tidak hanya itu, kandungan dari minyak zaitun juga bisa mencegah penuaan dini hingga melawan sel-sel yang mengakibatkan penyakit kanker akibat paparan sinar Matahari.

Supaya manfaat dari minyak zaitun bisa didapatkan secara maksimal, perlu diperhatikan pula cara mengaplikasikannya pada kulit wajah.

Jika kamu sembarangan atau asal-asalan saat menggunakan minyak zaitun pada wajah, maka hasil yang didapatkan pun tidak akan terasa maksimal.

Lalu, bagaimana cara memakai minyak zaitun untuk wajah sebelum tidur? Baca uraian di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Cara Memakai Minyak Zaitun

1. Oleskan sebagai Cleanser

Kamu dapat mengoleskan minyak zaitun yang dapat berfungsi sebagai cleanser atau pembersih wajah sebelum tidur.

Minyak zaitun mampu membersihkan kulit wajah dari makeup dan kotoran yang menempel tatkala melakukan aktivitas sehari-hari.

Apalagi jika kamu memiliki jenis kulit yang cenderung kering, maka minyak zaitun dapat menjadi pelembab yang akan melembabkan kulit wajah.

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan ialah kamu tidak usah lagi menggunakan makeup remover karena minyak zaitun dapat menggantikan peran tersebut.

2. Gunakan Skincare dan Pijat Wajah dengan Minyak Zaitun

Lakukan rutinitas menggunakan skincare sebelum tidur seperti biasanya, seperti cuci muka menggunakan sabun pembersih wajah atau memakai produk kecantikan lainnya.

Setelah selesai menggunakan itu semua, terakhir jangan lupa pijat permukaan wajah dengan memakai minyak zaitun.

Rutin melakukan pijat wajah menggunakan minyak zaitun akan membantu mengurangi keriput pada kulit, sehingga mampu memberikan penampilan yang tampak jauh lebih muda.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Minyak Zaitun sebagai Masker Wajah

Cara selanjutnya yang dapat kamu coba untuk mengaplikasikan minyak zaitun pada kulit wajah sebelum tidur ialah dengan menjadikannya sebagai masker.

Kamu dapat mencampurkan minyak zaitun dengan madu sebagai bahan masker yang akan cocok untuk kulit wajah yang kering.

Masker minyak zaitun berfungsi sebagai pelembab untuk kulit wajah yang kering. Jadi, sebelum beranjak tidur, persiapkan terlebih dahulu minyak zaitun untuk melembabkan wajah.

4. Digunakan untuk Melembapkan Bibir

Pastinya kulit bibir yang terasa kering akan sangat menyiksa karena biasanya selain teksturnya yang kasar, rasa perih pun turut menyertainya.

Namun, untungnya, minyak zaitun bisa digunakan sebagai pelembap bibir yang akan membantu mengurangi kulit bibir yang kering dan pecah-pecah.

Oleskan sedikit minyak zaitun di permukaan bibir agar bisa menyerap dengan sempurna saat sedang tidur.

Minyak zaitun yang diaplikasikan di permukaan bibir akan membantu melembapkannya.

5. Digunakan sebagai Krim Mata

Garis-garis halus dan kerutan di sekitar area mata ternyata dapat dikurangi dengan cara mengoleskan minyak zaitun.

Minyak zaitun bisa kamu gunakan sebagai krim mata di area bawah mata sebelum tidur.

Jika rutin dilakukan, maka kulit di sekitar mata akan menjadi lembut dan kerutan pun bisa berkurang.

Untuk mendapatkan sensasi yang menyegarkan, simpan terlebih dahulu minyak zaitun di dalam kulkas agar saat dioleskan mampu memberikan sensasi dingin.

Tidak hanya bisa digunakan untuk memasak, minyak zaitun pun dapat dipakai sebagai produk kecantikan alami yang tentunya sangat bermanfaat bagi kulit wajah.

Berbicara soal perawatan kulit wajah, mungkin kamu akan tertarik dengan buku All About Skincare yang ditulis oleh Nada A. sebagai sumber informasi yang tepat seputar perawatan kecantikan kulit.

Buku ini hadir sebagai teman perjalanan untuk mencari tahu lebih mendalam tentang cara merawat kulit wajah menggunakan skincare atau produk-produk kecantikan.

Di dalamnya akan membahas beberapa hal, seperti bagaimana mengenal kulit wajah, kandungan skincare yang harus dihindari, rekomendasi makanan yang mengandung nutrisi baik untuk kulit, dan bagaimana cara menggunakan skincare yang baik sesuai dengan jenis kulit.

Dapatkan bukunya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com