Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 5 Novel Romantis Paling Laris Tahun 2021

Kompas.com - 22/11/2021, 10:00 WIB
Sumber gambar: pexels.com
Rujukan artikel ini:
The Star and I
Pengarang: Ilana Tan
Penulis Lika Purnama
|
Editor Novia Putri Anindhita

Memasuki akhir bulan November, tidak terasa tahun 2021 akan selesai sebentar lagi. Itu artinya, libur akhir tahun sudah ada di depan mata.

Jika sebelumnya kita banyak menghabiskan libur akhir tahun mengunjungi tempat-tempat wisata, kini tak ada salahnya untuk mencoba mengisinya dengan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah, salah satunya adalah dengan membaca novel.

Selain menyenangkan, membaca novel membuat kita dapat memperluas sudut pandang melalui cerita-cerita dan makna yang tersimpan di baliknya.

Membaca novel juga dapat mengasah empati dan berpikir kritis.

Sepanjang tahun 2021, ada banyak sekali novel-novel baru yang terbit dan menarik untuk dicoba.

Agar kamu tidak kebingungan, berikut telah terangkum daftar 5 novel romantis paling laris tahun 2021. Baca juga terkait Rekomendasi Novel Romantis Korea disini!

5 Novel Romantis Paling Laris Tahun 2021

1. The Star and I – Ilana Tan

Setelah lima tahun hiatus pasca menulis In A Blue Moon, Ilana Tan kembali dengan buku barunya yang berjudul The Star and I.

Mengambil latar cerita di New York, novel ini mengisahkan tentang aktris teater bernama Olivia Mitchell.

Ollie yang sejak kecil tinggal di panti asuhan memiliki misi untuk menemukan orang tua kandungnya.

Namun, mencari orang tanpa nama di kota sebesar New York lebih mirip seperti mencari ikan di padang pasir.

Sehingga sampai waktu pekerjaan Ollie hampir habis, misinya belum selesai sedangkan ia harus kembali ke Inggris.

Seolah doanya didengar, Rex yang merupakan sahabat lama sekaligus cinta pertama Ollie muncul dan menawarkan bantuan.

The Star and I seperti novel-novel Ilana Tan sebelumnya, menyuguhkan cerita yang sederhana namun dapat membekas di hati pembacanya, apalagi buku ini pasti sangat ditunggu-tunggu sejak novel terakhirnya terbit.

Meskipun ringan dan cenderung dapat dibaca habis sekali duduk, namun interaksi manis antara Ollie dan Rex, juga petualangan mereka menemukan orang tua Ollie, dijamin akan membuat kamu tersenyum, kesal, dan terharu di saat yang sama.

Novel ini mengajarkan tentang penerimaan diri dan arti penting tentang kehidupan, bahwa baik buruknya masa lalu tidak akan mengubah value diri kita di masa sekarang.

Selain itu, memiliki kesamaan mengambil latar cerita di New York, buku ini mungkin akan sedikit membawamu bernostalgia dengan Mia Clark dan Alex Hirano di buku Sunshine Becomes You.

2. Bukan Buku Nikah – Ria Ricis

Tidak hanya aktif sebagai seorang Youtuber, Ria Ricis juga beberapa kali menulis buku best seller seperti Saya Pamit, Next, Maaf untuk Papa, dan Bukan Buku Nikah.

Bukan Buku Nikah berisi tentang pengalaman Ria Ricis yang sangat personal tentang bagaimana lika liku dunia percintaannya yang tidak selalu mulus.

Buku setebal 220 halaman ini dibagi dalam beberapa bab, dan setiap bab nya memiliki makna mendalam yang dapat menyentuh hati pembacanya.

Ria Ricis dalam salah satu bab di buku ini menekankan bahwa sebaik apapun rencana, pada akhirnya hanya akan berakhir sebagai rencana karena Tuhan yang menentukan.

Namun, gagalnya rencana yang dibuat manusia itu bukan untuk disesali sebab itu adalah wujud dari rasa sayang Tuhan yang selalu memberi apa yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan.

Kabar baiknya, buku keren ini akan segera difilmkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. The Architecture of Love – Ika Natassa

The Architecture of Love adalah satu dari sekian banyak buku Ika Natassa yang menjadi best seller dari tahun 2016 hingga sekarang.

Dari 304 halaman di buku ini menceritakan tentang Raia Risjad, seorang penulis bertalenta.

Sesuatu terjadi dan mengubah banyak hal di hidup Raia hingga membuatnya tidak dapat menulis apapun selama 2 tahun terakhir.

Raia memutuskan terbang ke New York untuk mencari inspirasi baru, dan keputusannya itu mengantarkannya untuk bertemu River, seseorang yang tak hanya memberinya inspirasi, namun juga mengubah harinya menjadi lebih berwarna.

Raia dan River, masa lalu mereka yang suram, dan bagaimana dua orang ini tumbuh mengatasi masalahnya masing-masing begitu memikat juga menyentuh.

Seperti judulnya, buku ini memang menyinggung tentang arsitektur, namun juga tentang kesepian, dan seseorang pasti bisa melangkah lagi tak peduli seburuk apapun masa lalu yang menyertai.

Buku ini benar-benar menarik untuk dibaca, karena meskipun ringan, namun memiliki makna yang dalam.

Saat ini bukunya sudah tersedia dalam dua versi bahasa, yaitu versi bahasa Indonesia dan The Architecture Of Love versi bahasa Inggris.

4. Ten Years Challenge - Mutiarini

Untuk yang tertarik dengan genre ala-ala time travel, buku ini pasti akan sangat menarik untuk dibaca.

Ten Years Challenge bercerita tentang Agastya Renandi yang merasa hidupnya tiba-tiba runyam di usia 27 tahun.

Ia diputuskan oleh Diga yang merupakan pacarnya sejak SMA, sekaligus kehilangan pekerjaan.

Atya benar-benar merasa makin hancur ketika reuni SMA dan mendapati Diga menggandeng pacar baru.

Sepulang dari reuni, Atya mengalami kecelakaan yang membawanya kembali ke masa sepuluh tahun silam tepat ketika dirinya SMA.

Merasa mendapatkan kesempatan baru, Atya berusaha melakukan segala cara untuk memperbaiki agar dirinya tidak kehilangan Diga di masa depan, namun, hidup justru memberinya banyak pilihan.

Buku Ten Years Challenge tidak hanya soal percintaan saja, tapi Mutiarini juga menyisipkan pesan-pesan tentang passion, kondisi broken home, hingga bullying.

Dari 200 lembar kisah Atya ini begitu ringan dan cocok untuk dibaca remaja pertengahan SMA yang sedang galau menentukan masa depan mau dibawa kemana.

5. Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 – Pidi Baiq

Setelah sangat sukses dengan sekuel Dilan 1990, Dilan 1991, dan Milea, tahun ini Pidi Baiq kembali mengeluarkan buku terbaru berjudul Ancika.

Nama Cika sebetulnya telah disinggung sedikit di novel Dilan 1991 dan Milea, sebagai pacar baru Dilan setelah hubungannya dengan Milea harus berakhir.

Berlatar tahun 1995, buku ini mengambil sudut pandang dari Ancika. Ia menceritakan bagaimana pertemuannya dengan Dilan hingga mereka sepakat berpacaran.

Berbeda dengan buku Dilan sebelumnya yang berapi-api, buku Ancika terasa lebih “damai” dan tenang.

Ancika dikisahkan sebagai sosok yang lebih dewasa dan memiliki pendirian yang kuat.

Jika kamu sebelumnya telah selesai membaca buku-buku Dilan, maka membaca buku Ancika akan membuatmu seperti orangtua yang menyaksikan anaknya tumbuh dewasa, menyaksikan bagaimana karakter Dilan benar-benar tumbuh menjadi lebih baik. Baca selengkapnya terkait Rekomendasi Novel Remaja.

Itu dia daftar 5 novel romantis paling laris tahun 2021. Penasaran mau baca tapi malas ke toko buku? Jangan khawatir, buku-buku tersebut dapat kamu dapatkan secara online di Gramedia.com atau Gramedia Digital!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com