Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mudah untuk Move On, Ini 5 Cara Menghilangkan Rasa Cinta pada Orang yang Tidak Mencintai Kita

Kompas.com - 30/09/2022, 13:00 WIB
Cara Menghilangkan Rasa Cinta Sumber Gambar: Freepik.com Cara Menghilangkan Rasa Cinta
Rujukan artikel ini:
Move On! : Sesungguhnya, Segala…
Pengarang: Mawila Pertiwi
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Mencintai seseorang yang jelas-jelas tidak mencintaimu adalah hal yang menyakitkan, terlebih lagi kalau dia tetap memilih untuk bersamamu dan menjalani hubungan dengan kepura-puraan.

Sejatinya mulut mungkin bisa berdusta tapi tidak dengan hati, dan sikap pura-pura cinta yang ia tunjukkan padamu malah akan membuat hubungan kalian menjadi tidak sehat.

Walau tidak bisa digambarkan secara tersirat, kamu harusnya bisa merasakan apakah dia benar-benar mencintaimu atau tidak, dan apakah kamu merasa tenang saat bersamanya.

Tidak peduli seberapa banyak kamu berusaha, masalah hati dan perasaan seseorang memang tidak akan bisa dipaksakan.

Perasaan cinta pada dasarnya adalah hak semua orang, tapi yang harus kamu perhatikan, kepada siapa kamu menjatuhkan rasa cinta tersebut.

Jika kamu merasa diabaikan secara terus menerus dan kamu sudah mengetahui kalau perasaan cintamu bertepuk sebelah tangan, alangkah lebih baiknya kalau kamu memilih untuk mundur dan move on.

Meski tidak mudah, move on bisa menjadi cara terbaik untuk menghilangkan rasa cinta pada seseorang yang jelas-jelas tidak mencintai kamu.

Untuk membantu proses move on yang sedang kamu jalani, berikut ini ada 5 cara terbaik yang bisa membantu menghilangkan rasa cinta pada seseorang, simak penjelasannya!

Cara Menghilangkan Rasa Cinta pada Seseorang

1. Mengakui dan Menerima Kenyataan

Agar lebih mudah untuk move on, kamu harus lebih dulu mengakui dan menerima kenyataan kalau dia tidak pernah menaruh perasaan padamu, sebab kalau hatimu masih terasa mengganjal, proses move on akan sulit untuk dilakukan.

Tidak hanya itu, kamu juga harus memiliki pemikiran yang positif terhadap diri sendiri.

Kamu harus tetap yakin bahwa ada atau tidak adanya dia di hidupmu, kamu akan tetap baik-baik saja dan kamu bisa pelan-pelan melupakan perasaanmu padanya.

2. Mengalihkan Perhatian pada Hal Lain

Sebelum merasakan sakit hati yang jauh lebih mendalam, akan lebih baik kalau kamu tidak hanyut dan terjerumus dalam harapanmu sendiri, apalagi jika dia jelas-jelas tidak pernah menyukaimu.

Meski hal ini akan meninggalkan kehampaan di hatimu, kamu harus tetap berusaha untuk mengalihkan perhatian pada hal-hal lain yang jauh lebih penting, ketimbang harus memperhatikan dia.

Menyibukkan diri dengan melakukan banyak aktivitas bisa membantu melupakan rasa cintamu yang bertepuk sebelah tangan, dan kamu tidak akan punya waktu lagi untuk memikirkannya.

3. Jangan Coba-Coba Stalking

Saat tengah menyukai seseorang, kamu pasti akan mulai mencari tahu segala hal yang berkaitan dengannya, mulai dari kepribadian dan perilakunya di lingkungan pertemanan sampai aktivitasnya di media sosial.

Sayangnya, terlalu banyak mencari tahu informasi tentang dia juga bisa membuatmu susah untuk move on.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jadi mulai saat ini, usahakan untuk tidak stalking media sosial dan semua hal yang berkaitan dengannya.

Bahkan kalau bisa, kamu harus mulai memblokir semua media sosialnya supaya kamu tidak iseng melihat postingannya.

4. Fokus ke Masa Depan

Terus menerus menyimpan perasaan pada seseorang yang tidak pernah mencintaimu tentunya akan menyakiti perasaanmu sendiri, bahkan hal ini bisa menghalangimu untuk menemukan kebahagiaan baru.

Di sisi lain, mungkin saja ada orang lain yang diam-diam telah menaruh hati padamu tapi kamu tidak menyadarinya, karena kamu terlalu fokus pada si dia yang tidak pernah memperhatikanmu.

Menemukan orang baru yang jauh lebih baik dari si dia sebenarnya bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk move on, sekaligus bisa menyadarkanmu bahwa masa depan adalah hal yang jauh lebih penting untuk dipikirkan.

5. Menyibukkan Diri Bersama Sahabat

Menyibukkan diri dengan pergi berlibur bersama sahabat dan keluarga juga bisa membantu melupakan dan menghilangkan rasa cintamu yang terlalu dalam pada si dia.

Orang-orang terdekatmu akan membuatmu bahagia dan membantu menghilangkan perasaan sedih yang sedang kamu rasakan, mereka juga bisa meringankan bebanmu dengan menjadi tempat curhatmu.

Mereka bisa memberikan banyak saran dan motivasi terbaik supaya kamu mampu menjalani masa move on ini dengan lancar, dan setelah ini, kamu perlahan bisa berubah untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik, tidak untuk si dia tapi untuk dirimu sendiri.

Itulah tadi beberapa cara terbaik untuk move on, demi melupakan dan menghilangkan rasa cinta pada seseorang yang tidak pernah mencintai kamu.

Selain kelima cara tadi, masih ada banyak cara lain yang bisa kamu lakukan, misalnya dengan membaca buku-buku motivasi untuk membantu menenangkan pikiran dan perasaanmu yang sedang diliputi perasaan galau.

Salah satu buku terbaik untuk move on yang bisa kamu baca adalah buku Move On! : Sesungguhnya, Segala Sedih Akan Berganti Bahagia karya Mawila Pertiwi.

Membahas kata “Move On” pada dasarnya memang tidak pernah ada habisnya, karena akan selalu timbul berbagai pertanyaan baru yang mungkin sulit untuk ditemukan jawabannya.

Dalam buku ini, penulis akan membantu menjawab beragam pertanyaan sekaligus memberikan banyak tips untuk move on, khusus buat kamu yang masih kesulitan untuk menjalaninya.

Tidak hanya itu, kehadiran buku ini sebenarnya ingin mencoba mengungkapkan kalau sebagai manusia, kamu harus selalu berusaha untuk bisa menemukan kebahagiaan bagi dirimu sendiri, karena ini adalah kunci terpenting untuk bisa move on dari masa lalu.

Bagi kamu yang tertarik untuk membaca bukunya, kamu bisa membelinya melalui online di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com