Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cinta Bertepuk Sebelah Tangan? Begini Cara Uncrush Orang agar Bisa Cepat Move On

Kompas.com - 15/09/2022, 11:00 WIB
Cara Uncrush Orang Sumber Gambar: unsplash.com Cara Uncrush Orang
Rujukan artikel ini:
Buku Carpe Diem: Move On,…
Pengarang: Askım Kapısmak
|
Editor Novia Putri Anindhita

Ketika menyukai seseorang, kita harus mengungkapkan perasaan tersebut agar dia mengetahuinya.

Pasalnya, semakin lama perasaan suka tidak diungkapkan, kita hanya bisa menebak-nebak tanpa mengetahui secara pasti bagaimana perasaan dia.

Mengungkapkan perasaan suka juga bisa jadi salah satu cara untuk mengetahui apakah cintamu bertepuk sebelah tangan atau tidak.

Jangan sampai sikap baiknya selama ini kepadamu ternyata hanya dianggapnya sebagai teman biasa, sedangkan kamu mengartikannya sebagai perilaku spesial.

Tentunya, menghadapi kenyataan cinta bertepuk sebelah tangan bukanlah kondisi yang mudah, apalagi jika kalian belum resmi menjadi pasangan.

Nah, agar kesedihan terhadap cinta bertepuk sebelah tangan tidak berlarut-larut, cobalah sejumlah cara di bawah ini agar kamu bisa uncrush orang agar bisa cepat move on.

Cara Uncrush Orang

Uncrush atau berhenti menaksir orang dan menghilangkan perasaan kepada dia yang kita cintai memang tidak mudah.

Meski begitu, kamu harus berusaha untuk melunturkan perasaan tersebut apalagi ketika tahu bahwa dia tidak memiliki rasa cinta yang sama.

Daripada terus bersedih dan membuat kehidupan jadi tidak sehat, kamu harus bangkit dan perlahan hilangkan perasaanmu padanya dengan tips berikut ini.

1. Menjaga Jarak

Putuskan semua kemungkinan ikatan dengan orang yang kamu taksir, seperti tidak lagi berada di lingkungan yang sama atau mengunjungi tempat favoritnya.

Semakin kamu menjaga jarak secara fisik untuk tidak bertemu dengannya, hal tersebut dapat membuatmu lebih mudah move on.

Setelah menyingkirkan kemungkinan untuk bertemu dengannya secara fisik, kemudian berusahalah agar menariknya keluar dari hati dan pikiranmu.

2. Menyibukkan Diri

Untuk menarik dia dari hati dan pikiranmu, cobalah membuat dirimu sibuk dengan banyak kegiatan.

Dengan menyibukkan diri, kamu akan memiliki sedikit waktu bahkan tidak lagi memiliki energi untuk memikirkan dia yang tidak mencintaimu.

Kamu dapat melakukan banyak hal, seperti bertemu teman-teman lama, travelling, belajar hal baru, atau berolahraga.

Buatlah jadwal yang ketat dari kegiatan sehari-hari agar pikiranmu teralih dari dia dan perlahan mampu sepenuhnya melupakannya.

3. Lampiaskan Emosi

Ketika mengetahui cinta bertepuk sebelah tangan, tentu hal tersebut dapat membuat kita marah dan sedih.

Seringkali penolakan dari orang yang dicintai membuat kita mempertanyakan apa yang salah dari diri sendiri.

Perasaan bingung, kecewa, kemarahan dan kesedihan yang menjadi satu dapat mengganggu pikiran kita jika hanya dipendam sendirian.

Oleh karena itu, lampiaskan emosimu dengan cara yang positif seperti menulis jurnal, bercerita kepada orang terdekat, atau bermain game yang menantang.

Setelah emosimu perlahan terlampiaskan, biasanya pikiranmu akan lebih tenang dan terbuka untuk kembali bangkit melihat masa depan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Hindari Stalking Media Sosial

Karena berusaha menjaga jarak dan tidak lagi berkomunikasi dengan si dia, kita seringkali dihantui rasa penasaran tentang kehidupan pribadinya sekarang.

Alhasil, meski telah menjaga jarak, seringkali kamu tergoda untuk stalking media sosialnya.

Meski begitu, jangan turuti rasa penasaranmu terhadap kehidupan pribadinya jika kamu ingin sepenuhnya berhenti melupakannya.

Pasalnya, ketika kamu mengetahui lebih banyak tentang kehidupannya yang ternyata telah bahagia dengan orang lain, hal itu tentu bakal lebih menyakitimu.

Oleh karena itu, kamu bisa unfollow atau block akun media sosialnya agar tidak terpancing untuk mengulik kabar terbarunya.

5. Mengakui dan Menerima Keadaan

Meski telah melakukan berbagai cara untuk melupakannya, kamu juga harus mengakui dan menerima keadaan bahwa dia tidak mencintaimu.

Hal tersebut penting untuk dipahami agar kamu lebih mampu untuk berhenti bergantung pada kehadirannya.

Kesadaran tersebut juga dapat membuatmu untuk lebih menghargai diri sendiri, bahwa dia yang tidak mau bersamamu bukan berarti ada hal salah dalam dirimu.

Sebaliknya, kamu dapat menjadi orang terbaik di mata orang yang tepat dan mau menerima segala kelebihan serta kekuranganmu.

Jangan berkecil hati terhadap cinta yang bertepuk sebelah tangan, karena akan ada orang lain yang lebih baik dan mau menghargai kehadiranmu.

Jadi, move on dan bukalah hati untuk orang baru karena tidak semua orang sama, justru pengalaman baru bakal menjanjikan hal menarik dalam hidupmu.

Nah, itulah 5 cara uncrush orang yang bisa kamu terapkan agar tidak melulu memikirkan dia dan membuatmu lebih cepat move on.

Jangan pernah merasa rendah diri karena penolakan dari orang yang kita cintai, sebaliknya kamu harus terus percaya diri untuk menemukan kemungkinan baru yang lebih baik.

Orang yang tepat tidak akan pernah membuatmu merasa berkecil hati dan bersedih atas perilakunya.

Maka dari itu, yakinlah bahwa kelak kamu akan menemukan orang yang tepat dan mampu menghargaimu.

Daripada galau tak berkesudahan, kamu juga bisa menemukan cara move on dari orang yang kamu cintai dengan membaca buku Move On, Setop Anxiety-mu, Hiduplah untuk Hari Ini.

Buku ini akan membuka pikiranmu untuk tidak terbelenggu pada kesedihan masa lalu maupun ketakutan menghadapi masa depan akibat trauma putus cinta.

Lebih lanjut, di dalam buku ini juga akan dijelaskan tentang bagaimana kita semestinya membebaskan diri dan lebih memahami diri sendiri agar dapat menjalani hidup untuk hari ini.

Selain itu, untuk cepat move on dan berhenti cemas memikirkan dia yang tidak mencintaimu, penulis juga membagikan metode efektif dalam mengelola waktu secara efisien agar dapat menyibukkan diri dan jauh dari kegalauan.

Dapatkan buku Move On, Setop Anxiety-mu, Hiduplah untuk Hari Ini di toko buku Gramedia atau secara online melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com