Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patah Hati Sebelum Memulai Hubungan? Ini Cara Move On dari Gebetan dengan Cepat

Kompas.com - 06/03/2022, 17:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Bagaimana Mengobati Patah Hati
Pengarang: DR. GUY WINCH
|
Editor Novia Putri Anindhita

Sebelum berlanjut dalam hubungan yang lebih serius bersama pasangan, sebagian besar orang biasanya melalui tahap pendekatan terlebih dahulu atau yang biasa dikenal dengan istilah "PDKT".

Pada tahap ini, kamu akan menghabiskan waktu bersama dengan calon pasangan atau gebetan kamu untuk saling mengenal dan memantapkan hati apakah gebetan kamu saat ini merupakan orang yang tepat untuk dijadikan sebagai kekasih.

Sayangnya, hidup terkadang tidak berjalan mulus sesuai dengan yang kamu harapkan.

Tak jarang jika tidak merasakan adanya kecocokan atau ada hal yang membuat perasaan mengganjal, tahap PDKT ini pada akhirnya terpaksa kandas di tengah jalan.

Meskipun hubungan kalian masih sebatas pendekatan, namun tidak dapat dipungkiri bahwa berakhirnya masa PDKT ini juga bisa meninggalkan kesedihan serta kekecewaan di dalam hati.

Perasaan ini bisa semakin menyesakkan jika ternyata kamu sudah terlanjur "baper" dengan gebetan kamu, namun ternyata dirinya tidak merasakan hal yang sama.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk cepat move on dari gebetan kamu saat ini.

Cara Move On dari Gebetan dengan Cepat

1. Curhat dengan Orang Terdekat

Berkeluh-kesah dan membagikan kesedihan yang sedang kamu rasakan kepada teman atau keluarga bisa membuat hati kamu lega dan perasaanmu pun akan menjadi lebih baik.

Selain itu, orang-orang terdekat yang menyayangi kamu biasanya akan memberikan semangat serta dukungan dan juga saran agar kamu bisa move on dari mantan gebetan kamu.

Menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang terdekat juga bisa membantu kamu untuk mengalihkan pikiran agar tidak teringat akan kenangan mengenai mantan gebetan.

Jika suatu saat kamu merindukan gebetan yang telah meninggalkan kamu, lampiaskanlah perasaan tersebut dengan bercerita kepada teman.

Dengan begitu, teman kamu akan mengingatkan kembali mengapa kamu perlu move on darinya dan tidak seharusnya menghubungi mantan gebetan kamu lagi.

2. Jangan Cek Akun Media Sosial

Stalking akun media sosial mantan gebetan hanya akan membuat kamu semakin sulit untuk move on darinya.

Apalagi jika kamu mengetahui bahwa dia sudah move on dan memiliki seorang gebetan yang baru.

Hal ini hanya akan membuat perasaan kamu jadi semakin memburuk dan menyakiti diri kamu sendiri.

Meskipun kamu merasa kangen dan ingin mengetahui apa yang dilakukan oleh mantan gebetan kamu setelah kalian berpisah, namun jangan ikuti pikiran ini untuk stalking akun media sosialnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika perlu, kamu bisa memblokir akun media sosial mantan gebetan agar kamu tidak tergoda untuk mengeceknya lagi.

3. Memaafkan Dirinya dan Diri Sendiri

Meskipun mungkin kebersamaan kalian belum terlalu dalam, namun biasanya ada saja perasaan yang mengganjal selama masa PDKT tersebut.

Untuk benar-benar bisa move on, kamu perlu melepaskan perasaan-perasaan yang membebani itu dan merelakan serta memaafkannya.

Mungkin berakhirnya hubungan kalian memang jalan yang terbaik dibandingkan jika hubungan ini terus berlanjut dan menjadi semakin rumit.

Bersyukurlah karena kamu jadi tidak perlu membuang-buang waktu untuk menjalin hubungan dengan orang yang salah.

4. Menyibukkan Diri

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan agar cepat move on dari gebetan adalah menyibukkan diri dengan berbagai macam aktivitas.

Kamu bisa melakukan kegiatan atau hobi yang kamu senangi, seperti berjalan-jalan ke toko buku, menghadiri pameran, mencari wisata kuliner bersama teman, dan lain-lain.

Sebisa mungkin hindari untuk menonton film atau drama yang memiliki genre romansa karena hal ini hanya akan membuat kamu teringat kembali dengannya.

Nah, itulah beberapa cara untuk move on dari gebetan dengan cepat yang bisa kamu praktikkan ketika sedang mengalami patah hati.

Buku Bagaimana Mengobati Patah Hati yang ditulis oleh Dr. Guy Winch bisa menemani kamu dalam proses untuk melupakan mantan gebetan.

Penulis yang merupakan seorang psikolog sangat memahami kesulitan yang dialami oleh orang-orang yang tengah mengalami patah hati, namun tetap dituntut untuk bisa beraktivitas dengan normal.

Oleh karena itu, melalui buku ini Dr. Guy Winch ingin membagikan pemahaman bagaimana kamu seharusnya memperlakukan hati yang patah dengan penuh perhatian dan juga kehati-hatian layaknya memperlakukan lengan atau tangan yang patah.

Menurut penulis, boleh saja hati kamu patah, namun kamu tidak harus hancur karenanya.

Kamu memiliki kendali atas hidup dan akal budi kamu, sehingga kamu bisa menuntunnya ke arah penyembuhan dan move on dari patah hati yang kamu alami.

Kamu bisa mendapatkan buku Bagaimana Mengobati Patah Hati ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com