Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamu Baru Putus dan Sedang Patah Hati? Berikut Ini 3 Cara Melupakan Mantan yang Bisa Bikin Kamu Cepat Move On

Kompas.com - 11/01/2022, 19:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Patah Untuk Tumbuh
Pengarang: Apriyandisi (@Berbagi.Rasa_)
|
Editor Novia Putri Anindhita

Patah hati bisa menjadi salah satu masalah terberat yang dialami oleh hampir semua orang dalam hidup.

Terlebih jika kamu telah menjalani hubungan bersama mantan kekasih kamu dalam kurun waktu yang cukup lama selama bertahun-tahun.

Banyaknya kenangan indah yang kalian miliki tentu akan membuat kamu semakin sulit untuk bisa melepaskan dan merelakan kepergiannya.

Meskipun kamu boleh mengambil waktu sejenak untuk bersedih menerima kenyataan pahit ini, kamu perlu ingat untuk bangkit kembali dan bukannya terus membiarkan diri berlarut-larut dalam kesedihan.

Melupakan seseorang yang pernah kamu sayangi memang tidak akan menjadi proses yang mudah, namun itu bukanlah hal yang tidak mungkin.

Berikut ini cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu kamu move on dan melupakan mantan.

3 Cara Melupakan Mantan

1. Jangan Stalking Media Sosial Mantan

Setelah putus dari mantan, mungkin kamu jadi sering kepikiran dan penasaran dengan kegiatan apa yang dilakukan oleh mantan kamu setelah kalian berpisah.

Namun, dengan kamu stalking akun media sosialnya, justru hanya akan membuat kamu menjadi semakin merasa terpuruk dan semakin kesulitan untuk bisa melupakannya.

Apalagi kalau mantan kamu terlihat bahagia dan baik-baik saja setelah kalian putus.

Kamu hanya akan semakin menyakiti diri kamu sendiri.

Oleh karena itu, jangan sekalipun stalking akun media sosial mantan meskipun kamu merasa sangat penasaran.

Bahkan jika perlu, kamu bisa berhenti mengikuti dan memblokir akun media sosial mantan supaya kamu tidak bisa lagi melihatnya.

Meskipun terkesan kekanakan, tetapi jika itu bisa membantu kamu agar bisa cepat move on dan bangkit kembali menjalani hidup, maka tidak ada salahnya bukan?

2. Menyibukkan Diri

Jika kamu memiliki banyak waktu senggang setelah putus, kemungkinan kamu akan jadi lebih sering memikirkan mantan dan menyesali hubungan kalian yang kandas.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu menyibukkan diri agar tidak lagi memiliki waktu untuk teringat akan dirinya.

Kamu bisa lebih sering melakukan hobi yang selama ini kamu senangi atau bahkan mencari kegiatan baru, seperti bergabung dengan komunitas yang menarik perhatian kamu atau mendekorasi ulang kamar, dan lain-lain.

Dengan banyak menghabiskan waktu melakukan hal yang kamu senangi, tidak hanya kamu bisa berhenti memikirkan mantan, namun juga bisa mengembalikan kembali semangat kamu yang sempat hilang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu juga jadi bisa melihat bahwa masih ada banyak hal-hal lain yang membahagiakan di dunia ini selain kenangan kamu bersamanya.

3. Berlibur

Selain dengan menyibukkan diri melakukan hobi, berlibur dan mengunjungi tempat-tempat baru juga bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menghabiskan waktu dan bisa membantu kamu untuk melupakan mantan.

Kamu bisa melakukan travelling seorang diri jika merasa ingin memberi waktu untuk berdamai dengan kesendirian kamu saat ini.

Namun, jika kamu membutuhkan seseorang untuk menemani dan mengalihkan perhatian kamu agar tidak teringat pada mantan, maka kamu juga bisa berlibur bersama dengan teman ataupun keluarga.

Dengan menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga, kamu jadi bisa bersyukur bahwa kamu masih memiliki banyak orang yang sayang dan akan selalu ada di sisi kamu apapun yang terjadi.

Teman dan keluarga kamu tentunya juga akan dengan senang hati bersedia menghibur dan membantu kamu untuk ceria kembali, atau bahkan akan mengenalkan kamu dengan seseorang yang lebih baik dari mantan kamu.

Nah, itulah ketiga cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu kamu move on dan bisa melupakan mantan.

Meskipun patah hati memang suatu hal yang menyakitkan dan sebisa mungkin tidak ingin kamu alami, namun kamu bisa menggunakan momen ini sebagai waktu untuk bertumbuh dan menyayangi diri kamu lebih dalam lagi.

Buku Patah untuk Tumbuh yang ditulis oleh Apriyandisi ini akan membantu kamu untuk meresapi masa-masa saat kamu berpisah dengan mantan kekasih.

Melalui buku ini, penulis ingin menemani pembaca yang tengah mengalami patah hati untuk menerima keadaan dan bisa bangkit serta berbahagia kembali meskipun tanpa dirinya lagi.

Setiap bait yang ditulis di dalam buku terasa ringan, namun juga akan menusuk jiwa serta perasaan kamu.

Selama membaca buku ini, kamu tidak akan merasa sendirian lagi karena penulis dan orang lain pun sedang mengalami proses move on sama seperti yang kamu alami.

Buku ini juga akan membantu kamu untuk menjadi lebih kuat dan menemukan kedewasaan yang seringkali tumbuh secara perlahan bersama dengan hati-hati yang patah.

Bersama buku Patah untuk Tumbuh, kamu akan melewati masa-masa sulit selama patah hati dengan lebih bermakna.

Jika kamu tertarik untuk membaca bukunya, kamu bisa mendapatkan buku Patah untuk Tumbuh ini dengan membelinya melalui online di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com