Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Ukuran Softlens Paling Kecil Hingga yang Terbesar agar Kamu Tidak Salah Pilih

Kompas.com - 23/09/2022, 11:00 WIB
Ukuran Softlens Paling Kecil Sumber Gambar: Freepik.com Ukuran Softlens Paling Kecil
Rujukan artikel ini:
Seri Ensiklomini Keajaiban Tubuh :…
Pengarang: DING YUERAN, PI PIZU
|
Editor Novia Putri Anindhita

Selain dengan menggunakan kacamata, saat ini softlens atau lensa kontak telah menjadi alternatif solusi bagi orang-orang yang memiliki mata minus.

Namun, dengan semakin berkembangnya jenis dan warna dari softlens, kini banyak orang yang menggunakannya tidak hanya untuk alasan kesehatan saja, tetapi juga untuk membuat penampilan mereka agar jadi semakin menarik.

Selain memiliki beragam jenis dan warna, softlens juga terdiri dari bermacam-macam ukuran, mulai dari yang paling kecil hingga yang terbesar yang perlu kamu perhatikan supaya kamu tidak salah memilih ketika membelinya.

Mengetahui ukuran softlens yang sesuai dengan ukuran mata kamu menjadi hal yang penting agar kamu bisa menggunakan lensa kontak dengan aman dan nyaman.

Kamu bisa menyimak penjelasan lengkap mengenai ukuran softlens, dari yang terkecil hingga paling besar berikut ini.

Ukuran Softlens Paling Kecil Hingga yang Terbesar

1. Ukuran Kecil

Ukuran softlens paling kecil umumnya memiliki diameter di bawah 14 mm.

Lensa kontak dengan ukuran kecil ini cocok untuk digunakan bagi kamu yang memiliki mata kecil ataupun mata yang sipit.

Jika kamu ingin membuat mata kamu terlihat lebih besar dari ukuran yang sebenarnya, maka kamu bisa memilih softlens dengan warna yang cerah dan kuat.

Jangan mencoba menggunakan ukuran softlens yang lebih besar untuk membuat mata kamu agar terlihat lebih besar, karena itu hanya akan menyebabkan kamu kesulitan ketika menggunakannya.

2. Ukuran Normal atau Standar

Softlens dengan ukuran normal merupakan yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan kedua ukuran lainnya.

Ukuran softlens ini umumnya memiliki diameter yang berkisar antara 14 - 15 mm.

Bagi pemula yang baru pertama kali menggunakan lensa kontak, sering kali akan disarankan untuk menggunakan softlens dengan ukuran standar terlebih dahulu.

Namun, jika kamu telah memahami dengan baik ukuran dari mata kamu, maka lebih dianjurkan untuk menggunakan softlens dengan ukuran yang pas.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Ukuran Besar

Ukuran softlens yang terakhir yaitu ukuran besar dengan kisaran diameter antara 15 - 22 mm.

Lensa kontak dengan ukuran besar memiliki keuntungan, yaitu sekaligus dapat melindungi kornea mata dari debu serta kotoran.

Selain itu, terdapat tips untuk kamu yang memiliki mata berukuran besar agar memilih softlens dengan warna yang natural supaya mata kamu tidak terlihat terlalu berlebihan ketika menggunakannya.

Pastikan juga untuk memilih softlens dengan kadar air yang tidak terlalu tinggi agar kelembapan mata bisa tetap terjaga.

Nah, itulah ketiga ukuran dari lensa kontak yang bisa kamu sesuaikan dengan ukuran mata kamu supaya dapat digunakan dengan nyaman dan tidak membahayakan.

Selain memahami macam-macam ukuran dari softlens, ada hal lain yang juga tak kalah penting untuk kamu ketahui, yaitu bagaimana cara dalam memilih lensa kontak yang aman.

Tips dalam Memilih Softlens

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membeli sebuah softlens:

  1. Pilihlah jenis softlens sesuai dengan kebutuhan, apakah untuk membantu penglihatan atau sekadar fashion agar tidak memicu dampak yang dapat merusak mata
  2. Pilihlah warna softlens yang serasi dengan warna kulit, rambut, ataupun warna pakaian yang kamu kenakan supaya tidak terlihat aneh
  3. Pilihlah kadar air dalam softlens yang sesuai dengan produksi air mata, karena dapat mempengaruhi kelembapan mata
  4. Pilihlah softlens dengan ukuran diameter yang tepat agar nyaman saat digunakan
  5. Periksalah tanggal kedaluwarsa dari softlens yang akan kamu beli

Jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai mata, buku Seri Ensiklomini Keajaiban Tubuh: Mata yang Bersinar yang ditulis oleh Ding Yueran dengan ilustrasi oleh Pi Pizu akan menjadi pilihan bacaan yang menarik untuk kamu.

Mata sebagai salah satu organ tubuh penting yang dimiliki oleh manusia ternyata memiliki banyak fakta menarik yang mungkin tidak diketahui oleh sebagian orang.

Dengan bahasa yang ringan serta dilengkapi ilustrasi menarik, penulis akan mengajak pembaca untuk mencari tahu apa saja keunikan yang dimiliki oleh kedua mata kita ini.

Tidak hanya bisa dinikmati oleh orang dewasa aja, namun buku ini pun akan cocok dibaca oleh anak-anak dan bisa menambah pengetahuan mereka.

Kamu bisa mendapatkan buku Seri Ensiklomini Keajaiban Tubuh: Mata yang Bersinar ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com