Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 3 Perubahan Wujud Benda Cair, Ini sifat dan Contohnya!

Kompas.com - 17/09/2022, 16:30 WIB
Perubahan Wujud Benda Cair Photo by A_Different_Perspective on Pixabay Perubahan Wujud Benda Cair
Rujukan artikel ini:
Kimia Fisika
Pengarang: Apt,James Wilson Asamau S.Farm.,M.Farm…
|
Editor Rahmad

Benda cair, seperti jenis benda lainnya, dapat berubah menjadi bentuk yang sama atau berbeda, baik padat atau gas. Cairan dapat mengalami perubahan fisik atau kimia dalam berbagai cara.

Perubahan wujud benda cair juga dapat mempengaruhi perubahan sifat zat cair. Baik unsur kimia maupun bentuk wujudnya, secara otomatis mengambil sifat benda baru.

Perubahan benda cair juga dapat menimbulkan gejala lain, seperti berubahnya warna atau rasa dan memiliki bau tertentu. Hal inilah yang perlu kamu pahami agar bisa mengidentifikasi sifat dan praktik contohnya sehari-hari.

Perubahan Wujud Benda Cair

Bagaimana bentuk perubahan wujud benda cair itu? Berikut ini adalah beberapa perubahan wujud benda cair melalui perubahan fisik atau kimia yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Membeku

Membeku adalah proses perubahan wujud dari cair menjadi padat karena koefisien perubahan suhu yang rendah. Contoh dari cairan beku menjadi padat adalah es batu yang terbuat dari air dan dibekukan dalam freezer.

Perubahan bentuk akibat pembekuan biasanya merupakan perubahan fisika, karena tidak mengubah komposisi unsur kimia. Perubahan ini juga dapat dibalik.

Misalnya, es batu dapat ditempatkan di ruang terbuka pada suhu kamar dan kemudian menjadi cair kembali. Tidak ada perubahan warna atau bau bahkan setelah pembekuan.

2. Menguap

Penguapan adalah perubahan wujud zat cair menjadi gas yang memerlukan panas atau energi panas. Kamu bisa menemukan contoh cairan yang mudah menguap berubah menjadi air mendidih atau cairan.

Uap kemudian keluar dari air yang dipanaskan dan dapat bocor seiring waktu saat air menguap ke udara. Disebut perubahan fisika karena air yang menguap ke udara masih mengandung oksigen dan mineral.

Hal ini karena zat cair tidak berubah unsur kimianya pada saat penguapan. Selain air mendidih dan mendidih, kamu juga menemukan contoh cairan berubah menjadi gas dalam penggunaan parfum.

Parfum adalah cairan, tetapi setelah disemprotkan ke tubuh atau pakaian, cairan parfum menguap ke udara dengan komposisi materi yang sedikit berbeda.

Aroma parfum yang tetap cair tidak banyak berubah ketika menguap ke udara, hanya saja aromanya tidak terlalu kuat, menandakan bahwa aroma parfum cair sedikit berubah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Mencair

Salah satu sifat zat cair adalah dapat melarutkan zat tertentu, mengubah bentuk dan wujud zat cair menjadi unsur lain. Larutan cair ini dapat menunjukkan gejala perubahan, seperti perubahan warna, rasa, atau munculnya bau atau bau tertentu.

Contoh mengubah cairan dengan melarutkan dapat ditemukan dalam pembuatan minuman sirup, kopi, teh, susu, dan larutan lain yang mencampur cairan dengan cairan atau melarutkan cairan dengan padatan.

Melarutkan dan mengubah cairan adalah contoh dari perubahan kimia, mengubah bentuk, warna, rasa atau bau.

Perubahan kimia dalam cairan juga ditandai dengan fakta bahwa objek tidak kembali ke bentuk atau bentuk aslinya. Misalnya kita akan kesulitan memisahkan gula terlarut dalam teh atau kopi.

Sifat Benda Cair

Berdasarkan perubahan wujud benda cair di atas, kamu dapat memetakan bagaimana sifat benda cair sangat mempengaruhi proses perubahannya. Berikut ini sifat benda cair yang perlu kamu ketahui:

  1. Bentuk benda cair akan berubah dan mengikuti bentuk wadahnya
  2. Dalam praktik keberadaannya,benda cair akan menempati suatu ruang
  3. Benda cair memiliki massa karena sifatnya juga yang menempati ruang
  4. Sifat benda cair adalah mengalir ke tempat yang lebih rendah
  5. Benda cair dapat melarutkan suatu zat tertentu dalam proses perubahan wujud bendanya
  6. Bisa meresap lewat celah-celah kecil atau pori-pori benda lain
  7. Sifat benda cair adalah menekan ke segala arah
  8. Permukaannya selalu datar

Nah, itulah penjelasan tentang perubahan wujud benda cair dan sifatnya serta contoh dalam kehidupan sehari-hari. Dalam praktiknya perubahan benda cair pasti sering kamu jumpai karena air adalah bagian penting dalam kehidupan manusia.

Itulah sebabnya materi ini perlu kamu pahami. Buku Kimia Fisika yang ditulis James Wilson dkk dapat memberimu referensi tentang termodinamika yang berhubungan dekat dengan perubahan wujud benda atau pertukaran energi dalam berbagai bentuk benda.

Termasuk bagaimana praktek perubahan wujud benda cair dan jenis benda lainnya yang memiliki sifat-sifatnya sendiri.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com