Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Perubahan Wujud Benda Padat, Ini Maksud dan Beserta Contoh-Nya!

Kompas.com - 17/09/2022, 15:30 WIB
Perubahan Wujud Benda Padat Photo by PublicDomainPictures on pixabay Perubahan Wujud Benda Padat
Rujukan artikel ini:
Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam…
Pengarang: Paul Suparno
|
Editor Rahmad

Seperti pada perubahan wujud benda lainnya, benda padat juga dapat berubah bentuk. Tetapi mereka selalu memiliki bentuk dan volume yang sama. Perubahan wujud benda padat dapat berupa perubahan wujud atau wujud yang diikuti dengan perubahan warna atau bau benda padat tersebut.

Oleh karena itu, perubahan bentuk atau wujud pasti diikuti dengan perubahan warna atau bentuk padatan. Perubahan wujud benda dapat terjadi secara spontan atau melalui perubahan fisika dan kimia.

Perubahan padatan dapat dideteksi berdasarkan proses perubahan seperti peleburan, sublimasi, dan pembekuan. Proses transformasi membutuhkan energi dan panas.

Perubahan Wujud Benda Padat

Di bawah ini adalah uraian tentang perubahan wujud padat beserta contoh-contoh perubahan yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari:

1. Perubahan Bentuk

Perubahan pada bentuk benda padat adalah transformasi benda padat menjadi benda padat lain dengan bentuk lain. Mengubah bentuk suatu benda padat menjadi benda padat lainnya memerlukan metode khusus untuk mengubahnya.

Hal tersebut juga mengubah struktur molekul dari benda padat tersebut. Oleh karena itu, perubahan fisik dan kimia dapat terjadi dalam bentuk benda padat dan dapat menggantikan unsur-unsur kimia yang ada dalam padatan.

Perubahan bentuk benda padat tidak dapat mengembalikan bentuk semula benda padat secara kimiawi sebelum perubahan itu terjadi. Di bawah ini adalah contoh benda padat yang berubah bentuk:

  • Plastik

Benda padat ini termasuk dalam benda padat karena padat atau rapat molekul, fleksibel, agak kaku, dan licin. Ketika plastik mengalami proses pemanasan.

Barang-barang tersebut berubah menjadi barang-barang dengan berbagai bentuk, seperti ember, baskom, kursi, meja, lemari, piring, gelas, dan berbagai barang lainnya yang terbuat dari bahan plastik. Bahan plastik mudah didapat dan harganya murah.

Sehingga kamu dapat dengan mudah menemukan benda-benda plastik. Tidak ada perubahan kimia pada perubahan bentuk ini karena unsur kimia dari plastik adalah sama, hanya bentuknya saja yang berbeda. Ada yang bertambah, ada yang berkurang.

  • Kertas

Benda padat ini terdapat dalam bentuk padatan yang merupakan hasil dari perubahan padatan. Artinya, kayu yang telah dipanaskan menjadi pulp atau bubur kertas.

Bahan kertas tersebut kemudian melalui beberapa proses penyaringan hingga menjadi kertas yang dapat digunakan untuk menulis.

2. Perubahan Wujud Benda padat

Perubahan wujud adalah perubahan benda padat yang tidak hanya berbeda bentuk, tetapi juga berubah wujudnya. Perubahan wujud adalah sejauh mana suatu benda berubah dari wujud padat ke wujud lain, cair atau gas.

Perubahan wujud benda padat meliputi perubahan fisika yang memungkinkannya kembali ke bentuk semula, dan perubahan kimia yang tidak kembali ke bentuk semula karena perubahan unsur kimia.

Di bawah ini adalah contoh benda padat yang mengalami perubahan keadaan yang perlu kamu ketahui:

  • Es batu

Benda padat ini memiliki sifat benda yang berubah dengan cepat. Benda ini memiliki massa jenis dan ukuran seperti benda yang disimpan dalam kondisi tertentu, tetapi sangat mudah berubah bila terkena energi atau panas.

Kamu bisa mengamati bagaimana es berubah bentuk menjadi cair setelah melalui proses pencairan ketika dibiarkan pada suhu kamar yang mengandung energi panas. Es batu berubah menjadi air.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sifatnya berbeda dengan benda padat sebelumnya, yaitu benda cair yang mengikuti bentuk wadahnya dan tidak memiliki massa dan volume yang tetap. Namun, tidak ada perubahan kimia, karena perubahan es batu menjadi air adalah perubahan fisik, hanya bentuk, bukan unsur kimianya.

  • Margarin

Benda pada ini bentuknya lunak. Ketika benda ini dipanaskan, ia berubah bentuk dan menjadi lebih cair.

Margarin yang dicairkan mengubah bentuknya tetapi tidak mengubah unsur kimianya, sehingga ikut serta dalam perubahan fisik. Unsur-unsur yang membentuk padatan tetap sama setelah menjadi cair.

  • Kamper

Benda padat ini dapat berubah bentuk cukup untuk menghilang ketika ditempatkan di ruang yang luas. Alih-alih hilang, kapur barus menyublim ke udara dan berubah dari padat menjadi gas.

Hal ini dapat terjadi karena adanya perubahan tekanan dan temperatur yang dapat merubah bentuk kapur barus.

Sifat padat kapur barus ini juga menjadi gas di bawah pengaruh bentuk wadah dan udara di dalam ruang. Perubahan yang terjadi pada kapur barus adalah perubahan kimia karena unsur kimia kapur barus bercampur dengan udara dan berubah menjadi gas.

Nah, itulah penjelasan tentang perubahan wujud benda padat yang perlu kamu ketahui. Hal ini karena kamu mungkin akan banyak menjumpai praktik contoh teorinya dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa memahami materi ini dalam buku referensi fisika.

Buku Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika yang ditulis Paul Suparno membahas berbagai masalah yang berkaitan dengan kesalahpahaman, khususnya di bidang fisika. Termasuk teori perubahan wujud benda padat, cair, dan gas sekalipun. Apalagi teori perubahan wujud benda yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Buku ini merinci apa yang dimaksud dengan kesalahpahaman, beberapa kemungkinan kesalahpahaman, apa yang menyebabkannya, bagaimana mengenalinya, dan bagaimana mengatasinya pemahaman teori fisika.

Karena mengatasi miskonsepsi selalu dikaitkan dengan perubahan konsep, buku ini juga membahas teori perubahan konsep dan beberapa contoh pembelajaran yang membantu mengubah konsep dari salah menjadi lebih benar.

Pendidik sains pada umumnya akan menemukan buku ini bermanfaat karena ada banyak kesamaan dalam kesalahpahaman di bidang biologi, kimia, astronomi, dan ilmu alam.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com