Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil dan Fakta Menarik Para Anggota LOONA, Girl Group K-Pop yang Tinggal di LOONAVERSE

Kompas.com - 10/09/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: instagram.com/loonatheworld
Rujukan artikel ini:
Shine
Pengarang: Jessica Jung
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Semakin berkembangnya industri hiburan di Korea Selatan kini banyak didukung oleh keberadaan boy group dan girl group yang kian bertambah dari tahun ke tahun.

Tak hanya agensi besar yang sudah banyak dikenal, beberapa agensi kecil juga mulai mengorbitkan grup K-Pop dengan konsep yang unik dan beragam.

Salah satu grup K-Pop yang dikenal lewat konsepnya yang unik adalah LOONA, girl group yang secara resmi diperkenalkan oleh agensi Blockberry Creative sejak tahun 2016.

LOONA memiliki arti ‘Girls of The Month’, mereka hadir dengan konsep yang jarang dimiliki oleh girl group K-Pop pada umumnya, dimana ke-12 orang anggotanya dikisahkan tinggal dalam dunia fiksi yang mereka beri nama ‘LOONAVERSE’.

Di LOONAVERSE, para membernya akan belajar, bertumbuh, dan berkembang bersama para fans yang mereka panggil dengan sebutan ‘Orbit’.

Meski memiliki konsep grup yang terbilang tidak biasa, LOONA yang debut di agensi kecil harus berjuang ekstra keras agar tetap bisa survive di industri K-Pop, dan semakin dikenal luas oleh publik, khususnya di Korea Selatan.

Tanpa disangka, girl group yang memulai debutnya melalui album mini yang bertajuk ‘Plus Plus’ ini berhasil menduduki posisi kedua di Gaon Album Chart.

Untuk mengetahui siapa-siapa saja anggota girl group LOONA yang dikenal memiliki segudang talenta dan visual, kamu bisa simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Profil dan Fakta Menarik Para Anggota LOONA

1. Jo Ha-Seul (Haseul)

Anggota LOONA Anggota LOONA

Leader grup LOONA ini lahir di Gyeonggi, Korea Selatan pada 18 Agustus 1997, ia juga sekaligus menempati posisi sebagai main vocalist atau vokalis utama.

Haseul resmi diperkenalkan pada Desember 2016 melalui lagunya yang bertajuk ‘Let Me In’, ia juga merupakan salah satu member dari sub-unit ‘LOONA?’.

Sebelum bergabung dengan agensi K-Pop, Haseul pernah menempuh pendidikan di Amerika Serikat selama satu tahun, hal inilah yang membuatnya fasih berbahasa Inggris.

Idol yang harus melewati masa trainee selama ± 1 tahun ini sebelumnya juga pernah berpartisipasi dalam ajang survival ‘MIXNINE’ tetapi tidak lolos dalam tahap audisi.

2. Wong Ka Hei (ViVi)

Anggota LOONA Anggota LOONA

ViVi atau Wong Ka Hei adalah member tertua di grup LOONA yang berasal dari Hongkong, ia lahir pada 9 Desember 1996.

Member yang menempati posisi sebagai rapper dan vocalist ini pertama kali diperkenalkan ke hadapan publik pada 13 Februari 2017 setelah merilis single yang bertajuk ‘Everyday I Love You’ dan berduet dengan Haseul.

Sebelum debut di agensi K-Pop, ViVi sudah lebih dulu berkarir sebagai model dengan nama panggung ‘Wong Viian’, namun akhirnya ia memutuskan untuk menjadi penyanyi setelah menonton video musik BIGBANG dan 2NE1.

3. Ha Soo-young (Yves)

Anggota LOONA Anggota LOONA

Member LOONA selanjutnya adalah Haa Soo-young atau yang lebih dikenal dengan nama Yves, ia lahir di Busan, Korea Selatan pada 24 Mei 1997.

Yves yang hanya melewati masa trainee selama 3 minggu pada akhirnya terpilih sebagai lead vocalist dan main dancer, ia pertama kali diperkenalkan pada November 2017 melalui single ‘NEW’, dan tergabung dalam sub-unit ‘yyxy’.

Meski terlihat sulit, nama Yves sebenarnya bisa dilafalkan dengan sebutan ‘Eve’, ia sebelumnya sempat tergabung sebagai trainee di Hunus Entertainment sebelum akhirnya memilih Blockberry Creative sebagai tempatnya bernaung.

4. Jung Jinsol (Jinsoul)

Anggota LOONA Anggota LOONA

Jinsoul lahir di Chuncheon, Korea Selatan pada 13 Juni 1997, ia bertanggung jawab sebagai main rapper dan lead vocalist di dalam grupnya.

Pemilik nama asli Jung Jinsol ini merupakan member LOONA ke-7 yang diungkap ke publik pada 25 Juni 2017 melalui singlenya yang bertajuk ‘Singing in The Rain’.

Member LOONA yang juga tergabung dalam sub-unit ‘ODD EYE CIRCLE’ ini sebelumnya adalah mantan trainee DSP Media dan pernah mempelajari alat musik piano selama ± 9 tahun.

5. Kim Jungeun (Kim Lip)

Anggota LOONA Anggota LOONA

Member selanjutnya adalah Kim Lip, ia lahir pada 10 Februari 1999 di Chungju, Korea Selatan dan menempati posisi sebagai dancer dan vocalist.

Sama seperti beberapa member LOONA lainnya, Kim Lip pertama kali diperkenalkan pada Mei 2017 setelah merilis single ‘Eclipse’, ia juga tergabung dalam sub-unit ‘ODD EYE CIRCLE’ bersama Jinsoul dan Choerry.

Idol yang telah melewati masa trainee selama 1 tahun 2 bulan ini juga dikenal berbakat dalam memainkan beberapa alat musik seperti gitar, piano, dan biola.

6. Kim Jiwoo (Chuu)

Anggota LOONA Anggota LOONA

Member keenam LOONA adalah Chuu, ia lahir pada 20 Oktober 1999 di Chungcheong, Korea Selatan, Chuu menempati posisi sebagai vocalist, rapper, dan face of the group.

Chuu pertama kali diungkap pada Desember 2017 lewat lagunya yang bertajuk ‘Heart Attack’, ia juga tergabung dalam sub-unit ‘yxyy’ bersama Yves, Go Won, dan Olivia Hye.

Idol yang hanya melewati masa trainee selama 1 bulan ini sebelumnya juga pernah membintangi sebuah web drama ‘Dating Class’ pada tahun 2019, hal ini menjadikannya sebagai salah satu member LOONA yang paling banyak dikenal publik.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

7. Jeon Heejin (Heejin)

Anggota LOONA
Anggota LOONA

Jeon Heejin atau yang akrab disapa Heejin lahir pada 19 Oktober 1999 di Gyeonggi, Korea Selatan, ia merupakan visual sekaligus center girl group LOONA.

Heejin pertama kali diperkenalkan pada bulan Oktober 2016 melalui singlenya yang bertajuk ‘Vivid’, ia juga tergabung dalam sub-unit ‘LOONA?’ bersama 3 member LOONA lainnya yakni Haseul, Hyunjin, dan ViV

Member yang juga menempati posisi sebagai dancer, vocalist, dan rapper ini dikenal memiliki visual yang sangat cantik, ia bahkan menempati posisi yang tinggi dalam ajang survival ‘MIXNINE’ namun tidak berhasil debut, sampai akhirnya ia dipilih untuk debut bersama LOONA.

8. Kim Hyun-jin (Hyunjin)

Anggota LOONA
Anggota LOONA

Hyunjin lahir pada 15 November 2000 di Jeonju, Korea Selatan, ia termasuk member dengan masa pelatihan terlama yakni ± 3 tahun, di dalam grup ia menempati posisi sebagai vocalist, dancer, dan rapper.

Ia pertama kali dikenal melalui single ‘Around You’ pada November 2016, di samping itu ia juga tergabung dalam sub-unit ‘LOONA?’.

Sama sepert Heejin, Hyunjin juga pernah mengikuti ajang survival ‘MIXNINE’ dan menempati posisi 11, ia dikenal sebagai idol yang ramah dan berteman dengan beberapa idol dari grup yang berbeda.

9. Park Chaewon (Go Won)

Anggota LOONA Anggota LOONA

Go Won atau Park Chaewon lahir pada 19 November 2000 di Incheon, Korea Selatan dan menempati posisi sebagai rapper, dancer, dan vocalist.

Ia diperkenalkan pada Januari 2018 setelah merilis single ‘One & Only’, selain itu, Go Won juga tergabung sebagai bagian dari sub-unit ‘yyxy’.

Sama seperti Chuu, Go Won juga melewati masa pelatihan selama 1 bulan, sebelum resmi menjadi bergabung dengan agensi, ia pernah berlatih di sebuah akademi dance bernama Lp Dance Academy.

10. Choi Yerim (Choerry)

Anggota LOONA Anggota LOONA

Member LOONA selanjutnya adalah Choerry yang pertama kali dikenal lewat single-nya yang bertajuk ‘Love Cherry Motion’ pada Juli 2017, ia merupakan angota sub-unit ‘ODD EYE CIRCLE’ bersama Jinsoul dan Kim Lip.

Choerry lahir di Buncheon, Korea Selatan pada 4 Juni 2001, ia kini menempati posisi sebagai rapper, dancer, dan vocalist.

Menurut penuturan beberapa member lain seperti Chuu dan Yeojin, Choerry dikenal sebagai member yang paling patuh dan paling ceria, ia juga termasuk member LOONA yang paling feminin.

11. Son Hyejoo (Olivia Hye)

Anggota LOONA Anggota LOONA

Olivia Hye lahir pada 13 November 2001, ia hanya melewati masa pelatihan selama 1 hari tapi berhasil membuktikan kemampuannya dan menempati posisi sebagai rapper, dancer, dan juga vocalist.

Sama seperti Go Won, Olivia Hye juga diperkenalkan pada tahun 2018 melalui singlenya yang bertajuk ‘Hi High.

Member LOONA yang tergabung dalam sub-unit ‘yyxy’ ini sebelumnya juga pernah tergabung dalam FNC Academy, sampai akhirnya ia memilih untuk menetap di Blockberry Creative.

12. Im Yeojin (Yeojin)

Anggota LOONA Anggota LOONA

Member termuda LOONA ini lahir pada 11 November 2002 di Seoul, Korea Selatan, ia menempati posisi sebagai main rapper dan juga vocalist.

Yeojin pertama kali diperkenalkan pada Januari 2017 melalui single yang bertajuk ‘Kiss Later’.

Member yang sering disebut memiliki kemiripan dengan Haseul ini diketahui menyukai grup musik K-Pop SNSD, ia bahkan membawakan lagu ‘Into The New World’ milik SNSD saat pertama kali audisi.

Itulah profil dan beberapa fakta menarik mengenai 12 member LOONA yang terkenal dengan konsep grupnya yang unik dan anti mainstream.

Meski debut di agensi kecil, girl group LOONA telah berhasil membuktikan bahwa kerja keras dan talenta ternyata bisa membawa mereka menuju puncak kesuksesan, jadi semuanya tidak ada yang sia-sia.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak mengenai kerasnya industri hiburan Korea Selatan dan struggle yang biasanya dialami oleh para idol K-Pop, kamu bisa membaca buku Shine yang ditulis oleh Jessica Jung, mantan personil Girls Generation atau SNSD.

Buku ini mengisahkan tentang Rachel Kim, seorang remaja Korea-Amerika biasa yang berusia 17 tahun dan tengah mengejar impiannya untuk menjadi bintang K-Pop.

Demi mewujudkan mimpinya, ia harus rela mengikuti seluruh aturan yang ditetapkan oleh agensinya (DB Entertainment), seperti latihan full 24 jam, harus selalu tampil sempurna, dilarang berkencan dengan siapapun, dan berbagai aturan ketat lainnya.

Permasalahan mulai datang diawali dengan munculnya skandal dari para seniornya di dunia hiburan, hal ini membuat fokus Rachel terganggu,ia dihadapkan pada suatu pilihan untuk tetap bertahan demi impiannya atau mengikuti arus yang akan membawanya pada berbagai konsekuensi.

Buku ini akan semakin menyadarkan para fans bahwa industri K-Pop yang terlihat glamour sebenarnya juga menyimpan banyak rahasia yang belum terungkap.

Buku Shine bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com