Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Lengkap dan Urutan Member BTS yang Tertua Sampai Termuda

Kompas.com - 20/07/2022, 19:00 WIB
Urutan Member BTS Tertua Sumber Gambar: instagram.com/bts.bighitofficial Urutan Member BTS Tertua
Rujukan artikel ini:
The Book Of Bts Army
Pengarang: LEE JEEHENG
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Industri Korean Pop atau K-Pop memang sedang mengalami perkembangan yang signifikan dari tahun ke tahun, berbasis fandom yang kuat dan loyal, eksistensi K-Pop telah berhasil mendunia.

Kesuksesan ini juga tidak terlepas dari kehebatan para idol dalam mengenalkan K-Pop ke berbagai penjuru dunia.

Membicarakan soal idol, kita tentu tidak akan pernah bisa melupakan salah satu boygroup legendaris yang masih aktif berkarya, Bangtan Sonyeondan atau BTS.

Sampai saat ini, BTS masih menjadi salah satu grup yang fenomenal dengan deretan prestasi yang membanggakan rakyat Korea Selatan dan menarik simpati dunia internasional.

Memiliki segudang prestasi yang cemerlang, sebenarnya siapa saja orang-orang yang tergabung sebagai member BTS? Simak penjelasannya berikut ini.

Urutan Member BTS Tertua Sampai Termuda

1. Kim Seok Jin (Jin)

Urutan Member BTS Tertua Urutan Member BTS Tertua

Kim Seok Jin atau yang lebih akrab disapa Jin lahir di kota Gwacheon pada 4 Desember 1992, ia terlahir dari keluarga kaya raya, bahkan ayahnya diketahui merupakan seorang CEO perusahaan terkenal di Korea Selatan.

Menjadi anggota tertua BTS, Jin dikenal dengan warna suaranya yang lembut dan sangat berbakat dalam memasak, di BTS sendiri, Jin menempati posisi sub-vocalist dan visual berkat wajahnya yang tampan sehingga membuatnya sering dipanggil dengan sebutan “worldwide handsome”.

Meskipun ia memiliki kepercayaan diri dengan parasnya yang rupawan, Jin pada awalnya sempat merasa minder karena tidak memiliki kemampuan dalam bernyanyi atau menari, hal inilah yang membuatnya bersemangat untuk latihan lebih keras dibandingkan member lainnya.

Berkat kerja kerasnya yang luar biasa, pria berusia 29 tahun ini telah berhasil menyanyikan beberapa lagu solo seperti Awake, Epiphany, Abyss, serta Moon, yang bisa kamu dengarkan di album-album milik BTS.

Pada akhir tahun lalu, Jin juga didapuk untuk menyanyikan lagu “Yours”, yang dijadikan sebagai salah satu soundtrack drama Korea tvn bergenre misteri yang berjudul “Jirisan”.

2. Min Yoon-Gi (Suga)

Urutan Member BTS Tertua Urutan Member BTS Tertua

Min Yoon-Gi alias Suga lahir di Daegu pada 9 Maret 1993.

Di dalam grup, ia menempati posisi sebagai lead-rapper.

Anak kedua dari dua bersaudara ini resmi bergabung dengan agensi setelah berhasil menjadi runner up dalam open audition yang diselenggarakan oleh Big Hit Entertainment pada tahun 2010, baru kemudian ia menjalani masa trainee dan tergabung dalam line up BTS yang debut pada tahun 2013.

Di kalangan para Army (nama fandom BTS), Suga dikenal memiliki gummy smile yang khas, tapi jangan tertipu dengan wajah imutnya karena ia juga memiliki image yang swag ketika bernyanyi rap.

Perlu diketahui bahwa Suga juga termasuk member yang pekerja keras, terlahir dari keluarga yang sederhana, ia harus rela bekerja paruh waktu untuk tetap bisa membiayai kuliahnya sendiri dan melanjutkan kehidupannya sebagai trainee.

Berkat usaha dan kecerdasannya dalam menulis banyak lagu, Suga berhasil merilis mixtape nya sendiri dengan nama Agust D sekaligus juga meluncurkan beberapa MV (Give it to Me dan Daechwita) yang berhasil ditonton sebanyak satu juta kali hanya dalam kurun waktu 2 jam setelah perilisan di tahun 2016.

3. Jung Hoseok (j-hope)

Urutan Member BTS Tertua Urutan Member BTS Tertua

Member tertua ketiga adalah j-hope, lahir di Gwangju pada 18 Februari 1994, ia menempati posisi lead-rapper dan main-dancer berkat kemampuan rap dan menarinya yang sangat menonjol.

Di dalam grup, j-hope adalah moodmaker yang selalu berhasil membawa kebahagiaan dan keceriaan kepada para member.

Sebelum debut bersama BTS, j-hope juga sempat tergabung dalam sebuah grup street dance “NEURON” dan memiliki nama panggung “Smile Hoya”.

Selain kemampuan rap dan menarinya yang luar biasa, j-hope juga dikenal sebagai salah satu member yang paling fashionable, yang membuatnya dianggap cocok menggunakan style dan gaya berpakaian jenis apapun.

J-hope yang saat ini genap berusia 28 tahun telah berhasil merilis mixtape-nya sendiri pada tahun 2018 yang diberi nama Hope World.

Belum lama ini, tepatnya pada 1 Juli 2022, j-hope juga kembali merilis lagu solo-nya dengan judul “More”, yang sampai saat ini telah berhasil ditonton sebanyak 30 juta kali di platform Youtube.

4. Kim Namjoon (RM)

Urutan Member BTS Tertua Urutan Member BTS Tertua

Member BTS tertua selanjutnya adalah Kim Namjoon atau RM, ia lahir di Yeoui-dong pada 12 September 1994, ia menempati posisi main-rapper sekaligus leader di BTS.

Jika biasanya pemimpin adalah member tertua, BTS tidak menerapkan kebiasaan tersebut, RM ditunjuk sebagai ketua karena ia dinilai memiliki kemampuan serta kecerdasan yang mumpuni.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan IQ 149 dan skor TOEIC 900, RM adalah member yang paling fasih dalam berbahasa Inggris sehingga membuatnya sangat lancar dalam berkomunikasi saat menghadiri berbagai acara, salah satunya saat BTS diundang di sidang umum PBB pada tahun 2018 lalu.

RM adalah member BTS pertama yang bergabung dengan Big Hit Entertainment pada tahun 2010, ia dianggap sebagai seorang pemimpin yang bijaksana dan mampu mengayomi para anggotanya bahkan sampai saat ini.

RM juga dikenal sebagai member yang paling ceroboh dan sering merusak barang yang dipegangnya, tapi selain Suga, RM juga termasuk salah satu member yang paling sering memberikan ide dalam penulisan lagu-lagu BTS.

5. Park Ji-min (Jimin)

Urutan Member BTS Tertua Urutan Member BTS Tertua

Jimin yang memiliki nama panggung sama dengan nama aslinya ini lahir di Busan, 13 Oktober 1995, ia menempati posisi lead-vocalist dan main-dancer bersama dengan j-hope.

Member BTS paling mungil dengan tinggi badan 175 cm ini pada awalnya hanyalah seorang murid biasa dari sekolah seni di Busan, berkat saran gurunya, Jimin mencoba mengikuti audisi yang diselenggarakan oleh Big Hit Entertainment dan berhasil diterima sebagai anggota trainee.

Memiliki warna vokal yang khas dan kemampuan menari yang mumpuni, Jimin ternyata sering menukar waktu tidurnya dan lebih memilih untuk berlatih keras setiap harinya, rutinitas ini terus dilakukannya sampai ia benar-benar resmi terpilih untuk debut bersama BTS.

Selain Jin, Jimin juga menjadi member yang terpilih untuk mengisi soundtrack drama Korea “Our Blues”, bersama dengan Ha Sung-woon dari grup Wanna One, Jimin membawakan sebuah lagu berjudul “With You”, yang telah berhasil menduduki peringkat 5 besar di Spotify Global selama beberapa minggu.

6. Kim Tae-hyung (V)

Urutan Member BTS Tertua Urutan Member BTS Tertua

Member berikutnya adalah V alias Kim Tae-hyung, ia lahir di Daegu pada 30 Desember 1995, meskipun lahir di kota yang sama dengan Suga (Daegu), V lebih banyak menghabiskan waktunya di kota Geochang,

V menempati posisi sebagai vocalist dan visual berkat wajahnya yang tampan, ia bahkan dijuluki sebagai CGV (Computer Graphic V) karena wajahnya mengingatkan pada tokoh anime dan dewa-dewa Yunani.

Meski begitu, ia juga dikenal memiliki kepribadian yang unik sekaligus misterius, menyukai hal-hal yang jarang disukai oleh kebanyakan orang, seperti genre musik, film, dan masih banyak lagi.

Selain bernyanyi dan menari, V ternyata memiliki bakat dalam berakting, terbukti dengan banyaknya pujian yang ia dapatkan setelah dirinya berhasil membintangi drama Korea “Hwarang” pada tahun 2016.

Sebagai seorang musisi, V sukses mengisi beberapa soundtrack drama Korea yang terkenal seperti Hwarang (2016), Itaewon Class (2020), dan Our Beloved Summer (2021).

7. Jeon Jung Kook (Jungkook)

Urutan Member BTS Tertua Urutan Member BTS Tertua

Jungkook adalah member BTS termuda yang lahir di Busan pada 1 September 1997, ia menempati posisi sebagai main-vocalist dan lead-dancer, berkat banyaknya kemampuan yang ia miliki, ia juga dijuluki “Golden Maknae” oleh para penggemar.

Sebelum resmi bergabung dengan BTS, Jungkook mengawali mimpinya dengan mengikuti audisi Superstar K3 namun berakhir gagal, beruntungnya, ia ternyata dilirik dan diincar oleh banyak agensi hiburan Korea.

Walau sempat bimbang, Jungkook akhirnya memutuskan untuk menerima tawaran Big Hit Entertainment, alasannya sederhana, ia merasa kagum dengan bakat rap yang dimiliki Namjoon dan ingin tetap berada di dekatnya untuk waktu yang lama.

Menjalani masa trainee sejak tahun 2011, Jungkook berhasil debut bersama BTS dalam usia yang cukup muda, 16 tahun, namun usia tidak bisa menutupi bakat dan kemampuannya yang luar biasa.

Selain menari dan menyanyi, Jungkook adalah member yang ahli dalam menggambar, berolahraga, rap, bermain gitar, dan ia juga termasuk member yang sangat kompetitif saat bermain games bersama member lain.

Beberapa waktu yang lalu, yakni pada 24 Juni 2022, Jungkook berhasil berkolaborasi dan membawakan lagu “Left and Right” bersama musisi kenamaan dunia, Charlie Puth.

Itulah daftar urutan member BTS dari yang tertua sampai yang termuda, apakah kamu sudah tertarik untuk menyukai salah satu dari mereka?

Buat kamu yang masih penasaran dan ingin tahu lebih banyak mengenai sejarah terciptanya BTS dan perjalanan panjang yang mereka lalui untuk bisa menjadi grup yang besar, kamu bisa membaca buku The Book Of Bts Army yang ditulis oleh Lee Jee Heng.

Tidak hanya mengetahui sejarah BTS, buku ini juga akan memperkenalkan kamu dengan Army, fandom yang berhasil menemani perjalanan BTS dari awal debut sampai saat ini.

Buku ini akan menjelaskan bagaimana proses hubungan yang terjalin antara BTS dan Army, yang ternyata mampu mengawal mimpi-mimpi para member BTS menjadi kenyataan.

Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com