Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Buku BTS, Menyelami Perjuangan dan Kerja Keras para Idola Dunia

Kompas.com - 13/04/2022, 20:06 WIB
Rekomendasi buku BTS Sumber Gambar: twitter.com/bts_bighit Rekomendasi buku BTS
Rujukan artikel ini:
The Book Of Bts Army
Pengarang: LEE JEEHENG
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Industri Korean Pop atau yang lebih dikenal dengan nama Kpop bisa dikatakan sebagai salah satu industri yang berhasil mendunia, dengan jutaan basis fandom yang kuat dan loyal.

Kesuksesan yang didapatkan ini tentunya dipengaruhi oleh kehebatan para idol Kpop yang telah berhasil mengenalkan kebudayaan Kpop ke seluruh dunia.

Jika membicarakan soal idol, kita tentunya tidak akan bisa jauh-jauh dari salah satu boyband yang sedang menjadi perbincangan banyak orang, mereka adalah Bangtan Sonyeondan atau BTS.

Boyband yang debut di bawah naungan Big Hit Entertainment ini telah berhasil menyabet deretan prestasi di berbagai ajang penghargaan, seperti di Billboard Music Award untuk kategori Top Group, Top Song Sales Artist, dan Top Social Artist.

Selain itu, BTS juga menyabet piala Favorite Sosial Artist, Favorite Top Duo or Group, dan Artist of The Year di ajang American Music Awards, bahkan mereka berhasil masuk nominasi Grammy dalam kategori Best Pop Duo/Group Performance dalam 2 tahun berturut-turut.

Tidak tanggung-tanggung, BTS kembali dianugerahi Hwagwan Order of Cultural Merit tingkat lima oleh Presiden Moon Jae-in, karena dinilai telah berkontribusi besar dalam menyebarkan budaya dan bahasa Korea ke seluruh dunia.

Pada 20 September 2021 lalu, ke-7 member BTS menjadi perwakilan Presiden untuk hadir di sidang umum PBB yang diselenggarakan di Majelis Umum PBB New York.

Mereka berbicara dan memberikan harapan kepada para anak muda untuk tetap bisa bangkit di tengah keterpurukan akibat pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai.

Tapi di balik kesuksesan dan keberhasilan yang mereka capai, ada banyak keringat, kerja keras, dan jatuh bangun yang tidak diketahui banyak orang.

Mau tahu bagaimana perjuangan mereka dan alasan apa yang membuat mereka bisa terkenal sampai sekarang? Kamu bisa mengetahui jawabannya lewat buku-buku ini.

Rekomendasi Buku BTS

1. The Book of BTS Army – Lee Jeeheng

Adorable Representative M.C For Youth atau ARMY adalah nama fandom BTS yang dibentuk dan diumumkan secara resmi pada 9 Juli 2013, satu bulan setelah BTS debut.

ARMY diumpamakan sebagai tentara militer, sedangkan BTS adalah baju besi anti peluru yang menandakan bahwa ARMY dan BTS adalah bagian yang tak terpisahkan.

ARMY juga berperan penting dalam perjalanan karir BTS, karena telah mendukung dan membuat BTS berhasil menjadi salah satu bintang di dunia Kpop.

Lewat buku ini, kamu akan mengetahui bagaimana dedikasi dan perjuangan yang dilakukan para ARMY untuk mendukung dan menemani BTS dalam mencapai berbagai impian dalam karir mereka.

2. Map of The Soul: 7 Persona, Shadow, & Ego dalam Dunia BTS – Murray Stein

Map of The Soul 7 merupakan nama salah satu album BTS yang berhasil menjadi best seller, karena setiap lagunya memiliki makna dan kesan yang mendalam dan berkaitan langsung dengan kehidupan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dalam buku ini, Murray Stein ingin menjelaskan arti yang terkandung dari setiap lirik lagu dalam album Map of The Soul 7, yang ternyata bisa dikaitkan dengan kondisi kejiwaan manusia.

Selain itu, Stein juga akan menjelaskan alasan dibalik angka 7 yang dipilih oleh BTS sebagai bagian dari nama album mereka.

Buku setebal 208 halaman ini sengaja ditulis oleh Stein karena ia ingin membantu manusia untuk hidup lebih baik, misalnya dengan cara mencintai diri sendiri, mengenal diri sendiri, dan berani menyampaikan hal-hal yang membuat kita tidak nyaman.

3. Never Ending BTS: BTS Forever and Ever – Karina Tyas Widyaningrum

Sejak memulai debutnya 9 tahun lalu, ke-7 member BTS harus lebih dahulu melewati perjuangan keras sebelum akhirnya sukses menjadi idola, mulai dari diremehkan karena berasal dari agensi kecil, dituduh menjiplak karya orang lain, dituduh memanipulasi penjualan chart musik, hingga dihapus dari line up sebuah acara secara sepihak.

Tapi dengan usaha dan kerja keras, boy grup yang beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook ini berhasil menjadi bintang dan memberi warna baru dalam dunia musik Kpop.

Buku ini akan membagikan kisah para member BTS sejak masa trainee dan bagaimana bentuk dukungan orang-orang yang ada di belakang mereka, seperti para staf, agensi, dan tentunya ARMY yang tersebar di berbagai belahan dunia.

4. BTS Comeback: Your Story, Memory, and Scenery – Na Young

Diantara gelombang Kpop yang terus menghadirkan bintang-bintang baru, BTS masih tetap menjadi grup yang populer bahkan semakin sukses mendobrak pasar musik dunia.

Lewat album Map of The Soul: Persona yang rilis pada 12 April 2019, BTS kembali masuk dalam Top 100 Billboard dan menduduki posisi puncak selama kurang lebih 59 minggu, bahkan total penjualan album ini dinilai berkisar 4 juta kopi.

Melalui buku ini, kamu akan menemukan semua fakta dan rahasia dibalik pembuatan album Map of The Soul: Persona, dan alasan yang membuat album ini laris manis hingga menempati peringkat kedua sebagai album dengan penjualan fisik terbanyak dalam kurun waktu 2010-2021 menurut analisis Gaon Music Chart.

5. BTS: Today We Fight – Shifra Lushka

Lewat karya-karyanya, BTS mengajak ARMY untuk selalu percaya pada kekuatan sendiri, mereka bahkan menunjukkan bahwa totalitas dan kepercayaan diri adalah modal yang penting untuk bisa mencapai impian dalam hidup.

Buku ini akan menunjukkan bagaimana perjuangan yang harus dilalui BTS dalam karir mereka, yang pastinya bisa memberikan motivasi kehidupan untuk para ARMY maupun non-Kpopers yang sedang membutuhkan inspirasi baru.

Itulah beberapa rekomendasi buku yang akan memberikan kamu banyak informasi mengenai BTS, dan sepertinya juga siap mengajakmu untuk menjadi salah satu bagian dari ARMY.

Untuk mendapatkan buku-buku ini, kamu bisa membelinya dengan mudah melalui Gramedia.com, atau kamu juga bisa mengakses versi buku digitalnya melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com