Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Rahasia Krabby Patty dan 5 Teori Tersembunyi dalam Kartun Spongebob SquarePants yang Jarang Kamu Amati

Kompas.com - 05/09/2022, 12:58 WIB
Resep Rahasia Krabby Patty Sumber Gambar: instagram.com/spongebob Resep Rahasia Krabby Patty
Rujukan artikel ini:
Kartun Fisika
Pengarang: Larry Gonick dan Art…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Bagi kamu yang sering menonton kartun Spongebob SquarePants, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan menu andalan masyarakat Bikini Bottom yang dikenal dengan nama Krabby Patty.

Krabby Patty pada dasarnya adalah sajian burger yang berasal dari restoran cepat saji ‘Krusty Krab’ yang tidak lain adalah milik Mr. Krab.

Larisnya Krabby Patty dan berbagai keuntungan lain yang didapatkan Mr. Krab tentu membuat sebagian musuhnya iri, salah satunya adalah Plankton yang juga tengah membuka restorannya sendiri bernama Chum Bucket.

Selain lucu, serial kartun Spongebob Squarepants ternyata juga menyimpan banyak pertanyaan yang menggelitik rasa penasaran penonton, salah satunya adalah mengenai resep rahasia Krabby Patty.

Plankton yang dibantu oleh istri robotnya (Karen), sempat beberapa kali melakukan percobaan pencurian resep Krabby Patty, tapi usahanya selalu berujung pada kegagalan.

Meski terlihat aman, resep rahasia ini ternyata sempat beberapa kali sengaja dibocorkan oleh pihak stasiun televisi Nickelodeon, yang ternyata bertujuan untuk membuat penonton penasaran.

Berikut ini adalah beberapa resep rahasia Krabby Patty yang sempat bocor ke publik.

Resep Rahasia Krabby Patty

1. Bahan-Bahan

  1. Roti Hamburger
  2. Daging Kepiting (rahasia)
  3. Keju
  4. Kecap
  5. Selada
  6. Tomat
  7. Bawang Bombay
  8. Potongan Acar
  9. Seledri Cincang
  10. Minyak Sayur
  11. Telur
  12. Remah-Remah Roti
  13. Mayonnaise
  14. Garam dan Lada
  15. Margarin
  16. Saus Tomat dan Mustard.

2. Cara Pembuatan

  1. Potong-potong daging menjadi ukuran 1 inci, letakkan diatas loyang kecil dan simpan ke dalam freezer selama ± 30 menit.
  2. Keluarkan potongan daging, campur dengan lada dan garam secukupnya, kemudian giling menggunakan penggiling.
  3. Bentuk gilingan daging menjadi bentuk bulatan Krabby Patty.
  4. Panaskan minyak dengan api kecil, panggang daging sampai rata.
  5. Panggang roti diatas margarin sampai meresap sempurna.
  6. Susun Krabby Patty mulai dari roti, selada, daging, keju, tomat, saus tomat, mustard, acar, bawang bombay, dan tutup kembali dengan roti.

Itu dia daftar resep rahasia Krabby Patty yang sempat dibocorkan secara perlahan-lahan kepada para penonton.

Selain soal resep rahasia Krabby Patty, ternyata masih banyak teori lain yang tersembunyi dan jarang diamati oleh para pecinta kartun ini.

Teori apa sajakah itu? Simak penjelasannya.

5 Teori Tersembunyi Kartun Spongebob SquarePants

1. Krabby Patty Berbahan Dasar Kokain

Pada sekitar tahun 2014, ada seorang pengguna internet yang menemukan sebuah pernyataan mengenai resep rahasia Krabby Patty, salah satunya menggunakan bubuk Poseidon Raja Neptunus.

Menurut Urban Dictionary, bubuk Poseidon adalah nama lain dari kokain, bahan dasar inilah yang membuat banyak masyarakat Bikini Bottom menjadi ketagihan dengan Krabby Patty.

Sayangnya beberapa tahun kemudian, nama bubuk Poseidon sudah menghilang dari mesin pencarian Google karena dianggap tidak etis untuk ditampilkan dalam serial anak-anak.

2. Letak Resep Rahasia

Pada episode ke-31 di musim ketiga yang bertajuk “Plankton’s Army’, Plankton sempat mengajak pasukannya untuk mencari dan mengungkap resep rahasia milik Mr. Krab.

Pada akhirnya Plankton berhasil menemukan buku berisi resep rahasia yang tersimpan di dalam brankas ruang kerja Mr. Krabs, namun buku tersebut ternyata cuma akal-akalan Mr. Krabs untuk menipu Plankton.

Pada episode lain, Mr. Krabs pernah menyatakan bahwa resep rahasianya telah disimpan di tempat yang paling aman sampai siapapun tidak bisa menebaknya.

Sayangnya, Squidward bisa dengan mudah menemukan tempat rahasia tersebut, resep Krabby Patty yang melegenda ini ternyata disimpan dalam sebuah botol yang diletakkan dibawah kasur milik Mr. Krab sendiri.

3. Resep Rahasia Berbahan Dasar Cinta

Pada episode 143 musim ke-7 yang bertajuk “The Great Patty Caper”, sempat terungkap beberapa resep rahasia Krabby Patty, namun masih ada bahan lain yang belum disebutkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika merujuk pada beberapa episode lain seperti “Growth Spout” atau “Krabby Road”, ada satu bahan lain yang disebutkan secara berulang-ulang, yakni ‘cinta’.

Meski terdengar klise, kartun ini sempat menyebutkan bahwa bahan dasar Krabby Patty yang paling penting adalah cinta, karena bahan inilah yang akhirnya membuat hidangan ini menjadi terkenal di seantero Bikini Bottom.

4. Resep Rahasia yang Tidak Pernah Ada

Meski sempat bocor, ternyata ada beberapa orang yang berasumsi kalau resep rahasia Krabby Patty ini sebenarnya tidak pernah ada dan hanya sekadar akal-akalan Mr. Krab saja.

Krabby Patty sebenarnya hanya menu hamburger biasa, tapi Mr. Krab sengaja membuat soal formula atau resep rahasia supaya Plankton tidak fokus mengembangkan bisnis Chum Bucket-nya.

Pendapat ini mungkin ada benarnya, karena sepanjang episode Spongebob SquarePants, penonton tidak pernah sekalipun melihat konsistensi atau komitmen Plankton dalam menjalankan bisnisnya, sebab perhatiannya selalu terarah pada resep rahasia milik Krusty Krab.

5. Spongebob SquarePants adalah Metafora dari Perang Dunia II

Salah satu teori gila ini datang dari beberapa penggemar yang menyamakan konsep kartun Spongebob SquarePants dengan kejadian sebelum pecahnya Perang Dunia II.

Menurut mereka, sosok Squidward yang selalu ingin melenyapkan Spongebob adalah penggambaran dari Hitler, seorang seniman ‘gagal’ yang selalu ingin memusnahkan orang-orang Yahudi.

Jika teori ini benar adanya, maka konsep yang terkandung dalam kartun Spongebob tentu masih agak kurang layak jika ditonton oleh anak-anak.

Dari beberapa teori tersembunyi ini, adakah yang kamu percaya? Atau kamu mungkin memiliki teori tersendiri?

Mau dipercaya atau tidak, berbagai macam teori yang muncul ini secara tidak langsung mampu membuat penonton penasaran dan semakin tertarik untuk terus mengikuti serial kartun yang satu ini.

Tanpa disadari, serial kartun tidak hanya bisa dijadikan sebagai sarana hiburan semata, tapi juga bisa menjadi alat pembelajaran untuk meningkatkan daya berpikir anak.

Selain melalui tontonan, para orang tua juga bisa menyajikan kartun animasi dalam bentuk buku bacaan kepada anak, salah satunya adalah buku Kartun Fisika yang ditulis oleh Larry Gonick.

Buku ini menjabarkan beberapa materi Fisika mengenai kecepatan, percepatan, ledakan, listrik, magnet, teori relativitas, dan masih banyak lagi.

Dilengkapi dengan warna, desain, dan berbagai ilustrasi yang lucu, anak-anak akan merasakan suasana belajar yang menyenangkan melalui buku ini.

Tidak hanya itu, buku ini juga akan memberikan beberapa gambaran yang bisa membantu anak-anak untuk memahami ilmu fisika dengan lebih mudah dan praktis.

Untuk membacanya lebih jauh, buku ini bisa dibeli melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com