Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Menghindari Toxic Relationship Untuk Hubungan yang Lebih Ideal!

Kompas.com - 29/08/2022, 16:30 WIB
cara menghindari toxic relationship Photo by StockSnap on Pixabay cara menghindari toxic relationship
Rujukan artikel ini:
Book of Toxic Relationship
Pengarang: TONY IBRAHIM
|
Editor Rahmad

Sederhananya, toxic adalah kondisi seseorang yang sering menimbulkan suasana atau hubungan, baik persahabatan atau cinta jadi sangat merugikan. Itu artinya hubungan diantara keduanya tidak baik dan cenderung merugikan untuk salah satu pihak.

Namun masih ada satu alasan mengapa kebanyakan orang memiliki hubungan yang tidak sehat dengan pasangannya. Ini adalah rasa takut sendirian. Jika ini terjadi pada kamu, ingatlah bahwa kamu pantas mendapatkan yang lebih baik.

Mungkin langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengevaluasi pilihan masa lalu dan masa kini sebagai cara menghindari toxic relationship dan hal-hal buruk lain dalam hubungan dengan pasanganmu.

Cara Menghindari Toxic Relationship

Berikut ini cara menghindari toxic relationship yang bisa kamu lakukan untuk bisa membagun hubungan yang lebih ideal dengan pasangan:

1. Temukan Chemistry

Chemistry biasanya ada pada ketertarikan fisik, tetapi juga dapat mencakup ketertarikan intelektual. Ini adalah tentang cara bagaimana kamu bisa menemukan orang yang tepat. Apakah kamu menikmati hubungan satu sama lain?

Apakah ada chemistry di antara kalian berdua? Ini penting karena tanpa ini kalian hanya berteman dalam suatu hubungan. Jika kamu tidak menemukan kecocokan dengan seseorang, sebaiknya tidak mengambil langkah lebih lanjut untuk mengembangkan hubungan romantis untuk menghindari hubungan yang toxic di kemudian hari.

2. Bisa Menyesuaikan Diri

Ini tentang berbagi tujuan bersama, bersenang-senang bersama, menyukai satu sama lain, dan melewati masa-masa sulit bersama. Jika kamu hanya tertarik pada seseorang dan tidak memiliki chemistry dan kecocokan dengan orang itu, kamu mungkin berada dalam hubungan yang berat sebelah dan tidak sehat.

3. Jangan Takut Sendirian

Banyak orang senang dengan hubungan yang salah karena takut menjadi lajang. Orang cenderung merasakan stigma ini ketika mereka tidak memiliki pasangan. Kamu seolah-olah menggantungkan kebahagiaanmu pada orang lain tanpa berusaha bahagia dengan diri sendiri.

4. Pikirkan Sebelum Berkencan

Buatlah kriteria sifat yang menentukan pasangan masa depanmu, tetapi bukan hal-hal sepele seperti wajah atau tipe tubuh. Ini jauh lebih penting daripada kepribadian,

Seperti kecerdasan atau rasa tanggung jawab. Jadi, ketika seseorang mendekatimu, maka kamu sudah memiliki kendali yang cukup atas diri sendiri sehingga tidak mudah terpana oleh penampilannya.

Kamu akan cenderung tidak terburu-buru menjalin hubungan dengan seseorang yang tidak sesuai dengan daftar daftar kriteria standar yang sudah kamu buat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Jangan Mudah Puas

Jika kamu dengan mudah berkompromi pada sesuatu yang buruk dan menganggapnya wajar, maka biasanya berakhir dalam hubungan yang toxic. Fokus pada kesepakatan yang kamu buat dan pilihlah pasangan yang bisa membuat bahagia dalam hidupmu.

6. Temukan Pasangan yang Mendorong Kamu untuk Mengekspresikan Diri

Dengan kata lain, kamu bisa menjadi diri sendiri dan tidak hanya mengikuti keinginannya. Hubungan yang baik adalah ketika kamu merasa aman, nyaman, dan dapat mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan kamu secara terbuka tanpa takut ditolak.

7. Menumbuhkan Rasa Saling Menghormati

Mereka dapat menerima, mengagumi dan menghormati satu sama lain. Jika kamu tidak menghormati pasangan maka kamu akan merusak kecocokan dan mengarah pada hasil yang buruk.

Pasangan yang benar-benar peduli denganmu adalah seseorang yang menghargai nilai dalam dirimu. Dia menghargaimu, memuji, dan mendorongmu untuk melakukan hal-hal yang sesuai dengan minatmu.

8. Pastikan Dia Dapat Dipercaya

Berhati-hatilah jika kamu bisa mempercayai pasangan. Apakah dia adalah seseorang yang dapat kamu andalkan? Atau apakah dia menunjukkan konsistensi dalam kata-kata dan tindakannya? Berhati-hatilah untuk tidak masuk ke dalam hubungan yang toxic.

9. Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang baik dianjurkan untuk menghindari hubungan yang tidak sehat. Pastikan dia memprioritaskan dan menghargai hubungan kalian.

10. Pilih Pasangan yang Selalu Terbuka

Hubungan yang baik adalah ketika pasangan selalu memasukkan kamu ke dalam lingkaran hidupnya. Saat dia bahagia, dia akan selalu memikirkanmu dan berusaha membuatmu bahagia daripada sendirian dengan teman-temannya. Atau kamu adalah orang pertama yang dia datangi ketika dia memiliki masalah. Dia selalu terbuka apapun situasinya.

Buku Book Of Toxic Relationship yang ditulis Tony Ibrahim memberikan arahan yang besar untuk hubunganmu. Matamu akan lebih terbuka pada hubungan yang sedang kamu jalani dengan seseorang, baik saat ini atau masa lalu.

Kehidupan pribadimu akan jauh lebih baik dan lebih ideal karena pengetahuan dan wawasan mu yang bertambah tentang bagaimana menjalin hubungan yang baik agar tidak terhindar dari toxic relationship.

Buku ini sendiri bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com