Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mengapa Pentingnya Kamu untuk Keluar dari Zona Nyaman

Kompas.com - 01/08/2022, 17:30 WIB
Alasan Pentingnya Kamu Keluar dari Zona Nyaman Sumber: sehatq.com Alasan Pentingnya Kamu Keluar dari Zona Nyaman
Rujukan artikel ini:
Chicken Soup For The Soul:…
Pengarang: Amy Newmark
|
Editor Rahmad

Tidak dapat dipungkiri jika banyak orang yang menyukai dengan hal-hal yang membuat mereka nyaman. Namun, tidak jarang hal yang membuat kamu ada di zona nyaman, malah membuatmu merasa terlena, tanpa adanya tekanan, fleksibel, dan dapat bersenang-senang dan melupakan visi awal kamu.

Tanpa kita sadari, zona nyaman itu dapat menghambat dirimu sendiri untuk maju dan berkembang. Hal itu disebabkan kamu hanya ingin mengerjakan hal yang itu-itu saja tanpa ada motivasi ataupun pelajaran baru. Inilah mengapa kamu dianjurkan supaya keluar dari zona nyaman, agar kamu bisa berkembang dan lebih produktif.

Berikut ini beberapa alasan pentingnya kenapa kamu harus keluar dari yang namanya zona nyaman.

Alasan Pentingnya Keluar dari Zona Nyaman

Alasan Pentingnya Kamu Keluar dari Zona Nyaman Alasan Pentingnya Kamu Keluar dari Zona Nyaman

Sumber: memegenerator.net

1. Zona nyaman bisa mematikan kreativitas

Alasan yang pertama adalah jika kamu terlalu lama di zona nyaman, hal tersebut bisa mematikan kreativitas pada otakmu.

Hal itu disebabkan semua kegiatan yang biasa kamu lakukan sudah ditata dengan rapi dan juga monoton. Inilah yang membuat kreativitas kamu bisa hilang, merasa sudah tidak ada lagi tantangan, dan bahkan kamu tidak menyadari kekurangan yang ada pada diri kamu.

2. Menjadi pribadi yang open-minded

Dengan keluarnya kamu dari zona nyaman, maka kamu bisa menjadi pribadi yang lebih open-minded. Ini dikarenakan kamu akan mempunyai pemikiran yang lebih terbuka. Kamu juga lebih mengeksplorasi pikiranmu untuk lebih kreatif, tampil berbeda, serta menerima pada sudut pandang yang baru. Dengan begitu, peluang kesuksesan kamu akan semakin tinggi.

3. Menyukai tantangan

Karena kamu sudah terbiasa berada di zona nyaman, mungkin saat kamu keluar dari zona nyaman ini, kamu akan merasa tantangan yang kamu hadapi ini tampak sangat sulit bahkan sangat mustahil untuk kamu lakukan.

Namun, setelah kamu sukses melaluinya dan mampu menghadapinya apapun itu yang terjadi, kamu akan menyadari kekuatan yang ada pada diri kamu. Dengan begitu, kamu akan lebih menyukai sebuah tantangan baru.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Menyadari akan potensi diri

Kalau selama ini kamu tidak menyadari akan potensi diri yang kamu punya, maka saat kamu keluar dari zona nyaman, kamu akan eksplor kemampuanmu, mampu menemukan ide-ide yang baru, serta mempunya pemikiran yang kritis. Imbasnya, kamu akan menjadi pribadi yang lebih maju dan lebih berkembang yang akan berdampak pada kesuksesanmu.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Tanpa disadari, ketika kamu melangkah keluar dari zona nyaman, kamu akan merasa seperti adanya kekuatan dan kemampuan yang sebelumnya belum kamu pahami kini menjadi semakin terlihat.

Seringkali, pada saat kamu sukses menghadapi sebuah tantangan yang baru, maka akan meningkatkan kemampuanmu, sehingga rasa percaya diri kamu juga akan tumbuh berlipat.

6. Menjadi inspirasi bagi sekitar

Begitu kamu berhasil keluar dari zona nyaman dan sikapmu terlihat berubah, maka orang-orang sekitarmu pasti akan mulai melihat kamu dan bahkan bisa terinspirasi oleh pencapaian yang kamu dapatkan. Dari sini tentu akan ada perasaan senang dan bangga.

Ketika orang lain melihat perubahan yang kamu buat, mereka tentu akan tertarik saat mendengar kisahmu.

Untuk memantapkan dirimu yang ingin mencoba untuk keluar dari zona nyaman, kamu bisa membaca buku Chicken Soup For The Soul: Keluar Dari Zona Nyaman. Buku ini memberikan motivasi kepada para pembacanya untuk terus bergerak dan melangkah ke depan. Buku ini menceritakan bahwa orang-orang yang ada di dalam buku ini melakukan hal-hal baru demi memperluas wawasan mereka dan tantangan untuk mengatasi rasa ketakutan mereka.

Mereka mencoba keluar dari zona nyaman dengan melakukan hal sederhana seperti mencoba makan makanan asing sampai memberi imbalan perubahan pekerjaan, hingga melakukan bepergian ke luar negeri. Jadi, kamu bisa menaklukkan diri sendiri dan kemudian bisa menjadi pribadi yang lebih baru dan menunjukkan siapa yang lebih baik dan bersyukur.

Kamu bisa langsung memesan segera buku tersebut di https://www.gramedia.com/

Jadi, sudah siapkah kamu untuk keluar dari zona nyamanmu? dengan kamu melihat beberapa alasan pentingnya keluar dari zona nyaman, berarti kamu sudah memahami bahwa keluar dari zona nyaman akan membawa kamu pada perubahan yang positif. Tentunya akan mendukung kesuksesan kamu di masa yang akan datang.

Tunggu apa lagi, langsung saja pesan dan beli bukunya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com