Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan, Sebuah Karya Fenomenal yang Menggemparkan

Kompas.com - 16/02/2023, 13:24 WIB
Review Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan Sumber Gambar: Gramedia.com Review Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan
Rujukan artikel ini:
Sejarah Dunia Yang Disembunyikan
Pengarang: Jonathan Black
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Bagi para penikmat dan pembaca setia buku-buku berlatar belakang sejarah, pasti sudah tidak asing lagi dengan karya Jonathan Black yang satu ini. Baca pula Rekomendasi Buku Sejarah Dunia Terbaik di sini!

Berkat penemuan-penemuan terbaru yang ia temukan, Sejarah Dunia yang Disembunyikan sempat menjadi buku yang menggemparkan dan menjadi perbincangan hangat di berbagai platform.

Sebelum jauh membaca isi bukunya, Jonathan Black juga cukup cerdas saat menentukan judul buku ini sehingga terdengar sangat fenomenal dan mampu menggelitik rasa penasaran para pecinta buku.

Bagi kamu yang penasaran dan sedang membutuhkan bacaan baru, simak review buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan berikut ini.

Deskripsi Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan

Dari generasi ke generasi, kita selalu mendengar istilah bahwa sejarah sejatinya ditulis oleh para pemenang, entah siapapun orangnya.

Tetapi, bagaimana kalau cerita sejarah yang selama ini kita yakini, ternyata ditulis dan dikisahkan oleh orang yang salah?

Bagaimana kalau sebagian besar cerita sejarah yang pernah kita baca dalam buku, nyatanya tidak sesuai dengan kejadian sebenarnya?

Dalam buku ini, Jonathan Black akan mengupas secara mendalam berbagai misteri yang ada dalam sejarah dunia, mulai dari mitologi Yunani, Mesir Kuno, cerita kepercayaan rakyat Yahudi, Kultus Kristiani, Freemason, George Washington, Hitler, Muhammad SAW, hingga legenda seribu satu malam yang tersohor.

Buku ini akan membuatmu bisa berpikir lebih kritis dan mempertanyakan kembali mengenai segala sesuatu yang telah kamu pelajari sebelumnya.

Narasi Apa yang akan Dibahas dalam Buku Ini?

Menggunakan pengetahuan alternatif yang rasional, Jonathan Black berusaha untuk mengungkap banyak rahasia besar yang selama ini disembunyikan dari publik.

Empat bab pertama dalam buku ini akan memperlihatkan bagaimana “rahasia” tersebut dibuat oleh pihak-pihak tertentu, dengan tujuan untuk menunjukkan bagaimana pandangan serta respon masyarakat dunia terhadap rahasia tersebut.

Pada bab-bab selanjutnya, buku ini akan menampilkan banyak mitos serta legenda yang sebelumnya tidak diajarkan di sekolah umum, dan tentang berbagai perubahan yang terjadi di bumi sebagai akibat dari suatu peristiwa sejarah tertentu.

Selain itu, Jonathan Black juga menyelipkan kisah-kisah lain, misalnya tentang monster dan bintang-bintang yang menakjubkan, ramalan-ramalan sejarah, serta tokoh-tokoh sejarah yang berkomplot untuk mengatur jalannya sebuah peristiwa.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Melalui buku ini, penulis berharap bahwa pembaca akan mampu menerima dan menikmati setiap gagasannya mengenai suatu peristiwa sejarah, yang mungkin saja tidak sesuai dengan apa yang selama ini diyakini oleh pembaca.

Review Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan

Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan merupakan sebuah buku terjemahan karya Jonathan Black yang berjudul “The Secret History of the World”, yang telah terbit pada tahun 2007.

Buku ini menjadi salah satu buku sejarah dengan topik yang menarik dan universal, sehingga mampu dibaca oleh siapa saja, tanpa pembacanya harus berpihak pada tokoh manapun. Baca selengkapnya Review Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan.

Buku tebal yang terdiri dari 600+ halaman ini akan menyajikan berbagai fakta baru mengenai sejarah dunia yang belum diketahui oleh masyarakat luas, atau mungkin sengaja disembunyikan oleh pihak tertentu.

Dalam pemaparan narasi sejarahnya, Jonathan berupaya untuk membuat para pembacanya kembali merenungkan tentang bagaimana sejarah telah banyak berkembang dari masa ke masa, dan bagaimana manusia memandang suatu peristiwa sejarah.

Pada dasarnya, sejarah merupakan sebuah alat paling ampuh bagi manusia untuk bisa melihat masa lalu sekaligus masa depan, sehingga kehadiran buku ini akan terasa sangat berarti bagi pembaca yang ingin belajar dari berbagai kejadian yang terjadi di masa lampau.

Walau terbilang luar biasa, karya yang satu ini sebenarnya masih memiliki beberapa celah yang rasanya akan sedikit mengurangi minat orang-orang untuk membacanya lebih jauh.

Sayangnya, buku ini banyak menggunakan istilah asing yang mungkin akan terdengar awam bagi sebagian orang, terutama istilah yang berkaitan dengan agama, kepercayaan, atau adat tertentu.

Walaupun dilengkapi dengan glosarium, tapi buku ini masih dipenuhi dengan beberapa filosofi sejarah dengan teori-teori aneh yang rasanya akan sulit untuk dipahami oleh pembaca umum, terutama bagi mereka yang tidak memiliki basis pengetahuan mengenai sejarah.

Meskipun demikian, kamu sebenarnya tetap bisa menjadikan buku ini sebagai pedoman awal untuk mempelajari dan memperdalam pengetahuanmu mengenai sejarah.

Jadi, cobalah untuk membacanya dengan perlahan untuk bisa lebih memahami setiap kata demi kata.

Pada dasarnya, buku ini mampu memberikan berbagai pengetahuan serta pengalaman baru yang tidak akan kamu temukan dalam karya-karya lain.

Bagi kamu yang penasaran dan tertarik untuk mengikuti sebuah petualangan melintasi waktu, kamu bisa mendapatkan buku ini melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com