Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Drama Korea Terbaru 2022 Paling Populer, Jangan Sampai Kamu Lewatkan!

Kompas.com - 25/06/2022, 12:00 WIB
Drama Korea Terbaru 2022
Sumber Gambar: Freepik.com Drama Korea Terbaru 2022
Rujukan artikel ini:
Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982
Pengarang: Cho Nam-Joo
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Drama Korea saat ini memang telah menjadi tontonan yang sangat populer di Indonesia, entah itu dari genre aksi, romantis, drama, hingga komedi.

Drama Korea biasanya memiliki kelompok peminatnya sendiri.

Apalagi di era media sosial yang sudah ramai seperti sekarang, drama Korea telah banyak menjadi topik perbincangan yang ramai di berbagai kalangan, hal ini tentunya akan memudahkanmu untuk mencari rekomendasi drama Korea yang seru untuk dijadikan sebagai sumber hiburan.

Bahkan sejak awal tahun 2022, drama Korea telah berhasil mencuri perhatian publik sejak awal penayangannya, dan berakhir membuat penonton susah untuk move on karena alur ceritanya yang begitu memikat.

Bagi kamu yang sudah kehabisan daftar tontonan, tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa rekomendasi drama korea terpopuler seru yang bisa kamu nikmati saat akhir pekan berikut ini.

Daftar Rekomendasi Drama Korea Terpopuler Tahun 2022

1. All of Us Are Dead

Drama yang tayang perdana pada akhir Januari 2022 ini mengisahkan tentang perjuangan sekelompok siswa SMA Hyosan yang terperangkap di sekolah, dan harus menyelamatkan diri dari wabah virus zombie yang telah menyerang hampir seluruh kota.

Mereka harus segera keluar dari lingkungan sekolah sebelum terinfeksi virus yang bisa membuatnya berubah menjadi zombie dan menyerang siswa lainnya.

Mereka berupaya untuk melawan para zombie dengan menggunakan barang-barang yang ada di sekolah.

Beberapa siswa telah berusaha menghubungi polisi untuk meminta bantuan, tapi selalu saja dianggap sebagai gurauan semata, sampai akhirnya virus ini benar-benar telah menyebar dan membuat satu kota harus mengalami isolasi.

Drama dengan total 12 episode ini merupakan sebuah adaptasi dari cerita Webtoon karya Joo Dong Keu yang berjudul “School Attack” dan telah diterbitkan sejak tahun 2009.

Tanpa disangka, drama yang dibintangi oleh para aktor dan aktris muda berbakat ini berhasil membius jutaan penonton dan membuatnya menduduki posisi puncak dalam Top 10 tayangan Netflix di lebih dari 29 negara, termasuk Korea Selatan, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Jerman, dan masih banyak lagi.

2. Twenty Five Twenty One

Twenty Five Twenty One merupakan sebuah drama yang mengisahkan tentang kehidupan Baek Yi-jin (diperankan oleh aktor Nam Joo-hyuk), anak sulung yang harus hidup mandiri setelah keuangan keluarganya terpuruk akibat krisis ekonomi yang sempat melanda Korea Selatan pada tahun 1998.

Untuk menyatukan dan memperbaiki kondisi ekonomi keluarganya, Yi-jin merelakan dirinya untuk melakukan berbagai macam pekerjaan paruh waktu, mulai dari mengantarkan koran hingga menjaga toko komik.

Saat tengah mengantar koran, ia bertemu dengan Na Hee-do (diperankan oleh aktris Kim Tae-ri), gadis 18 tahun yang menjadi atlet anggar di sekolahnya.

Krisis ekonomi ternyata juga berdampak pada Hee-do saat tim anggar sekolahnya terpaksa dibubarkan karena kekurangan dana operasional.

Hal ini membuat Hee-do harus pindah sekolah demi memperjuangkan mimpinya menjadi atlet sekaligus untuk mengajar atlet anggar idolanya, Go Yoo-rim (diperankan oleh Kim Ji-yeon atau Bona WJSN).

Drama ini kemudian berlanjut pada perjuangan keduanya untuk bisa sama-sama bangkit melawan krisis kehidupan, juga tentang kisah cinta mereka yang akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Drama yang bisa membuat penontonnya mengenang masa muda ini berhasil menjadi salah satu drama terpopuler di tahun ini, dan konsisten menempati posisi pertama dengan mencetak rating 11,5 persen di setiap episodenya.

3. A Bussines Proposal

Drama komedi romantis yang satu ini telah banyak menjadi perbincangan hangat di mancanegara. Baca pula Rekomendasi Drama Korea Komedi lainnya disini!

Alur ceritanya sendiri diadaptasi dari Webtoon “The Office Blind Date” yang juga populer pada pertengahan tahun 2020.

Mengisahkan tentang Shin Ha Ri (diperankan oleh aktris Kim Se Jeong) yang dimintai tolong oleh sahabatnya, Jin Young Seo (diperankan oleh aktris Seol In Ah), untuk menggantikannya dalam sebuah acara kencan buta.

Dengan perasaan ragu dan berat hati, Shin Ha Ri menerima tawaran tersebut dengan iming-iming uang yang saat itu sedang sangat ia butuhkan.

Dalam acara kencan buta tersebut, Ha Ri bertemu dengan sosok pria tampan yang menarik bernama Kang Tae-moo (diperankan oleh aktor Ahn Hyo Seop) dan langsung membuatnya jatuh cinta.

Tapi, ia tetap membulatkan tekad untuk bertingkah gila demi membatalkan perjodohan sahabatnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tidak jauh berbeda, Tae-moo juga berencana menolak permintaan kakeknya untuk dijodohkan.

Ia kemudian mengajak Ha Ri untuk berpura-pura menjalani hubungan palsu demi mengelabui sang kakek, walau pada akhirnya Tae-moo justru jatuh cinta pada sosok Ha Ri yang ceria dan menyenangkan.

Walau ide dan alur ceritanya dianggap terlalu klise, drama ini ternyata mampu menarik hati para penonton dengan akting para pemainnya yang terasa sangat lihai dalam membawakan perannya.

Popularitas drama ini bahkan hampir menyamai capaian popularitas yang dimiliki oleh drama Twenty Five Twenty One, dengan berhasil menembus rating rata-rata sebesar 10,1 persen per episodenya.

4. Ghost Doctor

Serial drama bergenre medis supranatural ini berkisah tentang kehidupan dua orang dokter dengan latar belakang, kepribadian, serta keterampilan yang sangat bertolak belakang.

Menceritakan tentang Cha Young Min (diperankan oleh Rain), seorang dokter ahli bedah yang jenius dan paling bisa diandalkan untuk urusan operasi pasien, walau sayangnya ia adalah orang yang dingin, arogan, dan egois.

Di rumah sakit tempatnya bekerja, ia bertemu dengan Go Seung Tak (diperankan oleh Kim Bum), seorang dokter residen dari keluarga kaya raya, bahkan kakeknya sendiri adalah pendiri dari rumah sakit tersebut.

Di suatu malam, terjadi sebuah insiden kecelakaan mobil yang membuat Cha Young Min terbaring koma, namun rohnya tetap bisa berjalan-jalan dan memasuki tubuh Go Seung Tak, satu-satunya manusia yang bisa melihatnya dalam bentuk roh.

Tanpa mereka sadari, ada serangkaian peristiwa panjang di masa lalu yang ternyata menjadi alasan pertemuan mereka, dan akan mulai terkuak seiring berjalannya waktu.

5. Tomorrow

Tomorrow menceritakan tentang Choi Joon-woong (diperankan oleh Rowoon SF9), seorang pemuda yang baru saja lulus perguruan tinggi, namun mengalami kecelakaan saat berusaha melamar pekerjaan.

Saat terbangun di rumah sakit, ia bertemu dengan dua malaikat maut bernama Goo Ryun (Kim Hee-sun) dan Lim Ryoong-oo (Yoon Ji-on).

Mereka berasal dari Tim Manajemen Krisis yang bertugas untuk menyelamatkan nyawa orang-orang yang berniat bunuh diri.

Tertarik dengan pekerjaan yang dilakukan oleh dua malaikat maut tersebut, Joon-woong akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan tim dan menjadi anggota termuda.

Drama dengan total 16 episode dan tayang di platform Netflix ini merupakan hasil adaptasi dari cerita Webtoon yang sempat populer pada tahun 2017.

Dengan ide cerita yang terasa relate dengan kehidupan, drama ini berhasil menarik hati jutaan penonton tidak hanya di Korea Selatan, tapi juga di negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Itulah beberapa drama Korea yang tayang perdana di tahun ini dan tanpa disangka berhasil mencuri hati jutaan penonton dari berbagai negara.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Korea Selatan masih menjadi salah satu negara dengan industri hiburan paling sukses saat ini, mulai dari drama Korea (drakor), film Korea, sampai ke K-Pop.

Tidak hanya itu, Korea Selatan juga memiliki banyak penulis berbakat yang piawai dalam menciptakan dan menyajikan berbagai karya yang tidak hanya laris di negaranya, tapi juga di toko-toko buku negara lain, termasuk Indonesia.

Salah satu buku karangan penulis Korea yang populer di Indonesia adalah buku Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982 yang ditulis oleh Cho Nam-Joo.

Menceritakan tentang kisah hidup Kim Ji-Yeong, sosok wanita yang sering mengalami perlakuan diskriminatif selama hidupnya.

Di tengah kehidupan yang masih menjunjung tinggi budaya patriarki, ia berusaha keras untuk tetap tegar demi bisa survive di lingkungan yang membuatnya merasa tertekan.

Berbagai permasalahan yang terus menerus terjadi dalam hidupnya tanpa sadar membuatnya tertekan dan terjebak dalam perasaan depresi.

Melalui buku ini, pembaca akan menyadari bahwa diskriminasi, kesetaraan gender, dan mental health sesungguhnya masih menjadi masalah yang berat untuk diselesaikan.

Buku Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982 ini bisa kamu beli dan dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com