Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Film Korea Terbaik yang Bisa Kamu Tonton Saat Libur Akhir Pekan

Kompas.com - 17/06/2022, 08:25 WIB
Film Korea Terbaik Sumber Gambar: Freepik.com Film Korea Terbaik
Rujukan artikel ini:
Mr Sunshine 1
Pengarang: KIM EUN SOOK
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Saat mendengar kata Korea, pikiran kamu pasti akan langsung tertuju pada drama Korea (drakor) dan para idol grup Kpop yang telah berhasil menyita perhatian masyarakat dunia.

Tidak heran, Korea Selatan memang telah menjadi salah satu negara dengan industri hiburan paling sukses sejak beberapa tahun kebelakang.

Selain itu, eksistensi film-film di Korea sebenarnya juga tidak bisa dianggap remeh, karena sudah banyak sekali filmmaker yang berhasil menciptakan ratusan film dengan berbagai genre.

Bahkan, ada beberapa film Korea yang tetap bisa eksis dan bersaing walau masa tayang perdananya sudah lebih dari 5 sampai 10 tahun lalu. Baca pula Rekomendasi Film Korea Sedih disini!

Berbeda dengan drama Korea yang tayang dengan format episode, film-film ini hanya tayang dalam 2 sampai 3 jam saja, namun tetap mampu menampilkan kisah yang padat dan seru.

Format tayang film-film ini tentunya mampu memberikan keuntungan bagi orang-orang yang sibuk bekerja dan hanya bisa bersantai di akhir pekan.

Bagi kamu yang tertarik dan ingin mencoba menonton film yang menarik, berikut adalah beberapa rekomendasi film asal Korea terbaik yang bisa kamu jadikan hiburan di akhir pekan.

Rekomendasi Film Korea Terbaik

1. Memories of Murder

Sebuah film karya sutradara Bong Joon-ho ini bisa dikategorikan sebagai salah satu karya yang paling fenomenal di dunia perfilman Korea Selatan.

Ide cerita dalam film ini diambil dari kisah nyata, yang kasus aslinya masih sangat misterius dan belum bisa terpecahkan sejak 20 tahun yang lalu.

Memories of Murder menceritakan tentang kisah seorang pembunuh berantai bernama Lee Choon-jae atau lebih dikenal dengan Hwaseong Serial Killer, atau Korean Zodiac Killer.

Kisah dalam film ini lebih berfokus pada cerita para detektif yang tengah berusaha mengungkap kasus pembunuhan berantai yang misterus, yang berlatar di kota Hwaseong pada tahun 1986.

Detektif Park Doo Man dan beberapa rekannya, terus berupaya keras untuk mengumpulkan banyak bukti terkait kasus tersebut, walau di tengah perjalanan mereka seringkali terkena jebakan dari orang-orang jahat yang juga mengancam nyawa mereka.

Bagaimana nasib para detektif selanjutnya dan mampukah mereka mengungkap kasus ini? Rasa penasaran kamu akan terjawab setelah menonton film ini.

2. Miracle in Cell No. 7

Sebuah film bergenre drama yang tayang perdana pada tahun 2013 ini sukses mengaduk-ngaduk emosi dan membuat para penontonnya menangis haru.

Mengisahkan tentang Lee Yong-go, seorang ayah penyandang disabilitas yang tinggal dan hidup bersama putrinya yang berusia 6 tahun bernama Lee Ye-sung.

Pada suatu ketika, sang ayah divonis hukuman mati atas tuduhan pemerkosaan dan pembunuhan yang sebenarnya tidak pernah ia lakukan, namun sayangnya pihak pengadilan tidak mau mengubah keputusan vonisnya.

Walaupun memiliki keterbelakangan mental, Lee Yong-go sangat mencintai dan mengkhawatirkan keadaan putrinya.

Dibantu oleh beberapa rekan narapidana yang kocak serta baik hati, Lee Yong-go menyusun sebuah rencana dan berusaha untuk menemui putri kesayangannya tersebut.

Berhasilkan ia menemui sang putri dan bagaimanakah soal vonis hukuman mati yang dijatuhkan padanya? Ikuti kisah lengkapnya dalam film ini.

3. Train to Busan

Train to Busan merupakan sebuah film bergenre horror-thriller besutan sutradara Yeong Sang-ho, yang berhasil menyita perhatian penonton di seluruh dunia.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Film ini berkisah tentang wabah virus zombie yang tiba-tiba saja menyebar di sebuah kereta yang bergerak menuju kota Busan, dan tentang bagaimana para penumpangnya yang berusaha bertahan hidup di tengah bencana zombie apocalypse yang melanda hampir di seluruh kota.

Seorang ayah bernama Seok-Woo yang diperankan oleh aktor ternama Korea Selatan, Gong Yoo, menjadi tokoh sentral yang dikisahkan tengah berjuang untuk tetap bertahan hidup demi menyelamatkan dan mempertemukan putrinya dengan sang ibu.

Sejak pertengahan sampai ending, film ini mampu membawakan beragam aksi yang menegangkan dan membuat para penontonnya ikut merasakan ketegangan yang dihadapi para tokohnya.

Tidak heran, film ini berhasil menyabet banyak sekali penghargaan dan dinobatkan sebagai salah satu film Korea paling recommended untuk ditonton.


Baca juga: Rekomendasi Film dengan Rating Tertinggi


4. Parasite

Film Korea yang rilis pada tahun 2019 ini telah menjadi perbincangan publik di berbagai negara, dan berhasil menyabet 4 Piala Oscar 2020, salah satunya adalah untuk kategori best original screenplay, serta best director yang dimenangkan oleh sutradara Bong Joon-ho.

Film ini diawali dengan kisah pasangan Chung-sook dan Ki-taek serta dua anaknya, Ki-woo dan Ki-jung, yang harus tinggal di sebuah kawasan kumuh karena kehidupan mereka yang sangat miskin.

Melalui seorang temannya, Ki-woo akhirnya berhasil menjadi tutor seorang gadis remaja dari keluarga Park, salah satu keluarga paling kaya raya di daerah mereka.

Dari situlah awal kelicikan keluarga mereka dimulai, Ki-woo berusaha memanipulasi dan akhirnya berhasil memboyong seluruh keluarganya untuk menjadi pekerja di rumah keluarga Park.

Dengan begitu, mereka bisa memulai untuk membuat rencana lanjutan, yaitu untuk memanfaatkan fasilitas yang ada sekaligus juga menguasai seluruh isi rumah.

Semua rencana berjalan dengan mulus sampai mereka mulai menemukan banyak kejanggalan di dalam rumah tersebut, dan menemukan “monster” di sebuah ruang rahasia yang ternyata akan mengubah jalan hidup mereka selanjutnya.

Itulah beberapa rekomendasi film Korea terbaik dan terpopuler yang bisa menemanimu untuk mengisi waktu di akhir pekan.

Selain menonton film, masih ada banyak kegiatan lain yang bisa menjadi hiburanmu di waktu santai, misalnya seperti membaca buku.

Bagi kamu pecinta novel Korea bergenre romantis, kamu bisa membaca buku Mr Sunshine 1 dan Mr Sunshine 2 yang ditulis oleh Kim Eun Sook.

Kisah dalam novel ini bermula dari tokoh Eugene Choi yang terlahir sebagai budak, namun nekat melarikan diri ke Amerika Serikat demi kehidupan yang lebih baik.

Beberapa tahun kemudian, ia kembali ke Joseon dengan tujuan untuk membalaskan dendam di masa lalunya yang membuatnya harus hidup susah.

Di sisi kanan, ada Ae Shin, cucu seorang bangsawan Korea Selatan yang tangguh dan amat mencintai Joseon, ia bahkan siap sedia untuk bertempur melawan para penjajah asing yang akan datang mengganggu negerinya.

Di sisi kiri, ada Dong Mae yang merupakan seorang ketua Geng dan penjagal, kemudian ada Hee Seong, cucu seorang bangsawan yang sering menerima penghinaan dari keluarganya sendiri, dan terakhir ada tokoh Hina Kudo yang digambarkan memiliki kuasa dan mampu memperhatikan setiap konflik yang ada di Joseon.

Dengan berbagai latar belakang dan tujuan yang berbeda, kelima tokoh ini ternyata punya ikatan takdir yang sangat kuat sehingga mereka menjadi bertautan satu sama lain.

Bagi kamu yang penasaran dan ingin tahu apa yang menjadi alasan dibalik pertautan dan penyatuan takdir mereka, kedua buku ini bisa kamu beli melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com