Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Buku The Montessori Toddler: Belajar Mendewasakan Anak dengan Cara yang Kreatif

Kompas.com - 09/06/2022, 10:00 WIB
Review Buku The Montessori Toddler Sumber Gambar: Gramedia.com Review Buku The Montessori Toddler
Rujukan artikel ini:
The Montessori Toddler
Pengarang: Simone Davies
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Dunia anak pada dasarnya akan terasa dan terlihat jauh berbeda dengan dunia orang dewasa.

Mendidik anak bukanlah perkara yang mudah, terutama bagi mereka yang baru saja ditakdirkan menjadi orang tua, dan masih belum memahami bagaimana jalan pikiran seorang anak.

Dalam rentang usia berapa pun, mengurus anak tentu menjadi hal yang sangat sulit, terutama bagi anak-anak yang sudah memasuki rentang usia satu sampai tiga tahun.

Pada saat itu, balita akan lebih suka mengatakan “tidak” pada apapun yang diminta orang tuanya.

Mereka lebih suka bermain dan bereksplorasi dengan bebas, tanpa ada larangan dari siapa pun.

Sifat ini tentunya didukung dengan rasa keingintahuannya yang sangat tinggi.

Untuk itu, para orang tua sebenarnya membutuhkan sebuah metode pendekatan dalam mengasuh dan mendidik anak yang dinamakan metode Montessori.

Melalui metode Montessori, orang tua bisa memahami bahwa setiap anak memiliki keunikannya masing-masing.

Jadi, mereka harus berusaha membimbing dan mendidik anak dengan berbagai cara yang disesuaikan dengan kemampuan si anak dalam menerima setiap informasi baru.

Untuk membantu orang tua dalam mengurus anak, Simone Davies menyediakan berbagai alternatifnya melalui bukunya yang berjudul The Montessori Toddler.

Setelah membaca buku ini, para orang tua akan semakin memahami bahwa setiap anak sebenarnya terlahir cerdas meski mereka memiliki kepribadian yang berbeda.

Jadi jangan pernah coba-coba untuk membandingkannya dengan anak lain.

Deskripsi Buku The Montessori Toddler

Sejak dahulu sampai hari ini, masih banyak sekali orang tua yang menganggap bahwa balita adalah usia yang paling sulit untuk ditangani, terutama bagi balita dengan kisaran usia tiga tahun atau biasa dijuluki “The Teribble Three”.

Saat itu, balita masuk ke fase yang sedikit merepotkan, mereka tidak mau mendengarkan, tidak mau tidur, tidak mau menggunakan toilet, dan selalu saja melempari barang sampai membuat rumah berantakan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tapi melalui metode Montessori, para orang tua bisa mulai mengenal dan melihat usia balita dari sudut pandang yang berbeda.

Metode Montessori bisa membantu para orang tua untuk memahami balita dengan lebih mudah, dan akan mengerti mengapa anaknya senang sekali melakukan banyak aktivitas yang agak sulit dikendalikan.

Metode Montessori akan menunjukkan bagaimana menghadapi balita dengan cara yang lebih damai sehingga anak bisa tumbuh dengan penuh rasa ingin tahu dan selalu bertanggung jawab demi masa depannya sendiri.

Review Buku The Montessori Toddler

The Montessori Toddler adalah sebuah buku yang memuat berbagai informasi terkait dengan metode Montessori, yang bisa digunakan untuk menemani tumbuh kembang anak.

Tanpa disadari, ternyata ada banyak sekali pendekatan Montessori yang bisa diterapkan untuk mengenali dan mengasuh anak dengan cara yang lebih baik.

Dalam buku ini, penulis mampu menghadirkan berbagai variasi cara yang bisa dilakukan para orang tua untuk mendewasakan anak sedini mungkin, misalnya cara menumbuhkan rasa ingin tahu anak, cara mendorong kreativitas anak, cara menghadapi anak yang sedang tantrum, cara memahami beragam jenis emosi pada anak, dan masih banyak lagi.

Selain itu, penulis juga akan menjabarkan bagaimana caranya menciptakan rumah yang ramah bagi anak, sehingga anak tetap nyaman berada di rumah, dan orang tua bisa melakukan pendekatan Montessori ini tanpa perlu ada hambatan.

Melalui beragam metode Montessori yang tersedia, buku ini akan membantu dan menuntun para orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak, karena biar bagaimanapun proses pendewasaan anak sejatinya adalah sebuah proses perjalanan yang panjang.

Saat menemukan kesulitan di tengah prosesnya, buku ini juga menyediakan beragam cara untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang ada, sehingga orang tua bisa lebih sabar dan tidak menyalahkan si anak.

Para pendidik, orang tua, bahkan orang umum akan sangat terbantu dengan berbagai informasi dan pemaparan yang dibagikan oleh Simone Davies dalam buku ini.

Buku ini bisa menjadi salah satu sumber referensi dan inspirasi bagi mereka yang ingin melihat dan menemani tumbuh kembang anaknya menuju fase kedewasaan yang sebenarnya.

Untuk penjelasan lengkapnya, kamu bisa mendapatkan buku The Montessori Toddler karya Simone Davies ini melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com