Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Ilfeel dan Contoh Perilaku yang Bikin Ilfeel dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 20/05/2022, 16:00 WIB
Ilfeel dan Contohnya Sumber Gambar: Freepik.com Ilfeel dan Contohnya
Rujukan artikel ini:
Atomic Habits: Perubahan Kecil yang…
Pengarang: James Clear
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Manusia sejatinya adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain untuk tempat berinteraksi.

Di lingkungan masyarakat, kita sering sekali menjadikan pertemanan sebagai tolok ukur tertentu.

Jadi semakin banyak jumlah teman, maka akan semakin menandakan bahwa kita adalah orang yang baik dan menyenangkan.

Tapi sebagai manusia, kita memiliki sikap, perilaku, atau kebiasaan yang mungkin membuat orang lain tidak nyaman dan merasa ilfeel sampai membuat mereka perlahan-lahan menjauh dari kita.

Jika kita tidak segera menyadarinya dan berubah jadi lebih baik, bukan tidak mungkin mereka akan meninggalkan kita sendirian.

Sebenarnya apa sih maksud dari ilfeel dan apa saja contoh perilaku yang bisa membuat orang lain menjadi ilfeel? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Ilfeel

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, ilfeel berarti timbulnya suatu perasaan kecewa setelah mengetahui keburukan seseorang, padahal sebelumnya kita tidak membenci orang tersebut.

Selain itu, ada juga yang mengartikan ilfeel sebagai perasaan risih dan muak terhadap perilaku atau tingkah laku seseorang yang terlalu berlebihan, cenderung kasar, dan kurang sopan.

Sedangkan menurut kosakata bahasa gaul, ilfeel terdiri dari dua kata yakni il (ilang atau hilang) dan feel (perasaan), jadi bisa dikatakan jika ilfeel adalah hilangnya perasaan tertentu kepada orang lain.

Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa perasaan ilfeel bisa muncul karena disebabkan oleh perubahan sikap atau perilaku dari orang lain yang terlalu tiba-tiba sehingga terasa aneh dan berlebihan.

Contoh Ilfeel dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah memahami apa artinya ilfeel, berikut ini adalah beberapa contoh sikap atau perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang bisa membuat seseorang merasa ilfeel, jadi cobalah untuk menghindarinya sebisa mungkin.

1. Kurang Tata Krama

Dalam sebuah pertemuan, kesan pertama adalah hal yang paling penting untuk menentukan apakah seseorang akan suka kepada kita atau tidak.

Saat kamu menunjukkan sikap, perilaku, atau perkataan yang tidak sopan, maka kamu bisa dianggap sebagai orang yang tidak punya tata krama dan orang lain akan merasa ilfeel berada di dekatmu.

2. Terlalu Sering Berbohong

Tidak ada satupun orang di dunia ini yang suka dan mau dibohongi, walaupun hanya sekadar candaan.

Terlalu sering berbohong tentunya bisa membuat seseorang mudah merasa ilfeel, sehingga kamu akan sangat kesulitan untuk mendapatkan kepercayaan penuh dari orang lain.

3. Terlalu Banyak Bicara

Menjadi orang yang komunikatif sebenarnya termasuk hal yang sangat baik, dan bisa menjadi salah satu cara untuk melatih skill komunikasi yang kamu punya.

Tapi tetap saja, sesuatu yang berlebihan juga bukan hal yang baik, jadi usahakan untuk tidak terlalu banyak bicara saat sedang ngobrol dengan orang lain.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Ada kalanya kamu juga harus mendengarkan apa yang lawan bicaramu katakan, dengan begitu mereka akan merasa lebih dihargai keberadaannya.

4. Suka Meremehkan

Seseorang yang suka meremehkan apapun sebenarnya bisa dianggap sebagai orang yang kurang memiliki attitude, dan pastinya sulit untuk diterima di masyarakat.

Meremehkan seseorang tidak akan membuatmu terlihat lebih baik atau lebih pintar, karena sikap ini justru akan membuat orang lain mudah merasa ilfeel dan ingin cepat menjauh dari kamu.

5. Kurang Menjaga Kebersihan

Kebersihan adalah salah satu faktor terpenting yang membuat orang lain merasa nyaman berada di dekatmu.

Tidak hanya itu, kebersihan juga bisa menjadi cerminan kepribadian seseorang, jadi penting bagi kamu untuk menjaga kebersihan diri agar tidak membuat orang lain merasa ilfeel.

6. Suka Datang Terlambat

Datang terlambat padahal jadwal acaranya sudah ditetapkan dari jauh-jauh hari bisa mengindikasikan kalau kamu tidak menghormati acara dan orang-orang yang ada di dalamnya.

Kebiasaan ini tentunya bisa merugikan dan membuat orang lain merasa malas untuk datang tepat waktu di pertemuan selanjutnya, tanpa disadari ini bisa menjadi kebiasaan buruk yang terus terulang.

Itulah beberapa contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang ternyata bisa bikin orang lain ilfeel dan menjauh dari kamu.

Jika kamu tidak menginginkan hal itu terjadi, maka berusahalah untuk menyadari dan merubah kebiasaan buruk yang kamu miliki.

Menghilangkan kebiasaan negatif dan menggantinya dengan kebiasaan positif memang bukan hal yang mudah, bahkan sering membuat seseorang merasa tersiksa.

Sebagai salah satu cara untuk mengatasinya, kamu bisa coba untuk membaca buku Atomic Habits karya James Clear.

Kalau kamu mengalami kesulitan untuk mengubah kebiasaan, masalahnya mungkin tidak terletak pada diri kamu sendiri, melainkan pada sistem atau proses perubahan yang kamu jalani.

Karena itulah, melalui buku ini kamu akan belajar bagaimana caranya berproses untuk menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya, lewat cara-cara yang tepat dan positif.

Buku ini akan menunjukkan bagaimana membangun kebiasaan baik hanya dengan empat langkah sederhana, yang tentunya bisa dengan mudah kamu pahami dan jalankan dengan baik.

Untuk membaca buku ini lebih lanjut, kamu bisa mendapatkan bukunya melalui Gramedia.com, atau membaca versi e-book-nya melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com