Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Buku Rusak Saja Buku Ini: Cara Baru untuk Menyalurkan Emosi dengan Lebih Positif

Kompas.com - 12/03/2023, 09:30 WIB
Review Buku Rusak Saja Buku Ini Sumber foto: Jendela Official Shop Review Buku Rusak Saja Buku Ini
Rujukan artikel ini:
Rusak Saja Buku Ini
Pengarang: Sony Adams
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Perasaan marah, sedih, dan kecewa merupakan beberapa bentuk emosi yang bisa dirasakan oleh semua orang.

Sayangnya, tidak semua orang bisa meluapkannya secara blak-blakan, entah karena keadaannya yang sedang tidak bersahabat, atau akut untuk mengekspresikannya karena khawatir akan menimbulkan permasalahan baru.

Alhasil, kita jadi terjebak dalam rasa dilema saat ingin meluapkan perasaan karena takut menyakiti hati orang lain, dan memilih untuk menahannya sendiri.

Dikutip dari situs halodoc, menahan emosi akan menyebabkan peningkatan hormon stres yang akan memicu gangguan kesehatan fisik maupun mental, misalnya depresi.

Dengan berbagai pertimbangan, Sony Adams akhirnya mencoba untuk membuat sebuah buku yang bisa dijadikan sebagai salah satu media penyalur emosi, yang diberi judul Rusak Saja Buku Ini.

Sesuai dengan judulnya, para pembaca akan diberikan kebebasan untuk mengubur, merusak, atau mengerjakan berbagai perintah yang ada di dalam bukunya.

Sinopsis Buku Rusak Saja Buku Ini

Penulis tidak memberikan penjelasan panjang lebar mengenai sinopsis dalam buku ini, tapi pembaca diberikan dua cara sederhana untuk menikmati buku ini.

Pertama, kita diizinkan untuk mengubur buku ini di depan rumah, kemudian memasang pengingat untuk menggalinya lagi dalam dua tahun mendatang.

Kedua, kita diminta untuk membungkus buku ini lalu kirim kepada diri kita sendiri sebagai hadiah yang sederhana.

Tapi jika dilihat lebih jauh lagi, buku ini termasuk salah satu buku yang unik karena berisi berbagai perintah yang secara tidak langsung bisa menyalurkan emosi para pembaca.

Isi Buku Rusak Saja Buku Ini

Jenis buku tipis yang terdiri dari 180 halaman ini berisi tantangan dan permainan seru yang berbeda di tiap halamannya.

Dengan mengerjakan berbagai instruksi di dalam bukunya, pembaca diharapkan bisa mengalihkan stres dengan cara yang lebih positif.

Ada beberapa bagian atau instruksi yang menarik dalam buku ini, seperti:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Perintah untuk membawa buku ini kemanapun kita pergi dan tidak boleh sampai ditinggal, dengan begitu kita bisa langsung meluapkan setiap emosi yang kita rasakan.

Kita diminta untuk menulis sifat-sifat yang ada dalam diri kita menggunakan tangan kiri, sebagai orang yang bukan kidal, tentunya ini bisa menjadi tantangan tersendiri.

Ada beberapa halaman yang meminta kita untuk mencoretnya dengan tinta hitam dan tinta putih, instruksi ini bisa kita jadikan sebagai tempat curhat untuk menulis berbagai unek-unek yang biasanya mengganggu hari-hari kita.

Pada halaman berikutnya, ada perintah untuk menyobek halaman tersebut lalu meremas kertasnya dan buang ke tempat sampah, intruksi ini tentunya bisa menjadi cara terbaik untuk menyalurkan emosi yang kita punya.

Review Buku Rusak Saja Buku Ini

Pada dasarnya, buku merupakan sebuah karya tulis yang diciptakan untuk dibaca dan dijadikan sebagai bahan hiburan bagi para pembaca.

Tapi buku yang ditulis oleh Sony Adams ini menyajikan konsep yang berbeda, karena mengusung tema penyaluran emosi pada hal-hal yang sifatnya lebih produktif dan konstruktif.

Buku ini memberikan fasilitas bagi pembaca yang ingin meluapkan atau menulis unek-unek yang sedang kita rasakan, dan cara ini juga tentunya bisa menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan mental.

Walaupun kita harus mengeluarkan uang hanya untuk merusak sebuah buku, tapi buku ini pada akhirnya akan memberikan dampak yang positif jika kita benar-benar mengikuti setiap instruksi yang ada di dalam bukunya.

Jika kita sudah mengisi keseluruhan isi buku, kita bisa mengubur bukunya di sembarang tempat dan kembali membukanya beberapa tahun kemudian.

Cara ini bisa dijadikan sebagai pengingat bahwa kita sudah berhasil survive dan kuat untuk terus menjalani kehidupan yang penuh dengan cobaan.

Walaupun hadir dengan konsep yang berbeda, buku ini ternyata berhasil menarik hati banyak pembaca, terbukti dengan hadirnya buku sekuel dengan judul yang sama, yang terbit pada bulan Desember 2020 dan Februari 2022 lalu.

Bagi kamu yang sedang mengalami kesulitan dan tidak tahu bagaimana caranya meluapkan perasaan yang campur aduk, buku ini bisa jadi solusinya.

Rusak Saja Buku Ini, Rusak Saja Buku Ini 2, dan Rusak Saja Buku Ini 3 karya Sony Adams kini sudah bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com