Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Pertanyaan Wawancara Beasiswa dan Jawabannya yang Bisa Kamu Pelajari

Kompas.com - 27/04/2022, 11:18 WIB
Pertanyaan wawancara beasiswa dan jawabannya Sumber Gambar: pexels.com Pertanyaan wawancara beasiswa dan jawabannya
Rujukan artikel ini:
Taklukkan Wawancara Beasiswa
Pengarang: RIZKI PUTRI REZNA HASSAN
|
Editor Almira Rahma Natasya

Pertanyaan wawancara beasiswa dan jawabannya dibutuhkan sebagai salah satu syarat untuk kamu mencicipi bangku kuliah dengan biaya yang jauh lebih ringan, atau bahkan gratis asalkan kamu memang benar-benar berhak dan layak untuk mendapatkannya.

Memang bisa dibilang untuk mendapatkan sebuah beasiswa tidaklah mudah dan membutuhkan perjalanan yang cukup panjang, salah satunya adalah tahap wawancara yang biasanya cukup menyulitkan bagi calon penerima beasiswa, yang tidak terbiasa dengan pertanyaan yang memerlukan jawaban interview yang sesuai.

Di tahap interview ini boleh dibilang merupakan tahapan yang sangat krusial, sebab akan menentukan apakah kamu akan menerima beasiswa tersebut atau tidak.

Maka dari itu, diperlukan persiapan yang matang untuk dapat memberikan jawaban wawancara yang diinginkan.

Siapkan fisik dan mental yang optimal sebelum kamu memulai wawancara beasiswa, agar jawaban yang diberikan mampu meyakinkan pihak pemberi beasiswa jika kamu layak mendapatkannya.

Tidak ada salahnya untuk berlatih terlebih dahulu dengan teman atau orang terdekat untuk pura-pura melakukan sesi interview tersebut.

Tanpa latihan yang tekun, bisa dipastikan kamu akan mengalami kesulitan ketika akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pihak panitia selama proses wawancara beasiswa berlangsung.

Penting sekali bagi kamu untuk mengetahui gambaran perihal pertanyaan-pertanyaan tersebut agar bisa melatih dan mempersiapkan jawabannya.

Namun, apa saja pertanyaan yang biasanya sering muncul dalam tahap wawancara beasiswa?

Untuk tahu lebih lanjut tentang gambaran dari pertanyaan-pertanyaan tersebut beserta jawabannya, simak penjelasan berikut ini.

Pertanyaan Wawancara Beasiswa Beserta Jawabannya

1. "Ceritakan Tentang Diri Kamu!"

Mungkin bentuk pertanyaannya tidak akan sama persis seperti ini, tapi pada intinya pewawancara akan menanyakan mengenai diri kamu di luar konteks yang terdapat dalam CV dan esai, sehingga kamu harus mampu menunjukkan apa saja kelebihan dan keunikan yang kamu miliki.

Kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan hobi yang kamu sukai, misalnya seperti membaca buku atau menonton film yang biasanya kamu tulis ulasannya di blog maupun media sosial.

Atau kamu juga dapat menjawab dengan kegiatan organisasi yang kamu lakukan, seperti ikut dalam kegiatan donasi buku atau perpustakaan keliling.

2. "Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan yang Kamu Miliki?"

Tidak perlu merasa ragu ataupun takut ketika harus menjawab pertanyaan ini, karena tidak ada jawaban yang benar maupun salah.

Pewawancara hanya ingin mengetahui seberapa jujur diri kamu dan seberapa dalam kamu mengenal diri sendiri.

Untuk menjawabnya, utarakan secara jujur dan apa adanya kelebihan yang kamu punya, contohnya seperti mampu berbicara di depan umum dan mungkin ada bukti yang kuat untuk mendukungnya, seperti sertifikat lomba debat atau lain sebagainya.

Tidak hanya itu, terbuka pula akan kekurangan yang kamu punya dan bagaimana cara kamu mengatasi kekurangan tersebut.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. "Kegiatan Apa Saja yang Kamu Lakukan di Sekolah Selain Belajar?"

Tujuan dari diajukannya pertanyaan ini adalah untuk mengetahui kelebihan kamu di luar bidang akademis untuk dapat mencocokkan antara pilihan jurusan dengan kemampuan non akademis yang kamu miliki.

Sebutkan saja kegiatan ekstrakurikuler yang kamu ikuti di sekolah sebagai jawaban yang pasti.

Mungkin di luar kemampuan akademis yang kamu punya, kamu juga memiliki kemampuan dalam hal olahraga, contohnya seperti bermain bulutangkis.

Ceritakan kegiatan tersebut secara terbuka, baik itu dilakukan dalam kegiatan ekstrakurikuler atau hanya sekadar hobi yang dijalani bersama teman-teman.

4. "Apa Alasan Kamu Memilih Kuliah di Perguruan Tinggi Ini?"

Bukan hal yang aneh jika dalam proses interview beasiswa kamu akan mendapatkan pertanyaan seperti ini, karena memang pastinya pihak kampus ingin mengetahui alasan dan motivasi yang kamu miliki saat memilih perguruan tinggi tersebut.

Jawaban yang dapat kamu berikan bisa berupa program, jurusan, visi, misi, hingga prospek kerja yang ditawarkan jika sudah lulus dari perguruan tinggi tersebut.

Sebutkan pula keunggulan dari perguruan tinggi yang mampu memantik minat kamu untuk berkuliah di sana.

5. "Apa yang Membuat Kamu Pantas untuk Mendapatkan Beasiswa Ini?"

Biasanya pertanyaan ini akan muncul di akhir sesi wawancara, sehingga akan sangat penting sekali bagi kamu untuk menjawabnya dengan lebih hati-hati sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh pihak perguruan tinggi.

Di sini kamu tidak hanya melulu dapat mengandalkan prestasi akademis belaka untuk menjawab pertanyaan ini.

Usahakan untuk memberikan alasan yang kuat tentang cara kamu nantinya berkontribusi terhadap perguruan tinggi melalui tindakan-tindakan yang akan kamu lakukan, agar pihak perguruan tinggi dapat melihat jika kamu memang layak menerima beasiswa dari mereka.

Semoga saja kelima pertanyaan wawancara beasiswa beserta jawabannya ini bisa membantu kamu untuk mempersiapkan diri secara jauh lebih matang, sebelum menghadapi sesi interview yang sesungguhnya.

Namun, jika kamu memerlukan panduan atau informasi yang jauh lebih menyeluruh tentang cara menghadapi wawancara beasiswa, buku berikut ini akan sangat cocok untuk kamu jadikan pedoman.

Buku Taklukkan Wawancara Beasiswa yang ditulis oleh Rizki Putri Rezna Hassan akan menjadi buku panduan dan petunjuk yang pas untuk membantu kamu dalam menghadapi tahap wawancara beasiswa yang biasanya bersifat krusial.

Sesuai dengan judul bukunya, kamu akan mendapatkan tips dan cara yang tepat untuk menghadapi sesi interview yang memang biasanya cukup membuat tegang dan grogi.

Secara garis besar, buku ini akan memberikan langkah-langkah yang dapat kamu coba untuk memperkuat langkahmu agar bisa mendapatkan beasiswa, khususnya pada proses wawancara.

Buku Taklukkan Wawancara Beasiswa bisa dipesan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com