Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhaps Yours Mendatangkan Cuan di Web Novel, Dipinang Penerbit Hingga Menjadi Best Seller

Kompas.com - 13/06/2022, 18:00 WIB
Buku Perhaps Yours Sumber Gambar: Dok. Elex Media Komputindo Buku Perhaps Yours
Rujukan artikel ini:
Le Mariage: Perhaps Yours
Pengarang: Sara Maureen
|
Editor Novia Putri Anindhita

Sinopsis Perhaps Yours

Terpaksa menikah dengan Aiden bukan satu-satunya mimpi buruk yang Renjana alami.

Ditinggalkan sendirian di resepsi pernikahannya adalah kenangan buruk yang tak akan bisa ia lupakan sampai kapan pun.

Terpaksa menikah dengan Renjana bukan satu-satunya mimpi buruk yang harus Aiden jalani.

Ditinggalkan kekasihnya membuat Aiden meninggalkan Renjana sendirian di pelaminan.

Bagi Aiden, kedatangan Renjana telah merusak hidupnya yang sempurna.

Bagi Renjana, pernikahannya dengan Aiden hanya satu babak baru di kehidupannya yang tak lebih baik dari apa yang sudah ia miliki.

Akankah pernikahan yang hanya status ini akan bertahan selamanya?

Demikianlah sinopsis Perhaps Yours, karya Sara Maureen yang telah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada bulan Januari 2022.

Sara Maureen adalah penulis best seller di aplikasi menulis dan membaca NovelMe yang selalu sukes menarik perhatian pembaca web novel.

Tidak hanya Perhaps Yours, beberapa karyanya juga menjadi favorit pembaca dan sering menjadi perbincangan di kalangan pembaca maupun penulis.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sempat hanya berniat menerbitkan karyanya secara digital lewat aplikasi menulis dan membaca, Sara Maureen merasa perlu mencoba peruntungannya untuk menerbitkan karyanya secara cetak di penerbit besar.

Setelah melakukan beberapa langkah, akhirnya Sara pun berjodoh dengan Elex Media Komputindo.

Keberhasilan Sara Maureen menerbitkan novelnya di Elex Media membuat banyak penulis web novel juga termotivasi untuk menerbitkan karyanya secara cetak.

Selain karena gaya bahasa, alur, tokoh, dan konflik Perhaps Yours yang sangat menunjukkan kemampuan Sara Maureen yang mumpuni dalam hal menulis novel, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar kalian bisa meniru jejak Sara Maureen untuk terbit di Elex Media.

Cara Agar Bisa Menerbitkan Web Novelmu di Penerbit Elex Media

Untuk kalian yang penasaran, berikut ini cara agar karya web novelmu bisa diterbitkan di Elex Media;

  1. Pahami kontrak kerja sama yang kalian telah tanda tangani bersama platform atau penerbit web novel tempat kalian menulis. Kenapa hal ini menjadi hal pertama yang pelu diketahui? Karena kontrak kerja sama ini jugalah yang menentukan apakah karya yang sama masih bisa diterbitkan di tempat lain atau tidak. Apakah kalian terikat kontrak eksklusif atau tidak. Jika tidak, maka jenis kerja sama seperti apa yang bisa dibangun antara penulis, penerbit pertama (platform), dan penerbit kedua (penerbit yang akan menerbitkan karya kalian secara cetak).
  2. Self editing. Revisi naskah web novel kalian hingga memenuhi jumlah kata yang dibutuhkan menjadi sebuah novel. Sebelum Perhaps Yours diterbitkan di Elex Media, Sara Maureen sudah merevisi naskah web novel Perhaps Yours dan memotongnya hingga ratusan ribu kata. Target pembaca web novel dan novel cetak yang sangat berbeda menjadi alasan utama proses revisi besar-besaran ini dilakukan. Tidak hanya itu, pertimbangan jumlah halaman juga harus diperhitungkan karena akan sangat memengaruhi harga buku nantinya.
  3. Kenali penerbit yang kalian tuju. Apakah naskah yang kalian ingin kirimkan termasuk salah satu jenis naskah yang sedang dibutuhkan? Karena hal ini juga akan menentukan seberapa besar peluang naskahmu diterbitkan di Elex Media. Seperti halnya Perhaps Yours yang mengusung tema romance dan pernikahan, terlihat jelas betapa cerdasnya Sara Maureen yang sudah mempelajari kebutuhan naskah Elex Media. Adanya lini Le Mariage membuat peluang Perhaps Yours semakin besar untuk diterbitkan di Elex Media.
  4. Bersedia mengikuti proses editing bersama editor dari pihak penerbit. Apakah setelah melakukan self editing dan memotong naskah sudah cukup? Tentu saja tidak. Perhaps Yours yang sudah ditulis ulang oleh Sara Maureen masih melewati proses editing bersama editor. Walau dalam proses editing mungkin tidak terlalu banyak lagi yang perlu diubah, tapi proses editing bersama editor ini membuat karya kalian melewati pembaca utama yang akan mencari tahu kekurangan dan kelebihan naskah kalian nantinya.
  5. Mendiskusikan peluang-peluang marketing yang bisa dilakukan bersama penerbit. Jika kalian mengikuti proses terbit Perhaps Yours, maka kalian akan melihat adanya kerja sama marketing antara Sara Maureen, Novelme, dan Elex Media. Berhubung masih pandemi, kegiatan offline di toko memang belum bisa dilakukan, tapi kegiatan-kegiatan online terus berjalan dan sukses membawa Perhaps Yours menjadi salah satu buku best seller di market place. Tidak hanya sukses menjadi web novel terlaris di Novelme, Perhaps Yours juga sukses menjadi novel best seller Elex Media.

Perhaps Yours dan Sara Maureen mungkin menjadi jawaban bagi kalian yang selama ini berharap karyanya diterbitkan di penerbit mayor, akan tetapi sudah terikat kontrak dengan platform.

Kenali karyamu, kenali platform-mu, dan kenali penerbit yang akan kamu tuju.

Kalau bisa cuan dua kali, kenapa tidak?

Buku Perhaps Yours bisa kamu beli secara online melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com