Ingin Belajar Jadi Detektif? Novel Misteri Indonesia Ini Siap Temanimu Ungkap Kasus Misterius

Kompas.com - 02/12/2021, 21:00 WIB
Sumber Gambar : Unsplash.com
Rujukan artikel ini:
Rumah Lebah
Pengarang: Ruwi Meita
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Semakin hari genre novel di Indonesia semakin banyak dan beragam, hal ini bisa dibuktikan dengan deretan novel-novel di bagian best seller yang sudah memuat banyak sekali genre.

Walaupun sebenarnya pasar novel Indonesia masih didominasi oleh genre romantis, komedi, atau psikologi, tapi novel bergenre misteri juga pelan-pelan mulai memiliki banyak peminat.

Novel misteri ini dinilai memiliki keseruan tersendiri, pembaca akan dibuat ketakutan sekaligus penasaran dan jadi ikut menebak-nebak misteri apa yang sebenarnya tersembunyi di dalam novel tersebut.

Suasana yang mencekam, plot-plot cerita yang kadang menyimpan kejutan, ketegangan yang dibangun di tiap halaman bukunya, semakin menambah rasa penasaran para pembaca, dan membuat mereka ingin segera menamatkan bacaannya.

Saat membaca novel misteri, daya imajinasimu akan semakin berkembang karena kamu tidak diberikan visual tertentu seperti yang ada di dalam film, sehingga terkadang hanya dengan membaca bukunya saja sudah cukup membuatmu merinding.

Jika kamu memiliki rasa penasaran yang tinggi dan ingin menghilangkan rasa takut yang ada dalam dirimu, ini beberapa rekomendasi novel misteri yang menarik untuk dibaca.

Rekomendasi Novel Misteri Indonesia

1. Rumah Lebah – Ruwi Meita

Buku ini menceritakan kehidupan Mala, gadis kecil berusia 6 tahun yang sangat terobsesi dengan Ensiklopedia, ia mengisi hari-harinya dengan membaca Ensiklopedia dan kemudian menyusun buku-buku itu di dalam rak sesuai dengan jilid bukunya.

Mala tinggal di rumah bersama ayahnya yang seorang penulis terkenal bernama Winaya, dan ibunya Nawai.

Tetapi sudah beberapa hari ini, Mala sering sekali berbicara mengenai 6 orang asing yang hidup bersama di rumahnya, yaitu Wilis, Abuela, Satira, Tante Ana, dan si kembar.

Winaya dan Nawai menganggap bahwa yang dilihat oleh Mala hanyalah hantu, atau teman khayalan yang diciptakan sendiri oleh pikiran Mala akibat sering membaca Ensiklopedia.

Masih belum menemukan titik terang mengenai siapa 6 orang asing yang sering disebut Mala, Nawai terkena masalah dan dituduh telah ikut terlibat dalam kasus pembunuhan seorang wartawan bernama Deni.

Nawai yang diburu waktu, harus segera mencari bukti yang menyatakan bahwa dirinya tidak bersalah dan tidak ada hubungannya dengan kematian si wartawan, tapi di sisi lain ia juga harus lebih memperhatikan Mala yang semakin aneh dan semakin merasakan halusinasi dari hari ke hari.

Bagi kamu yang suka dengan novel yang penuh teka-teki, buku ini bisa menjadi salah satu list bacaanmu.

2. Gong Nyai Gandrung – Sekar Ayu Asmara

Buku ini menceritakan tentang Waru dan Kintan, sepasang suami istri yang baru saja menikah dan berniat untuk membeli sebuah rumah, sampai akhirnya pilihan mereka jatuh pada satu rumah di daerah Magelang.

Saat tiba dirumah untuk pertama kali, mereka disambut oleh Pak Wage dan Mbok Jum yang menjaga rumah dan dengan sigap menemani Waru dan Kintan untuk berkeliling dan melihat setiap sudut ruangan di rumah barunya.

Pada awalnya semua berjalan dengan baik dan tidak terlihat ada keanehan sedikitpun, tapi setelah beberapa hari, Waru dan Kintan menemukan ruangan-ruangan tersembunyi yang baru mereka temukan setelah menempati rumah itu.

Seperti ruang pendopo di halaman belakang, ruang bawah tanah yang dijadikan tempat koleksi buku-buku tua berbahasa Jawa dan Belanda, kemudian mereka juga menemukan banyak lukisan kuda, dan ada perangkat gamelan dan gong yang menumpuk di dalam gudang.

Setelah menemukan perangkat gamelan beserta gongnya, Waru dan Kintan mulai dihantui mimpi buruk dan sering mendengar suara kuda di tengah malam, yang akhirnya memaksa mereka untuk mencari tahu sebenarnya apa yang tersembunyi di rumah tua itu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Jangan Diklik: Rahasia Ayu – Lexie Xu

Novel ini merupakan novel teenlit pertama dari seri novel Jangan Diklik, yang menceritakan kisah Ayu Rembulan, yang tidak sengaja melihat aksi bunuh diri teman sekelasnya, Leoni.

Setahun kemudian tepat pada ulang tahun kematian Leoni, Ayu tiba-tiba mendapat sms misterius yang memintanya untuk menginstall aplikasi JanganDiklik.

Di aplikasi tersebut, Ayu menemukan catatan harian yang ditulis Leoni beberapa hari sebelum kematiannya, dan sejak saat itu Ayu tahu apa yang sedang dialami Leoni sampai membuatnya memutuskan untuk bunuh diri.

Setelah Ayu membaca curahan hati Leoni, tiba-tiba saja beberapa temannya meninggal secara misterius dalam waktu yang berdekatan, dan membuat Ayu curiga bahwa ini adalah ulah hantu Leoni yang ingin balas dendam terhadap orang-orang yang pernah membuatnya sakit hati semasa hidup.

Tapi tidak ada yang mau mempercayai apa yang dikatakan Ayu, kecuali satu orang bernama Rex yang sehari-harinya menjadi musuh Ayu, seiring berjalannya waktu mereka berdua bersama-sama berusaha mengungkap misteri ini dan mencoba menyelamatkan teman-teman mereka dari terror Leoni.

4. Jangan Diklik #2: Ketika Sukma Terjaga –Lexie Xu & Dadan Erlangga

Buku seri kedua kali ini mengisahkan cerita hidup Rena Marinka yang mengalami amnesia akibat kecelakaan yang dialaminya bersama teman sebangkunya, Sukma.

Rena yang amnesia tidak bisa mengingat kejadian apapun yang pernah ada di hidupnya, saat kembali ke sekolah ia merasa aneh karena seluruh teman dan gurunya membencinya, ia juga bertanya-tanya siapa makhluk misterius berjubah hitam dan bermata merah yang sering muncul di hadapannya.

Saat sedang berusaha mengembalikan ingatannya dan mencari sumber keanehan yang terjadi dalam hidupnya, Rena tiba-tiba menerima sms untuk menginstall dan membuka aplikasi JanganDiklik.

Setelah membuka aplikasi tersebut, misteri gelap dalam hidup Rena perlahan-lahan terbuka, tapi semua kejadian misterius yang terjadi dalam hidupnya ternyata bermuara pada satu orang bernama Sukma, teman sebangkunya yang saat ini masih terbaring koma di rumah sakit.

Sebenarnya siapa itu Sukma, dan mengapa semua misteri ini mengarah kepadanya?

5. Jangan Diklik #3: Surat untuk Hera - Lexie Xu & Erlin Cahyadi

Buku terbaru dari series Jangan Diklik ini menceritakan kisah Hera yang terus dibayang-bayangi oleh kematian sepupunya Safira yang bunuh diri, sebelum lompat ke dalam sungai Safira bilang bahwa semua yang terjadi dalam hidupnya adalah akibat dari kesalahan Hera, padahal Hera tidak mengerti apa maksud dari ucapannya.

Untuk menenangkan diri sekaligus melupakan kejadian itu, Hera memutuskan untuk pindah sekolah keluar kota.

Saat sudah mulai melupakan kematian Safira, tiba-tiba saja Hera mendapat sms aneh yang memintanya menginstall aplikasi JanganDiklik, setelah itu ia dihantui oleh Safira yang terus berusaha untuk membunuhnya.

Setelah berkali-kali tidak berhasil membunuh Hera, arwah Safira malah mengganggu orang-orang di sekitar Hera, termasuk Max si anak berandalan yang menjadi satu-satunya pendukung Hera disaat semua orang menyalahkan Hera atas setiap keanehan yang terjadi.

Hera yang tidak ingin Max celaka, berusaha mencari cara untuk mengembalikan arwah Safira ke tempat yang seharusnya dan juga mencari fakta apa yang sebenarnya membuat Safira begitu membencinya.

Selain 5 novel misteri diatas, masih banyak novel-novel misteri Indonesia lainnya yang nggak kalah keren dengan novel misteri luar negeri.

Kalau kamu adalah orang yang gampang penasaran dan ingin mencoba belajar menjadi detektif, buku-buku bergenre misteri ini sangat cocok buat kamu.

Kamu bisa dengan mudah memesan buku ini melalui online di laman Gramedia.com atau bisa juga membeli e-booknya melalui situs legal di Gramedia Digital.


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.