Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Genre Misteri Sampai Fantasi, Ini Novel Tahun 2020 yang Populer

Kompas.com - 12/04/2022, 13:00 WIB
Novel tahun 2020 Sumber Gambar: Freepik.com Novel tahun 2020
Rujukan artikel ini:
Misteri Terakhir#1
Pengarang: S. Mara Gd.
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Membaca novel bisa menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang, karena kita bisa berimajinasi dan membayangkan jalan cerita yang ada dalam novel tersebut.

Tidak hanya itu saja, kita juga bisa menemukan berbagai sudut pandang dan tambahan kosakata baru yang akan memperkaya pengetahuan dan wawasan kita.

Berbagai novel yang yang dianggap inspiratif ini tentunya juga menjadi favorit para pecinta buku, sehingga menjadikannya sebagai novel-novel yang masuk ke dalam kategori populer atau best seller.

Berikut ini adalah rekomendasi novel best seller yang rilis di tahun 2020.

Rekomendasi Novel Tahun 2020 yang Populer

1. Misteri Terakhir #1 – S. Mara. Gd.

Salah satu buku misteri karya penulis Indonesia ini menceritakan tentang sepasang suami istri yang menikah atas dasar kepentingan bisnis.

Adwin Saran, seorang karyawan kantor biasa, terpaksa harus menikahi Viliandra, anak pimpinan bosnya yang masih sangat muda.

Pernikahan mereka juga tidak didasari dengan cinta.

Setelah menikah, Adwin Saran lebih sering menghabiskan waktunya untuk pergi ke klub malam dan berselingkuh dengan perempuan lain.

Tapi pada suatu malam, Adwin Saran tiba-tiba ditemukan tewas terbunuh di kamar 408 Hotel Mirah Delima, dengan bekas lipstik yang masih menempel di pipinya.

Ada banyak tersangka yang dicurigai dalam kasus ini, suami perempuan selingkuhan Adwin, pemilik klub malam yang sempat bertengkar dengan Adwin, atau malah Viliandra, orang yang terakhir terlihat keluar dari kamar tersebut.

Kasus hukum ini ternyata tidak sesederhana yang dibayangkan, berbagai macam bukti yang ditemukan, tidak serta merta bisa langsung mengungkap siapa dalang di balik kejadian ini.

2. Tokyo dan Perayaan Kesedihan – Ruth Priscilla Angelina

Sama seperti judulnya, novel yang terbit di tahun 2020 ini benar-benar mampu membawakan kisah yang gelap dan sedih untuk para pembaca.

Di satu sisi, ada Joshua Sakaguchi Widjaja, seorang pemuda yang pergi ke Tokyo untuk menjadi pecundang yang tidak punya tujuan hidup, dan ia menghabiskan waktunya hanya untuk duduk santai serta minum kopi di dekat taman kota.

Di sisi lain, ada Shira Hidajat Nagano, gadis blasteran Jepang yang memilih melarikan diri dari rumah untuk mencari arti hidup yang sesungguhnya.

Ia ingin menghilang dan pergi dari berbagai penyesalan yang pernah terjadi dalam hidupnya.

Pertemuan mereka yang tidak terduga dan obrolan mereka yang tiada henti, ternyata mampu memberikan inspirasi yang berharga bagi para pembaca, serta menyadarkan kita bahwa sebuah kalimat yang dianggap sederhana, ternyata bisa sangat berarti bagi orang lain yang sedang putus asa.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Ganjil Genap – Almira Bastari

Bagaimana, ya, rasanya diputusin secara sepihak setelah pacaran lebih dari 10 tahun?

Mungkin pertanyaan ini hanya bisa dijawab oleh Gala, yang mendadak jomblo setelah diputuskan pacarnya di sebuah parkiran mobil.

Gala yang punya prinsip untuk menikah sebelum kepala tiga, akhirnya membuat strategi pencarian jodoh bersama ketiga sahabatnya, dan mereka melakukan pencarian di berbagai tempat demi menemukan pria idaman.

Tapi trauma kisah cintanya di masa lalu sebenarnya juga membuat Gala ragu untuk kembali jatuh cinta.

Lantas, apa yang terjadi selanjutnya? Dan apakah Gala mampu bangkit dari peristiwa kurang menyenangkan yang terjadi dalam hidupnya?

4. Selena – Tere Liye

Jika kamu mengikuti novel seri Bumi, novel berjudul Selena ini menceritakan masa muda Selena yang nantinya akan menjadi guru Matematika Raib, Seli, dan Ali, yang biasa kamu temukan dalam dunia klan Bumi.

Beberapa pertanyaan yang belum terjawab dalam novel seri Bumi sebelumnya, akan terjawab seiring dengan perkembangan tokoh Selena dalam buku ini.

Tapi tidak semua jawabannya akan dijelaskan dengan gamblang, jadi untuk kamu yang penasaran bagaimana kelanjutan ceritanya, kamu harus membaca novel spin-off selanjutnya, yaitu Nebula.

5. Nebula – Tere Liye

Nebula sebenarnya diperuntukkan sebagai pelengkap puzzle dari kisah masa lalu Selena yang belum sempat diceritakan pada novel sebelumnya.

Jadi, usahakan untuk membaca novel ini secara berurutan supaya kamu tidak kebingungan.

Nebula lebih menekankan kisah Selena saat masih bersekolah di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, juga tentang persahabatannya dengan Mata dan Tazk yang nantinya malah berakhir buruk karena mereka diuji dengan cinta, egoisme, dan pengkhianatan.

Banyaknya karakter baru, tempat baru, dan sejarah dunia paralel baru, menjadi hal yang menarik dalam buku ini, dan tentunya juga akan menemani pembaca menuju klan Aldebaran, yang akan dikisahkan pada seri berikutnya.

Itulah beberapa novel Indonesia yang populer dan diterbitkan pada tahun 2020 lalu.

Perkembangan novel memang tidak akan lekang oleh waktu, karena setiap tahunnya pasti selalu ada buku-buku baru dengan jalan cerita dan tokoh utama yang mampu menarik hati para pembaca.

Untuk membaca novel-novel ini, kamu bisa membeli bukunya di Gramedia.com, dan kamu juga bisa membaca versi e-booknya melalui aplikasi Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com