Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petualangan Menangkap Pembunuh, Ini Rekomendasi Novel Detektif Indonesia yang Bikin Kamu Mikir Keras

Kompas.com - 06/12/2021, 13:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Misteri Terakhir#1
Pengarang: S. Mara Gd.
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Pernahkah kamu membaca sebuah novel yang jalan ceritanya penuh misteri sampai membuatmu penasaran ingin mengetahui kisahnya sampai habis?

Bahkan saking serunya, kamu jadi ikut menebak-nebak siapa saja tokoh yang sebenarnya menjadi tersangka atas berbagai kejadian aneh yang terjadi.

Dengan ikut menebak-nebak siapa pelakunya, kamu jadi merasa seperti detektif sungguhan yang biasanya muncul di film-film detektif seperti Sherlock Holmes.

Saat ini berbagai genre novel sudah menghiasi dunia literasi, termasuk juga Indonesia yang genre novelnya sudah mulai berkembang dan tidak lagi terpaku pada genre romance saja.

Novel dengan genre misteri juga sudah ikut memenuhi pangsa pasar toko buku Indonesia, karena jalan ceritanya yang menarik dan tidak hanya menonjolkan unsur jumpscare saja.

Tidak hanya penulis luar negeri, Indonesia juga memiliki banyak penulis novel misteri ala detektif seperti S. Mara Gd.

Kegemarannya membaca buku-buku karya Agatha Christie membuatnya terinspirasi dan akhirnya ia juga membuat banyak sekali novel misteri sejak tahun 1984.

Rekomendasi Novel Misteri Karya S. Mara Gd

Berikut ini rekomendasi novel misteri terbaru karya S. Mara Gd yang bisa bikin kamu mikir keras sampai terbawa mimpi.

1. Misteri Terakhir #1

Buku pertama ini menceritakan empat kisah misterius yang menjadi salam perkenalan para tokoh utama kepada para pembaca.

Kisah pertama menceritakan soal Adwin Saran, seorang karyawan perusahaan yang menikah dengan anak pimpinan kantornya yang masih sangat muda bernama Viliandra.

Adwin Saran sebenarnya tidak mencintai Viliandra, ia hanya memanfaatkan kesempatan ini dengan maksud dan tujuan tertentu.

Setelah pernikahannya pun ia jarang berada di rumah dan lebih sering mendatangi klub malam untuk berkencan dengan perempuan lain.

Tapi pada suatu hari tiba-tiba saja Adwin ditemukan terbunuh di kamar 408 Hotel Mirah Delima dan tidak diketahui siapa yang membunuhnya.

Ada banyak tersangka yang dicurigai, Viliandra yang terakhir terlihat keluar dari kamar 408, suami perempuan yang menjadi selingkuhan Adwin, atau pemilik klub malam yang baru saja bertengkar hebat dengan Adwin, tapi mereka tidak memiliki bukti yang kuat untuk dijadikan pelaku.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Saat kasus ini belum terungkap, tiba-tiba ada seorang pemuda bernama Citra Suhendar yang ditemukan terkapar dengan luka tusuk di punggung, dan pelakunya juga masih misterius.

Selain kasus pembunuhan dan penusukan, ada juga kisah seorang pemuda bernama Bambang Kosasih yang pergi mengejar karir ke Bali, tapi kemudian ia bertemu dan berkenalan dengan suatu ajaran baru yang membuat hatinya bimbang.

Kisah terakhir menceritakan soal Nanang dan Ana, dua pasangan remaja yang sedang jatuh cinta tapi mereka terhambat oleh perbedaan kasta dan status ekonomi diantara keduanya, lalu di buku seri selanjutnya nanti akan diungkap apa yang menghubungkan kisah mereka dengan peristiwa pembunuhan yang terjadi pada Adwin.


Baca juga: Review Novel Girls In The Dark Akiyoshi Rikako


2. Misteri Terakhir: Buku Kedua

Setelah salam perkenalan yang panjang di buku pertama, kisah misterius ini berlanjut ke buku kedua.

Walaupun di awal rasanya sulit untuk menebak-nebak siapa dalang utama dalam kasus ini karena terlalu banyak orang yang bisa jadi tersangka, di buku kedua ini kebenaran mulai sedikit terbuka, tapi tetap saja motif pembunuhannya masih belum ditemukan.

Berbagai temuan dan firasat detektif Gozali bersama kepala polisi Kosasih mulai terasa mindblowing. Bagian ini akan membuat pembaca semakin penasaran dan ikut menebak-nebak siapa pelakunya.

Tapi karena masih ada buku ketiga, menebak-nebak juga sepertinya belum tepat karena masih banyak tokoh dan bukti yang harus dicari. Kisahnya pun bersambung sampai buku ketiga, jadi daripada berpikir terlalu keras untuk menebak, lebih baik kamu mengingat beberapa hal detail dalam buku ini supaya kamu tidak kehilangan fokus karena misteri dalam buku ini super complicated.

3. Misteri Terakhir: Buku Ketiga

Setelah dibuat penasaran dari buku pertama dan kedua, akhirnya misteri yang berkepanjangan ini terpecahkan dalam buku ketiganya.

Dengan gaya penulisan yang apik dari S. Mara Gd, membuat para pembaca menuduh banyak tokoh padahal pelaku sebenarnya adalah orang yang tidak disangka-sangka sejak awal karena bukti yang mengarah kepadanya tidak terlalu banyak.

Selain menelusuri berbagai kasus yang misterius, buku ini juga menyelipkan banyak hal yang bisa menjadi pembelajaran bagi para pembaca seperti pencarian jati diri seseorang dan pelajaran bagaimana caranya berkomitmen dengan pasangan.

Buku ketiga ini juga sekaligus menjadi buku penutup perjalanan detektif Gozali dan kepala polisi Kosasih, karena setelah menyelesaikan kasus ini, mereka memilih untuk menghabiskan hidup tenang bersama anak-anaknya.

Cara unik S. Mara Gd merangkai banyak kisah misterius menjadi 3 bagian ini sangat menarik dan membuat para pembaca penasaran ingin segera menyelesaikan bacaannya.

Bagi kamu yang juga penasaran dan ingin mencoba menebak-nebak siapa pelaku utama dari kisah misterius ini, kamu bisa beli ketiga bukunya melalui online di Gramedia.com.

Selamat membaca!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com