Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menangkap Peluang Jadi Petani Ikan Konsumsi yang Menguntungkan

Kompas.com - 18/04/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Budidaya Ikan di Lahan <500…
Pengarang: Eny Pujiastuti
|
Editor Almira Rahma Natasya

Peluang menjadi pengusaha ikan konsumsi tampak sangat menjanjikan, sebab kita memerlukan asupan sumber protein agar bisa menjalankan kegiatan sehari-hari, dan protein bisa ditemukan dalam ikan.

Selain memiliki rasa yang enak di lidah ketika disantap, ikan juga mempunyai kandungan nutrisi yang tidak kalah banyak dengan sayuran dan buah-buahan, sehingga mampu memberikan manfaat positif bagi tubuh yang akan membantu kamu tetap sehat dan bugar.

Apalagi ikan juga baik dikonsumsi bagi anak-anak untuk membantu pertumbuhan mereka, khususnya bagi perkembangan otak, karena ikan memiliki kandungan protein yang tersusun dari asam-asam amino yang diperlukan oleh tubuh.

Maka tidak mengherankan jika permintaan akan ikan konsumsi tidak pernah surut dan terus meningkat, sehingga dapat menjadi peluang bisnis untuk menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan.

Tidak hanya banyak permintaan, budidaya ikan konsumsi juga bisa dimulai dan dipelajari dengan mudah serta modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar, sehingga bisa menjadi peluang bisnis yang dapat dicoba oleh siapa saja.

Bisnis ikan konsumsi apa saja yang bisa kamu coba lakukan? Berikut beberapa peluang bisnis ikan konsumsi yang bisa kamu coba dengan prospek keuntungan yang menjanjikan.

Peluang Bisnis Ikan Konsumsi

1. Ikan Mujair

Ikan mujair mempunyai kandungan nutrisi yang terbilang lengkap, seperti mineral, protein, dan vitamin yang akan sangat cocok untuk membantu masa pertumbuhan anak-anak, sehingga tidak mengherankan jika permintaan akan ikan mujair terbilang cukup tinggi.

Setelah memilih dan menyiapkan bibit ikan mujair, langkah selanjutnya yang kamu butuhkan adalah membuat kolam terpal sebagai tempat menabur benih ikan mujair yang akan dirawat hingga waktu panen tiba dan siap untuk dipasarkan.

2. Ikan Gurame

Siapa yang tidak menyukai ikan gurame, sebab hampir bisa dipastikan jika setiap orang pasti menyukai ikan konsumsi yang satu ini.

Selain mempunyai rasa yang lezat dengan daging yang tebal, ikan gurame juga dapat dimasak dengan berbagai jenis bumbu.

Untuk memulai budidaya ikan gurame bisa disesuaikan dengan kondisi finansial yang dimiliki, entah itu dengan modal yang kecil maupun besar.

Namun, sebelum memulainya, usahakan untuk memilih lokasi kolam yang dapat terkena sinar matahari langsung.

Jangan lupa juga untuk mengeringkan kolam saat sebelum menabur benih dan setelah selesai panen agar ikan bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Ikan Bawal

Potensi budidaya ikan bawal bisa dibilang cukup terbuka lebar dengan kesempatan berkembang yang tinggi, karena kini banyak yang mulai menyukai ikan bawal sebab rasa dagingnya enak dan gurih seperti ikan mas, meskipun banyak durinya.

Memelihara ikan bawal bisa dibilang tergolong cukup mudah dan modal yang diperlukan untuk membangun usaha ini pun tidak terlalu besar.

Walaupun harga jual ikan bawal terbilang rendah, tapi bisa dibilang juga stabil, sehingga dapat memberikan kepastian akan pendapatan yang diperoleh.

4. Ikan Mas

Ikan mas sepertinya mampu menghipnotis selera makanan masyarakat Indonesia, karena hampir semua orang menyukai jenis ikan konsumsi yang satu ini.

Ikan mas memiliki rasa daging yang lezat dan ramah di kantong dengan segudang kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk diserap tubuh.

Selain mudah untuk didistribusikan, budidaya ikan mas juga tidak perlu mengeluarkan modal yang besar dengan masa panen yang singkat, yaitu hanya 4 hingga 5 bulan saja, sehingga perputaran modal akan dengan cepat bisa berjalan.

Keempat jenis ikan konsumsi ini bisa menjadi pilihan yang tepat dan menjanjikan sebagai sumber penghasilan yang jika dikelola dan dipelajari dengan baik, akan mendatangkan keuntungan yang luar biasa.

Untuk memperdalam ilmu mengenai budidaya ikan konsumsi, buku Budidaya Ikan di Lahan <500 m yang ditulis oleh Eny Pujiastuti akan menolong kamu memulai usaha budidaya ikan yang pastinya akan semakin mudah untuk dipelajari.

Melalui buku ini, kamu akan melihat jika untuk memulai usaha ikan konsumsi, tidak selalu diperlukan lahan yang luas, hanya dengan luas lahan kurang dari 500 m, kamu sudah bisa melakukannya.

Di sini kamu akan mendapatkan inovasi teknik dan teknologi yang bisa kamu praktikkan ketika akan memulai budidaya ikan konsumsi di lahan yang tidak terlalu luas.

Buku Budidaya Ikan di Lahan <500 m bisa langsung kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com