Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mudah Merebus Daging Sapi agar Cepat Empuk dan Tidak Boros Gas

Kompas.com - 04/04/2022, 11:23 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Menu Sehari-hari Set Menu Lauk…
Pengarang: Dewi Untari
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Untuk beberapa orang yang belum terbiasa mengolah daging mungkin akan merasa kesulitan, karena belum mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan.

Daging sapi sendiri pada dasarnya adalah salah satu bahan makanan yang memiliki tekstur alot dan berserat, sehingga membutuhkan beberapa teknik khusus untuk membuatnya menjadi lebih empuk.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan panci presto untuk memudahkan kamu dalam mengolahnya.

Tapi kalau kamu tidak memilikinya, kamu tetap bisa menggunakan panci yang biasa kamu gunakan untuk memasak.

Berikut ada lima cara mudah untuk merebus daging sapi agar lebih cepat empuk dan pastinya tidak boros gas.

5 Cara Mudah Merebus Daging Sapi agar Cepat Empuk

1. Pastikan untuk Mempersiapkan Alat dan Bahan dengan Benar

Sebelum kamu menambahkan bahan-bahan lain yang bisa membantu membuat daging menjadi lebih empuk, kamu harus memastikan untuk memotong dagingnya dengan benar.

Daging sapi harus dipotong dengan cara melawan arah serat, usahakan agar jangan terlalu tipis dan jangan terlalu tebal, hal ini supaya tekstur dagingnya tidak mudah rusak saat direbus dan bisa membantu mempercepat proses pengempukkan daging.

Selain itu, pastikan juga untuk menutup rapat pancinya saat merebus, dan jangan terlalu sering diaduk supaya hawa panasnya bisa maksimal.

Jangan lupa juga untuk menggunakan api yang kecil supaya membantu teksturnya lebih cepat empuk.

2. Bungkus Daging Menggunakan Daun Pepaya

Cara ini merupakan cara alami yang biasanya digunakan oleh para ibu untuk membuat daging sapi menjadi cepat empuk.

Daun pepaya memang dipercaya memiliki kandungan enzim alami yang berfungsi memecah protein dalam daging, sehingga membuat daging lebih cepat empuk.

Kamu hanya perlu membersihkan daun pepaya dengan air mengalir, keringkan, lalu jadikan sebagai pembungkus daging.

Usahakanlah agar setiap bagian dagingnya terbukus rapat selama kurang lebih 1 jam.

Setelah selesai, daging sapi ini siap untuk diolah.

3. Manfaatkan Buah Nanas

Sama seperti daun pepaya, buah nanas juga memiliki enzim bromelain yang bisa membantu melunakkan jaringan daging dan membuat daging jadi lebih cepat empuk.

Bedanya, buah nanas ini perlu dijus atau dipotong-potong kecil terlebih dahulu.

Usahakan untuk menggunakan buah nanas yang segar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara mudahnya, kamu bisa potong nanas menjadi beberapa bagian kemudian memasukkannya bersama dengan daging, atau kamu juga bisa membuat jus nanas dan menggunakannya sebagai bahan marinasi daging sebelum direbus.

Dengan buah nanas ini, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menghasilkan daging yang empuk dengan cita rasa yang lezat.

4. Marinasi Daging dengan Garam dan Bumbu Sederhana Lainnya

Jika kamu tidak terlalu suka dengan rasa dan aroma nanas pada masakan, kamu bisa mencoba memarinasi daging dengan garam dan beberapa bumbu marinasi lainnya selama kurang lebih 30 menit.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Proses marinasi sebelum merebus daging ini akan mempercepat proses peresapan bumbu, sehingga daging bisa menjadi lebih cepat empuk saat direbus.

5. Gunakan Teknik 5 – 30 – 7

Cara unik yang satu ini bisa kamu gunakan tanpa panci presto dan tanpa bumbu marinasi khusus.

Berikut ini adalah cara mudah untuk merebus daging dengan menggunakan teknik khusus 5 – 30 – 7:

Rebus daging selama 5 menit tanpa dicuci terlebih dahulu, kemudian tiriskan dan buang airnya.

Rebus lagi dengan air mendidih, tunggu 5 menit dan matikan apinya, jangan lupa untuk memastikan pancinya sudah tertutup rapat.

Diamkan daging di dalam panci tanpa dibuka selama kurang lebih 30 menit.

Nyalakan lagi apinya dan rebus kembali daging selama 7 menit, setelah itu matikan api, dan daging sudah siap diolah sesuai selera.

Nah, itulah beberapa cara merebus daging sapi agar lebih cepat empuk dan pastinya lebih hemat gas.

Kamu bisa menggunakan cara manapun sesuai selera, tapi kamu tetap perlu memperhatikan waktu saat ingin mencampur bahan-bahan tambahannya ya, jangan sampai terlalu lama karena akan membuat daging jadi lebih mudah hancur.

Jika kamu sudah mengetahui bagaimana cara-cara yang bisa membuat daging jadi lebih cepat empuk, sekarang kamu bisa menentukan menu olahan dagingnya.

Kalau kamu masih bingung, kamu bisa coba untuk mencari berbagai resep olahan daging melalui buku Menu Sehari-hari Set Menu Lauk Daging yang ditulis oleh Dewi Untari.

Buku ini berisi 40 set menu olahan daging tradisional yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, dan Manado.

Berbagai resep ini juga sudah dikelompokkan untuk porsi besar, jadi sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai menu santapan keluarga saat hari-hari besar.

Memasak sebenarnya termasuk salah satu kegiatan yang menyenangkan, sekaligus mendebarkan terutama bagi para pemula karena belum terbiasa menggunakan alat-alat dan mengkombinasikan berbagai macam bahan.

Untuk itu, kamu juga bisa membaca buku Seri Aku Belajar: Memasak Sendiri yang ditulis oleh Youn Eun Joo.

Buku ini akan mengajarkan kamu bagaimana caranya mengenal bahan-bahan masakan dan alat-alat yang ada di dapur, bagaimana teknik memasak yang baik dan benar, bagaimana cara menyantap makanan agar lebih nikmat, dan masih banyak lagi.

Setelah membaca buku ini, kamu akan lebih memahami seperti apa dunia memasak dan sedikit demi sedikit, akan lebih jago dalam memasak.

Bagi kamu yang tertarik untuk membaca kedua buku ini, kamu bisa mendapatkannya melalui Gramedia.com, atau kamu juga bisa membaca versi e-booknya melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com